5 Cara Agar Rambut Tidak Rontok | 5berita.com
5-cara-agar-rambut-tidak-rontok_selalu-rapikan-rambut

5 Cara Agar Rambut Tidak Rontok

Kerontokan rambut bisa terjadi kepada siapa saja, namun biasanya yang lebih khawatir akan masalah rambut rontok adalah wanita karena bagi wanita rambut adalah mahkota dan juga karena wanita identik dengan rambut yang lebih panjang, jadi jika rontok pasti akan menurunkan kepercayaan diri wanita tersebut.

Apa yang Menyebabkan Rambut Rontok?
Rambut rontok dapat disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah karena bawaan genetik. Ada orang yang memang bawaan rambutnya mudah rontok. Selain itu, dapat pula disebabkan oleh hormon, stres, ataupun penyakit yang sedang diderita. Sementara itu, faktor eksternal lebih disebabkan karena gaya rambut, bahan kimia, ataupun zat radikal bebas.

Bagaimana Cara agar Rambut Tidak Rontok?
Banyak cara dapat kita lakukan agar rambut tidak rontok, mulai dari cara yang alami hingga cara yang membutuhkan biaya yang sangat banyak. Namun, sebagian besar dari kita pasti menginginkan cara murah dan alami, kan? Untuk itu, kita tidak dapat membiarkan rambut rontok parau terlebih dahulu, lalu baru kita memiliki kesadaran untuk melakukan penanganan tertentu. Pada akhirnya, cara agar rambut tidak rontok adalah dengan mencegah agar rambut tidak rontok.

5 Cara Agar Rambut Tidak Rontok
Berikut ini beberapa tips atau cara agar rambut tidak rontok yang dikutip dari  abiummi.com:

1. Pastikan Rambut Selalu Rapi
5-cara-agar-rambut-tidak-rontok_selalu-rapikan-rambut
Rambut yang kusut lebih rentan dan mudah rontok dibandingkan rambut yang rapi. Jadi, walaupun para muslimah selalu memakai kerudung, mereka tetap harus memastikan rambutnya tersisir rapi. Jangan sampai ada bagian rambut yang kusut. Jika rambut kita dibiarkan kusut terlalu lama, kita akan mendapati lebih banyak rambut yang rontok ketika sedang menyisir.

2. Menyisir Rambut sebelum Keramas
5-cara-agar-rambut-tidak-rontok_menyisir-sebelum-keramas
Menyisir rambut sebelum keramas dapat mencegah agar rambut tidak rontok. (sumber: cdn-media.viva.id)
Sebagian muslimah mungkin belum mengetahui bahwa menyisir rambut sangatlah dianjurkan sebelum keramas. Mungkin selama ini kita beranggapan bahwa jika ingin menyisir, hal itu harus dilakukan setelah keramas atau setelah rambutnya bersih. Mengapa dianjurkan menyisir sebelum keramas? Ketika rambut kusut, selama proses keramas akan lebih banyak rambut yang akan rontok saat kita mengusapkan sampo atau menggosok-gosokkannya ke rambut.

3. Keramas dengan Air Dingin
5-cara-agar-rambut-tidak-rontok_keramas-menggunakan-air-dingin
Keramas dengan air dingin membuat kita akan lebih kuat karena rambut biasanya lebih rapuh dan mudah patah jika terkena air hangat. Usahakan untuk selalu keramas dan membilas rambut dengan air dingin. Setelah itu, biarkan rambut kita kering secara alami.

4. Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Mengandung Susu
5-cara-agar-rambut-tidak-rontok_mengkonsumsi-produk-susu
Susu dan sebagian produk yang mengandung susu merupakan sumber makanan yang kaya akan kalsium, protein, dan vitamin D. Vitamin D berguna untuk membantu tubuh menyerap kalsium. Sementara itu, protein sangat dibutuhkan oleh tubuh dan rambut karena rambut terdiri atas sebagian besar protein. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk makan makanan yang banyak mengandung kalsium dan protein yang dapat kita temui pada yoghurt, keju, tahu, telur, dan susu kedelai.

5. Mengonsumsi Makanan yang Kaya Antioksidan
5-cara-agar-rambut-tidak-rontok_makanan-kaya-antioksidan
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab rambut rontok karena sering terpapar radikal bebas. Untuk mengatasi hal ini, kita perlu memberi tubuh kita asupan makanan yang kaya antioksidan, seperti bawang putih, teh hijau, ataupun buah-buahan. Selain dikonsumsi, bahan-bahan tersebut pun dapat kita oleskan di rambut sebagai masker.

Demikianlah beberapa cara agar rambut tidak rontok. Semoga dengan sehatnya rambut kita dapat membuat suasana Ramadan menjadi semakin ceria. Selamat mencoba.возрождение дцскульптурыmfx capitalмихаил безлепкин