5 BANGUNAN YANG TIDAK HANCUR SAAT DITERJANG BENCANA | 5berita.com
The Brandenburg Gate, Jerman

5 BANGUNAN YANG TIDAK HANCUR SAAT DITERJANG BENCANA

Ribuan nyawa dan air mata menjadi saksi bahwa peradaban manusia terus bergerak dari kehancuran demi kehancuran.
Baik konflik antar manusia hingga fenomena alam yang menyebabkan kerusakan tak terhindarkan.
Bencana dan peperangan mewarnai sejarah kehidupan manusia.

Namun, diantara kehancuran tersebut ada beberapa bangunan yang tetap berdiri megah. Ada yang meyakini bangunan tersebut berdiri karena konstruksi bangunan yang mantap. Ada juga yang menyakini itu semua karena keajaiban.

Berikut 5 Bangunan yang tidak hancur saat di terjang bencana :

1. Bomb Dome, Jepang

Bomb Dome, Jepang

Bomb Dome, Jepang

Bomb Dome yang terdapat di Hiroshima adalah sebuah bangunan yang menjadi simbol perdamaian. Bangunan ini dibangun pada tahun 1915 dan digunakan sebagai Prefectial Industrial Promotion Hall atau gedung promosi barang-barang industri Jepang.

Ketika Jepang digempur sekutu dengan bom, bangunan ini ikut terkena serangan. Namun, rangka-rangkanya masih berdiri dengan kokoh. Pemerintah Jepang memutuskan untuk membangun kembali agar bangunan ini dikenang sebagai simbol perdamaian.Secara logika, ketika bangunan lain hancur lebur, memang sulit percaya bahwa bangunan ini berhasil bertahan.

Namun, sejarah telah membuktikan bahwa bangunan-bangunan ini berdiri dengan begitu kokoh. Meski beberapa diantaranya mengalami kerusakan ringan.Bagaimana menurut Anda? Apakah ini merupakan kekuatan arsitektur bangunan atau memang keajaibanlah yang menyelamatkan bangunan tersebut?

2. Masjid Baiturrahman, Aceh

Masjid Baiturrahman, Aceh

Masjid Baiturrahman, Aceh

Desember 2004 adalah tahun kelam bagi Indonesia. Kala itu Pulau Sumatera dihantam gempa 9,1 skala richter dan tsunami yang sangat dahsyat. Lebih dari 230.000 orang meninggal dunia dan jutaan lainnya kehilangan tempat tinggal.

Namun, dalam sebuah potret dari udara, di tengah kota Lhoknga, tampak sebuah bangunan yang megah berdiri. Bangunan itu adalah Masjid Baiturrahman yang menjadi kebanggaan bumi Nanggroe Aceh. Banyak media asing, termasuk Discovery Channel yang meliput tentang kejadian ajaib ini.

3. Menara Pisa, Italia

Menara Pisa, Italia

Menara Pisa, Italia

Menara Pisa adalah bangunan kebanggaan Italia. Bangunan ini diselesaikan pada tahun 1372 dan menjadi salah satu bangunan paling terkenal di dunia. Pada masa Perang Dunia II, Italia berada di bawah jajahan Jerman. Menara Pisapun dijadikan benteng pertahanan.

Pada musim panas 1944 pasukan Amerika datang untuk menggempur Jerman. Mereka sudah menetapkan sasaran dan akan menghancurkan Menara Pisa lewat bom yang ada di pesawat.

Namun Sersan Leon Weckstein yang berada beberapa ratus meter dari menara Pisa malah terkagum-kagum dengan Menara Pisa dan memutuskan tidak jadi melakukan serangan. Menurutnya, menara tersebut terlalu indah untuk dihancurkan.

4. Sanno Shrine, Jepang

Sanno Shrine, Jepang

Sanno Shrine, Jepang

Bangunan ini awalnya adalah pintu masuk menuju sebuah kuil. Sanno Shrine terletak sekitar 800 meter dari lokasi jatuhnya bom Nagasaki. Pada 9 Agusutus 1945, bom Nagasaki berhasil meluluhlantakkan Jepang.

Namun bangunan ini tetap berdiri kokoh meski bangunan lainnya rubuh berantakan. Selain Sanno Shrine, pohon yang ada di sebelahnya pun masih baik-baik saja.

Padahal, bom Nagasaki adalah salah satu bom nuklir paling berbahaya dalam sejarah manusia.

5. The Brandenburg Gate, Jerman

The Brandenburg Gate, Jerman

The Brandenburg Gate, Jerman

Gerbang Brandenburg adalah bangunan yang langsung diingat semua orang ketika berkunjung ke Berlin.

Gerbang ini menjadi simbol berpisahnya Berlin dan Jerman pada saat perang dingin. Selain gerbang ini, Jerman juga dibagi dua oleh tembok Berlin kala itu.

Pada tahun 1945 ibukota Jerman dihujani oleh bom dan peluru. Gencatan senjata tersebut mengenai benteng bersejarah ini, hingga salah satu kepala patung kudanya rusak. Namun, benteng ini tetap berdiri meski mengalami beberapa kerusakan kecil. Benteng tetap dijadikan landmark dari Jerman hingga sekarang.