5 Cara Untuk Menjadi Seorang Gamer Pro | 5berita.com
5-cara-untuk-menjadi-seorang-gamer-pro_temukan-mentor

5 Cara Untuk Menjadi Seorang Gamer Pro

Menjadi seorang noob gamer merupakan hal yang agak menyakitkan, dan akan lebih menyakitkan lagi apabila sebenarnya anda bukanlah gamer baru di game tersebut namun anda sering mendapat cemoohan dari pemain – pemain lainnya di game yang paling anda sukai.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan anda, lupakan tentang peralatan game yang canggih dan fokus pada dasar-dasar bermain game. Perjalanan dari Noob ke Pro tidaklah mudah dan tidak akan cepat. Bila Anda ingin menjadi lebih baik maka Anda perlu bersabar dan usaha yang lebih gigih. Berikut adalah 5 Cara Untuk Menjadi Seorang Gamer Pro :

1. Perbaiki kebiasaan buruk
5-cara-untuk-menjadi-seorang-gamer-pro_perbaiki-kebiasaan-buruk-anda
Untuk meningkatkannya yang pertama dan paling penting adalah sikap yang benar. Kedengarannya memang klise, tetapi klise ini memiliki alasan tertentu. Anda mungkin dapat meningkatkan kemampuan bermain game tanpa sikap yang benar, tetapi prosesnya akan jauh lebih lama.

Bagaimana sikpa yang benar? Sulit mendefinisikannya dengan tepat, jadi mari kita definisikan yang salah terlebih dahulu. Dave Sirlin yang merupakan seorang disainer game dan penantang turnamen memiliki pendapat tentang gamer yang kalah. Scrub. Ini adalah istilah yang yang sering digunakan gamer untuk mendefinisikan gamer yang suka menyalahkan keadaan bukan dirinya atau dengan kata lain membuat pembenaran. Ini adalah salah satu hambatan besar untuk gamer. Contoh scrub:

  • Menyalahkan orang lain untuk kesalahan yang dia buat
  • Selalu membuat alasan atas perfomanya yang buruk
  • Tidak pernah mencari kesalahan yang dibuatnya
  • Tidak pernah berencana memperbaiki kesalahan yang dibuatnya

Scrub membuat gamer kalah sebelum bermain. Ingin bermain dengan benar, hilangkanlah pemikiran di atas. Ketika Anda kalah, buatlah kesalahan bertumpu pada Anda, jangan salahkan sistem game, jangan salahkan tim Anda, jangan salahkan kinerja perangkat Anda. Belajarlah dari kesalahan dan perbaiki semua itu. Itulah sikap pemenang.

2. Temukan mentor pribadi
5-cara-untuk-menjadi-seorang-gamer-pro_temukan-mentor
Hubungan guru-murid adalah hubungan yang umum bila Anda ingin belajar sesuatu. Salah satu jalan terbaik untuk menuju perbaikan adalah belajar langsung dari orang lain. Anda perlu mentor. Jadi, bila didekat Anda ada orang yang lebih baik bermain game dari Anda ajaklah dia untuk mengajari Anda. Atau Anda sering bermain bersamanya. Pertanyaan dengan jawaban langsung sangat penting dalam perkembangan bermain game.

Jika Anda tidak memiliki teman yang bisa dijadikan mentor, carilah di dunia maya. Ini mengharuskan Anda untuk masuk ke komunitas khusus game yang khusus membahas game yang Anda mainkan. Di forum, Anda bisa mengajukan pertanyaan walau jawabannya tidak langsung.

3. Baca dan tulis panduan
5-cara-untuk-menjadi-seorang-gamer-pro_baca-dan-tulis-panduan
Mungkin yang paling jelas untuk meningkatkan kemampuan adalah membaca panduan. Panduan sering ditulis di komunitas atau forum. Jadi, pastikan Anda menelusurinya karena banyak yang akan Anda dapatkan dari situ.

Ada alternatif lain daripada harus membaca panduan. Menulis panduan. Banyak orang yang beranggapan kalau untuk menulis harus menjadi ahlinya terlebih dahulu. Satu sisi itu benar. Tetapi di sisi lain hal ini dapat membantu anda untuk berkembang, karena anda harus menulis panduang dengan benar, jadi anda akan mengeksplorasi lebih untuk menjadikan panduan anda menjadi tepat.

Panduan tidaklah harus dibuat langsung ke level yang Pro, anda bisa membuat panduan bertahap dari mulai pemula hingga nantinya sampai kepada tahap panduan untuk pro seiring bertambahnya pengetahuan anda.

4. Menonton Video
5-cara-untuk-menjadi-seorang-gamer-pro_menonton-video
Panduan memang berguna, tetapi ada saat-saat gambar dan tulisan tidak cukup menyampaikan makna yang tepat. Video 30 detik bisa menjadi lebih bermanfaat dari seratus panduan teks. Jika Anda tidak menonton video dan streaming, Anda sangat rugi dalam proses belajar.

Selain menonton video, Anda juga perlu melihat komentar orang-orang dan bagaimana video tersebut di tanggapi orang-orang. Carilah channel dari yang sudah pro. Dua contoh channel yang baik adalah Merlini untuk Dota2 dan Day9 untuk StarCraft.

Selain channel, video juga sumber ilmu yang baik. Anda bisa mendapatkan ratusan video mengenai game yang ingin Anda mainkan. Disana tersedia strategi, tutorial dan lain-lain. Dan yang penting lainnya, tontonlah orang yang bermain game yang Anda mainkan. Itu tentu akan menambah pengetahuan Anda.

5. Main diluar kemampuan Anda
5-cara-untuk-menjadi-seorang-gamer-pro_main-diluar-kemampuan-anda
Anda perlu bermain diluar kemampuan biasa Anda. Belajar dengan AI atau easy mode memang bisa membantu, tetapi cobalah ke level yang lebih tinggi dan lebih sulit. Tetapi jangan berlebihan juga, naikan levelnya secara bertahap.