5 Cara Sederhana Untuk Merawat Bumi | 5berita.com
5-cara-sederhana-untuk-merawat-bumi_menanam-pohon

5 Cara Sederhana Untuk Merawat Bumi

Kita tentunya sudah semakin menyadari bahwa keadaan bumi semakin lama semakin memburuk, polusi dimana – mana, banyak hewan yang punah, sulitnya mendapatkan air bersih, dan masih banyak lagi dampak yang terjadi akibat rusaknya bumi.

Entah kalian sadari atau tidak, yang merusak bumi adalah kita, manusia. Ego kita sebagai manusia yang hanya mementingkan diri sendiri tanpa perduli terhadap hal yang lainnya telah merusak bumi, tempat tinggal kita yang seharusnya kita jaga dan rawat baik – baik. Merusak bumi sama saja dengan merusak kehidupan kita terlebih anak cucu kita nantinya. Jika kalian benar – benar masih perduli dengan bumi ini, maka tidak ada salahnya jika kalian melakukan beberapa hal sederhana sebagai bukti kepedulian kita pada bumi ini.

Berikut adalah 5 Cara Sederhana Untuk Merawat Bumi :

1. Menghemat penggunaan listrik
5-cara-sederhana-untuk-merawat-bumi_hemat-listrik
Mungkin kalian sudah sering mendengar pernyataan ini dan memang benar adanya lho! Tanpa kita sadari, penggunaan listrik yang berlebihan sama saja membuang bahan bakar fosil yang dibutuhkan dan ternyata perabot elektronik yang sering kita gunakan tersebut merupakan penyumbang gas pencemar udara hingga 40% lho, maka dari itu ketika Hari Bumi kita dianjurkan untuk mematikan seluruh listrik selama 1 jam, karena listrik memang merusak bumi.

Untuk itu, akan jauh lebih baik jika kita bisa menghemat penggunaan listrik, terutama di siang hari. Biasakan untuk mematikan lampu di siang hari. Selain menghemat biaya listrik, hal sederhana tersebut juga berpengaruh baik terhadap bumi kita.

2. Menanam pohon
5-cara-sederhana-untuk-merawat-bumi_menanam-pohon
Pasti kamu juga sering melihat atau mendengar tentang aksi tanam pohon dong? Yap, cara tersebut memang umum dilakukan untuk melakukan penghijauan lingkungan. Mengingat wilayah di sekitar Ibukota, khususnya Jakarta yang justru sudah disesaki dengan gedung-gedung bertingkat dan sudah sangat minim dengan area hijau atau pepohonan. Padahal pohon merupakan salah satu cara alami untuk memberi kesejukan dan mengatasi global warming, karena pohon dapat mengurangi polusi udara dan polusi suara, serta dapat menambah kadar oksigen disekitar kita.

Untuk itu, gak ada salahnya lho jika kita ikut aksi menanam pohon ini. Atau setidaknya kita bisa menanam bunga atau tanaman kecil di pekarangan rumah kita.

3. Mulai kurangi penggunaan plastik
5-cara-sederhana-untuk-merawat-bumi_kurangi-penggunaan-plastik
Sobat tentu sudah tidak asing lagi dengan bahaya penggunaan plastik. Plastik memang bisa dikatakan sebagai teman kita sehari-hari. Beli makanan atau sehabis berbelanja sesuatu pasti menggunakan plastik sebagai pembungkus. Tapi, kemanakah plastik-plastik tersebut jika kita buang begitu saja? Plastik tidak bisa lenyap ditelan bumi begitu saja lho!

Butuh waktu yang amat sangat lama untuk bisa mengurai si plastik ini, sekitar 100 tahun. Bahkan jika dijadikan daur ulang pun, kandungan racun petro-polymers-nya dalam plastik bisa masuk ke dalam tanah dan air. Selain itu yang lebih parah adalah sterofoam, benda yang satu ini tidak akan bisa diurai oleh bumi, sekali lagi TIDAK BISA.

Untuk itu bawalah tas belanja milik anda sendiri yang bisa dipakai berulang – kali setiap anda pergi berbelanja dan kurangilah penggunaan sterofoam.

4. Kurangi penggunaan kertas
5-cara-sederhana-untuk-merawat-bumi_kurangi-penggunaan-kertas-dan-tissue
Darimana kertas-kertas yang biasa kita gunakan untuk menulis dan membaca tersebut berasal? Jawabannya gak lain, gak bukan adalah dari pepohonan. Semakin banyak penggunaan kertas, maka semakin banyak juga pohon-pohon di hutan yang harus ditebang.

Mungkin sekarang banyak diantara kalian yang berfikir sekarang sudah zaman modern, dimana penggunaan kertas semakin berkurang akibat perkembangan teknologi. Ternyata selain kertas, tissue yang sehari – hari kalian gunakan juga terbuat dari pohon, luarbiasanya dari 1 pohon yang berumur 6 tahun, hanya dapat menghasilkan 2 pack tissue. Sementara jika pohon tersebut tidak ditebang, ia dapat menghasilkan oksigen untuk 3 orang.

oleh sebab itu kurangilah penggunaan tissue dan beralih ke sarung tangan dan kurangilah penggunaan kertas atau gunakan kertas daur ulang.

5. Meminimalisir penggunaan kendaraan
5-cara-sederhana-untuk-merawat-bumi_kurangi-penggunaan-kendaraan-pribadi
Udah bukan rahasia umum lagi kalau salah satu penyumbang global warming terbesar berasal dari asap kendaraan yang setiap tahun semakin bertambah. Pasti kamu sendiri juga merasakannya kan? Harus berhadapan dengan asap kendaraan bermotor setiap harinya yang mengakibatkan polusi udara dan ujung-ujungnya juga berdampak buruk untuk kesehatan kita.

Kita bisa membantu mengurangi polusi udara tersebut dengan lebih memilih angkutan umum, daripada membawa kendaraan pribadi. Atau akan lebih baik lagi jika kita memilih bersepeda. Selain baik untuk kesehatan, bersepeda sama sekali tidak menghasilkan gas CO2. Bayangkan sejuk dan segarnya udara jika setiap hari semua masyarakat Indonesia beraktivitas menggunakan sepeda. Dijamin kamu gak perlu lagi repot menutup hidung dengan masker.

Bisa Sobat bayangkan kalau bumi kita sudah tidak layak dihuni karena pencemaran lingkungan yang disebabkan ulah kita sendiri, kemana lagi kita harus tinggal? Untuk itu sebelum terlambat, buat kamu yang ngaku peduli lingkungan yuk mulai jaga dan sayangi bumi kita dengan cara sederhana di atas.

Sebarkan juga hal ini ke teman – temanmu agar mereka turut berkontribusi dalam menjaga dan merawat bumi.набор для фокусов детскийКак взломать одноклассникисистема электронного документооборота docsvisionцерковь мунтяна