5 Alasan gadget bisa merusak mata kamu, ini cara mencegahnya ! | 5berita.com
demam-gadget

5 Alasan gadget bisa merusak mata kamu, ini cara mencegahnya !

Tiada hari tanpa gadget. Bahkan kamu nggak bisa jauh dari yang namanya gadget, baik handphone, tablet, komputer atau laptop, maupun TV. Soalnya alat ini yang bantuin kamu beraktivitas sehari- hari.

Sayangnya, ancaman mata bermasalah sering mengintai kamu yang lengket banget sama gadget. Adalah Digital Eye Strain (DES) atau Ketegangan Mata Digital yang menjelaskan kondisi mata bermasalah akibat perangkat digital. Gejalanya antara lain mata kering, iritasi, penglihatan kabur, mata lelah, sampai terjadinya sakit leher dan punggung, juga sakit kepala. Apakah kamu mengalaminya?

 

Nah, kira-kira kenapa ya, perangkat digital atau gadget bisa bikin kamu terkena DES? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut penjelasan beserta cara mencegahnya:

1. Sinar radiasi.

tips_melindungi_mata_dari_sinar_radiasi

tips_melindungi_mata_dari_sinar_radiasi

Sebuah artikel menyebutkan bahwa layar komputer atau laptop sebenarnya nggak menimbulkan radiasi berbahaya bagi mata. Yang keliru adalah cara penggunaannya dalam mengatur cahaya layar tersebut. Nah, lantas gimana dengan layar handphone dan atau TV?

Sebuah penelitian di Israel melakukan uji coba efek panas dan radiasi sebuah handphone kepada mata sapi (mata sapi dianggap mirip dengan mata manusia). Mereka mendapati bahwa ketika uji coba itu dilakukan secara berkelanjutan atau cukup lama waktunya, muncullah semacam gelembung kecil di lensa mata. Diduga ini seperti awal gejala katarak, sebagaimana dikutip brilio.net dari CRACKED, Jumat (8/4).

Nah, pada waktu berikutnya ditemukan hasil senada oleh peneliti India, radiasi handphone bukan hanya bikin panas bola mata, tapi juga kemampuan mata secara menyeluruh. Mata nggak bisa ‘menyalurkan’ panas radiasi itu ke seluruh tubuh, sehingga berkutat di mata saja. Bisa kamu bayangkan dong, betapa beratnya kerja mata kamu kalau begini?

Jadi, mulai sekarang kurangi penggunaan gadget berlebihan. Kamu bisa mengatur jadwal kapan pemakaian gadget aktif dan nggak. Yang jelas, saat menjelang tidur, mending matikan saja gadgetmu.

2. Bikin mata kering dan tegang.

mata-tegang

mata-tegang

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, gadget bikin kamu terkena DES. Mata kering dan tegang merupakan dua di antara gejala DES lainnya. Cara sederhana mengatasi gejala DES ini adalah mengurangi penggunaan gadget. Atau terapkan aturan 20-20-20. Maksudnya adalah luangkan waktu setiap 20 menit sekali untuk melihat ke kejauhan atau area selain layar gadget sepanjang 20 meter ke depan (atau sejauh mata memandang dan nggak memforsir mata untuk fokus) selama 20 detik. Cara ini dapat membantumu melemaskan otot-otot fokus dalam dan luar mata.

3.Terus menerus mantengin layar gadget

 

bahaya-mantengin-gadget

bahaya-mantengin-gadget

Saking lengket kayak perangko sama gadget, kamu jadi nggak bisa memalingkan mata dari gadget. Benar? Nah, hal ini juga keliru. Matamu akan berpotensi mengalami DES. Berkediplah beberapa kali saat menggunakan gadget. Jangan melotot terus. Kemudian terapkan aturan 20-20-20 tadi, ya.

4. Sering main gadget di tempat gelap

main-gadget-di-tempat-gelap

main-gadget-di-tempat-gelap

Nah, ini… pencahayaan yang nggak oke selama menggunakan gadget juga bikin mata kamu capai. Kenapa? Pada akhirnya kamu memaksimalkan tingkat kecerahan layar gadgetmu dan mendekatkan gadget ke matamu. Duh, numpuk-numpuk deh, kekeliruanmu menggunakan gadget. Kasihan matamu lho, jadi capai dan akhirnya terkena DES.

5.Tak menggunakan pelindung layar antiradiasi

pelindung-layar-anti-radiasi

pelindung-layar-anti-radiasi

Saat gadget nggak menggunakan pelindung layar antiradiasi, maka paparan radiasi layar akan langsung mengenai matamu. Hal ini memperbesar potensi mata cepat tegang dan lelah, belum lagi risiko lainnya ketika penggunaan gadget terus menerus atau berlebihan.

Nah, salah satu upaya untuk mengatasinya adalah pemasangan pelindung layar antiradiasi di setiap perangkat gadgetmu. Selain itu, terapkan pula tips-tips lain di atas seperti aturan 20-20-20, mulai kurangi penggunaan gadget berlebihan, plus jangan lupa makan makanan bergizi yang membantu menjaga kesehatan mata.

Kamu juga bisa lho, menggunakan Insto Moist yang mengandung bahan aktif guna mengatasi kekeringan pada mata dan berfungsi sebagai pelumas pada mata. Selain itu, bahan aktifnya dapat membunuh bakteri. Jadi, kamu nggak perlu khawatir kalau mata lelah dan kering akibat sering terpapar layar gadget.

 

Baca Juga : 

5 KECELAKAAN KERETA API PALING MENGERIKAN

5 PESULAP YANG TERBUNUH OLEH TRIKNYA SENDIRI

5 KOTA TERBERSIH DI DUNIA

куплю игровой ноутбукдешево укладка паркеталобановский классСерьезный и ответственный подход для продвижения сайта компании. Узнайте про лучшие традиции и методики интернет-рекламы корпоративного сайта.