5 Ayam Dengan Bentuk Unik | 5berita.com
5-ayam-dengan-bentuk-unik_ayam-kapas

5 Ayam Dengan Bentuk Unik

Ayam adalah unggas yang seringkali dipelihara untuk dijadikan makanan utama sebagai sumber protein bagi manusia, entah daging ataupun telurnya. Namun ada juga sebagian ayam yang menjadi satwa eksotis yang layak dihargai hingga jutaan rupiah per-ekornya karena keunikan yang dimilikinya, nah berikut adalah 5 Ayam Dengan Bentuk Unik :

1. Ayam Telanjang
5-ayam-dengan-bentuk-unik_ayam-telanjang
Ayam tanpa bulu merupakan spesies hasil persilangan yang dikreasikan oleh Avigdor Cahaner, ilmuwan asal Israel. Ayam telanjang merupakan perpaduan antara ayam broiler dan ras featherless neck (leher tanpa bulu).

Ide di balik pengembangan ayam telanjang adalah ‘menciptakan’ ayam yang lebih efisien untuk dibudidayakan di negara-negara beriklim hangat atau panas. Selain itu ayam ini bisa meningkatkan efisiensi di tempat-tempat penyembelihan karena tidak memerlukan waktu untuk pencabutan bulu.

Sayangnya ayam telanjang jantan juga kesulitan untuk kawin karena mereka tidak bisa mengepakkan sayapnya untuk menjaga keseimbangan. Sementara ayam telanjang betina lebih rentan terhadap parasit, penyakit kulit, serangan nyamuk, perubahan suhu, dan sengatan matahari karena tidak memiliki bulu yang juga berfungsi sebagai pelindung tubuh.

Namun hingga kini pengembangan terus dilakukan, karena para peneliti beranggapan bahwa ayam ini akan lebih cepat besar, karena ayam ini tidak perlu memfokuskan diri untuk menumbuhkan bulu, sehingga makanan yang diserap akan terfokuskan untuk dijadikan daging.

2. Ayam Silkie / Ayam Kapas
5-ayam-dengan-bentuk-unik_ayam-kapas
Ayam silkie atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama Ayam kapas adalah salah satu ayam yang unik serta menggemaskan. Bentuk bulu yang putih serta lembut saat di pegang menambah keunikan ayam kapas ini yang sering dijadikan sebagai jenis ayam hias. Selain warna putih ayam kapas juga bisa di silangkan dengan warna lain sehingga muncul ayam kapas dengan warna baru.

Ayam kapas ini mempunyai karakter yang unik. Ayam kapas yang termasuk jenis ayam hias ini konon berasal dari daratan Cina yang disebarluaskan oleh Marcopolo ke berbagai negara di Eropa. Ayam Kapas memliki folikel bulu tidak melekat satu dengan lainnya sehingga ayam ini nampak seperti kapas atau sutra.

Selain itu banyak orang meyakini ayam kapas dengan daging yang berwarna hitam dipercaya bisa menghindarkan penyakit sakit persendian seperti reumatik dan lain-lain. Biasanya daging ayam kapas di jadikan sup ginseng ayam yang berhasiat dan juga mahal.

3. Ayam Onagadori
5-ayam-dengan-bentuk-unik_ayam-onagadori
Ayam Onagadori adalah ayam hias yang memiliki ekor panjang dan sangat unik. Kini ayam tersebut sedang banyak diburu oleh pecinta ayam hias di Indonesia. Ayam Onagadori dapat memiliki ekor yang sangat panjang, untuk di wilayah Indonesia bisa mencapai 10 meter. Ayam ini berasal dari Jepang sehingga diberi nama Onagadori. Sesuai dengan namanya, Onagadori yang berarti “O” ekor, “naga” yang berarti panjang, dan “dori” yang berarti unggas. Jadi secara bahasa Jepang Onagadori berarti Unggas dengan ekor panjang.

4. Ayam Cemani
5-ayam-dengan-bentuk-unik_ayam-cemani
Ayam Cemani atau kadang orang sunda menyebutnya dengan nama Hayam Hideung merupakan ayam lokal asli Indonesia, yang asal-muasal sejarahnya berasal dari Pulau Jawa.Kata cemani
berasal dari bahasa jawa kuno yang artinya Hitam Legam,warna hitam ini menyelimuti seluruh tubuh ayam lokal ini mulai dari jengger, pial, paruh, bola mata rongga mulut, lidah, pelatuk, bulu, sayap, ceker, bahkan darah dan dagingnyapun hitam.

Ayam cemani juga kerap digunakan dalam kelengkapan upacara ritual masyarakat seperti tolak bala maupun buang sial. Warna hitam bagi banyak orang berkesan magis dan memiliki kekuatan supra natural. Centeng Belanda atau Si Jampang, kurang berwibawa bila tak berpakaian hitam-hitam. Begitu pula makhluk yang memiliki warna hitam itu pun dianggap memiliki tuah atau kutukan

5. Ayam Dong Tao
5-ayam-dengan-bentuk-unik_ayam-dong-tao
Unggas-unggas bertampang sangar ini merupakan ayam ras Dong Tao. Asalnya dari Distrik Khoai Chau, dekat kota Hanoi, Vietnam. Ayam jenis ini tergolong langka. Dulunya cuma dikembangbiakkan khusus untuk kebutuhan konsumsi keluarga kerajaan. Tapi sekarang disajikan di restoran-restoran mewah yang pelanggannya kaum berduit. Dan seekor ayam Dong Tao hidup bisa dihargai sampai 16 juta Rupiah.

Ayam ini memang memiliki badan yang besar dan sehat, dengan cakar serupa kaki naga dengan warna kemerahan. Dilaporkan Amusing Planet, seekor ayam Dong Tao jantan saja bisa mencapai berat sampai 6 kilogram.

Tapi yang bikin ayam ini berharga sangat mahal justru pengembangbiakannya yang tergolong sulit. Ayam Dong Tao sangat sensitif terhadap perubahan cuaca. Jumlah telur yang dihasilkan betinanya pun jauh lebih sedikit daripada ayam biasa. Sementara kaki ayam Dong Tao yang sangat besar menjadikan proses pengeraman sulit. Agar tak banyak anak ayam yang mati terinjak, pengeramannya harus dibantu oleh manusia.road freight forwardingВладимир Мунтян апостолВлад Малийvsemsmart.ru


TAG