5 CARA HENTIKAN CEGUKAN YANG BISA KITA COBA DI RUMAH | 5berita.com
cegukan

5 CARA HENTIKAN CEGUKAN YANG BISA KITA COBA DI RUMAH

Menurut dr. Aziz Ramadhan, dalam dunia medis cegukan diartikan sebagai kontraksi diafragma otot di dasar paru-paru yang membatasi rongga dada dan perut, yang mengalami kejang. Kekejangan tersebut membuat pita suara menutup dan membuka secara cepat sehingga terdengar suara.

Cegukan itu memang sangat mengganggu. Walaupun bukan penyakit serius tapi kalau cegukanterus menerus ya bikin jengkel juga kan.

Berikut 5 Cara hentikan cegukan yang bisa kita coba dirumah :

1. Dikagetkan

Dikagetkan

Dokter lulusan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini mengatakan saat orang kaget, ada jeda waktu saat tubuh kita berhenti bekerja dalam satu detik. “Saat itulah tubuh merestart semua organ-organnya. Termasuk mengatur pernapasan,” terang Aziz. Tapi syaratnya harus benar-benar kaget lho, kalau dibuat-buat sih nggak ngaruh!

2. Memakan satu sendok selai kacang

satu sendok selai kacang

Menghilangkan cegukan juga bisa menggunakan selai kacang. Caranya adalah dengan menggunakan satu sendok selai kacang kemudian dimakan. Selai kacang bermanfaat untuk mengubah irama dalam pernafasan karena kandungan kacang yang ada dalam selai kacang tersebut.

3. Tidur dengan menekuk lutut

menekuk lutut

Cara ini bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan. Hal itu dikarenakan cara tersebut bisa meningkatkan kadar karbondioksida di dalam tubuh. “Caranya adalah tidur berbaring, kemudian dua buah lutut ditekuk ke perut. Ini bisa dilakukan secara berulang-ulang,”

4. Mengunyah jeruk nipis

Mengunyah jeruk nipis

Jeruk nipis bisa digunakan untuk menghilangkan cegukan. Caranya adalah dengan mengiris jeruk nipis dan kemudian mengunyahnya. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis bisa menghilangkan gangguan pada impuls di syaraf vagus sehingga bisa menghilangkan cegukan.

5. Mengulum gula batu atau gula pasir

Mengulum gula batu atau gula pasir

Mengulum gula batu atau bisa digantikan dengan sesendok gula pasir bisa menghilangkan cegukan. Kandungan gula yang ada dalam gula batu dan juga gula pasir bisa merangsang otot diafragma. Otot diafragma yang terangsang bisa menyebabkan diafragma bisa berkontraksi dengan teratur.

 наращивание кости для имплантовкласс супермаркетвеерная кистькварцвиниловая плитка укладка на фанеру