5 Cara Mengelola Gaji Anda Dengan Baik | 5berita.com
5-cara-mengelola-gaji-anda-dengan-baik_batasi-trip-ke-atm

5 Cara Mengelola Gaji Anda Dengan Baik

Pernah merasa heran gaji sudah setiap bulan, karir lancar, penghasilan naik terus tapi masih suka mengalami gajian habis sebelum satu bulan ? Biasanya hal ini terjadi karena anda tidak memikirkan pengeluaran anda atau dengan kata lain anda belum dapat mengelola gaji anda dengan baik. Berikut adalah 5 Cara Mengelola Gaji Anda Dengan Baik :

1. Bagi dan atur gaji
5-cara-mengelola-gaji-anda-dengan-baik_bagi-dan-atur-gaji
Satu minggu sebelum tanggal gajian, luangkan waktu untuk mengisi tabel rencana pengeluaran yang Anda inginkan di bulan mendatang. Anda bisa gunakan aplikasi keuangan di smartphone atau pun mencatat di MS Excel atau catatan tertulis. Secara sederhana, bagi gaji Anda untuk 3 hal yaitu hidup rutin (Living) 50%, tabungan dan investasi (Saving) 30%, serta bersenang-senang (Playing) 20%. Masih punya cicilan utang? Ambil jatah bersenang-senang dan sedikit dari jatah investasi. Anda ingin beramal ? ambil dari jatah hidup rutin, hal ini juga dapat membantu anda untuk berbagi perasaan dengan yang lain.

2. Gunakan Beberapa rekening terpisah
5-cara-mengelola-gaji-anda-dengan-baik_gunakan-beberapa-rekening
Rajin membagi pengeluaran tetapi masih dari satu sumber rekening tabungan hanya akan menunda masalah saja. Anda wajib punya 3 rekening tabungan juga untuk membantu pemisahan tersebut. Atau paling tidak 2 rekening untuk memberdakan tabungan dan kehidupan sehari – hari.

3. Buat prioritas
5-cara-mengelola-gaji-anda-dengan-baik_tentukan-prioritas
Banyak keinginan, sedikit sumber dana? Wajar, namanya juga manusia yang punya banyak kemauan. Tetapi, Anda wajib membuat urutan prioritas mana yang harus didahulukan. Saya sarankan dahulukan membayar cicilan, membayar komitmen biaya hidup, dan investasi.

4. Batasi trip ke ATM
5-cara-mengelola-gaji-anda-dengan-baik_batasi-trip-ke-atm
Sumber malapetaka pemborosan umumnya dimulai ketika anda memiliki dana tunai terlalu banyak di dompet Anda. Coba hitung berapa kebutuhan dana tunai Anda setiap minggunya, dan hanya ke ATM setiap hari Senin atau hari – hari tertentu.

5. Punya tujuan jangka pendek
5-cara-mengelola-gaji-anda-dengan-baik_punya-tujuan-jangka-pendek
Rasa bosan untuk berinvestasi disebabkan tidak adanya hasil yang dinikmati dalam waktu dekat. Itu sebabnya, miliki lah satu tujuan finansial yang sifatnya jangka pendek, missal setiap 3 bulan sekali, sehingga membuat Anda semakin semangat untuk menabung, meski demikian jangan lupakan investasi jangka panjang.