5 Danau Indonesia Yang Menyimpan Misteri | 5berita.com
5-danau-indonesia-yang-menyimpan-misteri_danau-kaco-jambi

5 Danau Indonesia Yang Menyimpan Misteri

5 Danau Indonesia Yang Menyimpan Misteri – Sebagai negara yang kaya akan budaya, masyarakat Indonesia tidak lepas dari cerita – cerita nenek moyang yang berbau misteri, kadang kita menyebutnya dengan mitos, banyak hal di Indonesia ini yang memiliki cerita asal – usul terbentuknya suatu tempat yang disisipkan dengan narasi mistik, termasuk juga dengan danau – danau yang ada di Indonesia.

Dibalik percaya atau tidaknya masyarakat akan hal itu, namun tetap saja mitos dibalik danau – danau tersebut sudah melekat dan menjadikannya menyeramkan sekaligus menarik perhatian bagi mereka yang penasaran, berikut adalah 5 Danau Indonesia Yang Menyimpan Misteri :

1. Danau Tolire, Maluku
5-danau-indonesia-yang-menyimpan-misteri_danau-tolire-maluku
Danau Tolire yaitu danau yang terdapat di Ternate, Maluku Utara. Danau yang terdapat seputar 10 km dari pusat kota Ternate. Danau Tolire berada di bawah kaki Gunung Gamalama, gunung api tertingi di Maluku Utara. Danau itu sendiri terdiri dari dua buah. Masyarakat setempat menyebutnya Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil. Dari kedua danau ini, Danau Tolire Besar memiliki keunikan tersendiri.

Dari keyakinan warga berdasar pada narasi turun temurun, serta sudah dibuktikan oleh beberapa orang pernah mengunjunginya, benda yang dilempar ke danau akan tidak pernah menyentuh permukaan air danau. Disangka lantaran tertahan oleh kemampuan gaib dari dasar danau. Kemampuan gaib itu dipercaya datang dari siluman buaya putih yang ada di danau itu.

2. Rawa Pening, Semarang
5-danau-indonesia-yang-menyimpan-misteri_rawa-pening-semarang
Rawa Pening (pening berasal kata dari bening) yaitu danau sekalian obyek wisata air di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Rawa Pening terdapat di cekungan paling rendah lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, serta Gunung Ungaran.

Menurut legenda, Rawa Pening terbentuk dari muntahan air yang mengalir dari sisa cabutan lidi yang dikerjakan oleh Baruklinthing. Narasi Baruklinthing yang beralih jadi anak kecil yang penuh luka serta berbau amis hingga tak di terima orang-orang serta pada akhirnya ditolong janda tua. Masyarakat sekitar danau percaya bahwa danau dan sungai ini merupakan bagian dari kerajaan lelembut yang terdiri dari 3 kerajaan besar. Kerajaan pertama terletak di danau Rawa Pening itu sendiri yang mana merupakan pusat dari kerajaan lainnya. Kerajaan kedua terletak diantara jembatan rel kereta hingga jembatan utama, dan dari jembatan utama hingga bendungan merupakan kerajaan ketiga.

Kadang kala pada malam hari terdengar tabuh gamelan yang cukup keras bergema di sekitar danau dan sungai. Suara itu mirip suara tabuhan gamelan pewayangan, seakan-akan ada hajatan yang sedang digelar, padahal tidak ada penduduk desa yang sedang menggelar hajatan tersebut. Jika kita mencari sumber suara tersebut, suara tersebut seperti dari seberang sungai atau danau. Tetapi ketika kita menyeberang, sesampainya di seberang suara tersebut menjadi seolah-olah berasal dari tempat kita semula.

3. Danau Toba, Samosir
5-danau-indonesia-yang-menyimpan-misteri_danau-toba-sumatera-utara
Bicara tentang danau Toba tentu tidak terlepas dari penjelasan tentang danau vulkanik dengan panjang 100 km. serta lebar 30 km. yang terdapat di kota Medan, Sumatera Utara. Danau ini yaitu danau air tawar terbesar di Indonesia serta se-Asia Tenggara dimana dibagian tengah Toba ada pulau vulkanik, yang bernama Samosir.

Narasi legenda tentang sosok naga penjaga danau juga tidak kalah pamor dengan kehebatan danau Toba yang lain. Menurut pernyataan warga di sekitar danau menyampaikan bahwa mereka kerap lihat sosok naga di danau. Konon, menurut mitos yang berkembang disana, naga itu yaitu anak dari Pak Toba yang beralih jadi seekor naga yang sampai saat ini melindungi danau.

Lebih seramnya lagi, naga itu sampai sekarang ini masih tetap senantiasa menampakan diri. Sebagian nelayan yang kerap menjala ikan di danau Toba terkadang merasakan makhluk besar bersisik seperti ular besar berenang di permukaan danau. Tetapi, tidak seseorang juga yang mampu untuk menunjukkan kebenaran naga itu.

4. Danau Gunung Tujuh, Jambi
5-danau-indonesia-yang-menyimpan-misteri_danau-gunung-tujuh-jambi
Danau Gunung Tujuh adalah Danau yang terdapat di Kabupaten Kerinci, Jambi. tepatnya di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro. Danau ini ada di lokasi Gunung Tujuh, suatu gunung yang ada pas di belakang Gunung Kerinci. Gunung Tujuh masih termasuk kedalam lokasi Taman Nasional Kerinci Seblat.

Orang-orang Kerinci mengetahui Danau Gunung Tujuh juga sebagai Danau Sakti. Hal itu dihubungkan dengan air danau yang selalu bersih di mana dedaunan yang jatuh dari pohon di seputar danau akan tidak terlihat penampakannya di permukaan air. Kerap juga dikisahkan berlangsung pergantian cuaca dengan cara mendadak di danau ini. Beberapa warga seputar menyebutkan danau ini dengan nama Danau Beberapa Dewa yang menaruh pesona sekalian misteri.

5. Danau Kaco, Jambi
5-danau-indonesia-yang-menyimpan-misteri_danau-kaco-jambi
Danau Kaco adalah danau yang terlentak di Kabupaten Kerinci, Jambi. Tepatnya di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Danau yang oleh orang-orang setempat menyebutnya Danau Kaco, dalam bhs Indonesia bermakna kaca ini ada di lokasi Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) serta adalah website warisan UNESCO.

Terdapat di kentinggian 1289 di atas permukaan air laut, danau ini termasuk danau yang kecil tak seperti danau-danau biasanya. Cuma memiliki ukuran luas seputar 30 x 30 mtr., tetapi danau ini dapat menyuguhkan keindahan sendiri di antara pohon-pohon di sekelilingnya.

Terkecuali memiliki air yang sangatlah bening, kedalaman danau ini masih tetap misteri serta belum ada yang tau pasti berapakah kedalamanya. Meskipun kita masih tetap dapat lihat sebagian ikan semah yang berlalu lalang mencari makan. Keajaiban lain yang dipunyai Danau Kaco yaitu danau ini bisa pancarkan sinar yang jelas waktu gelap gulita, terlebih waktu bln. purnama.

Umumnya pengunjung banyak yang menginap untuk lihat keajaiban ini serta tak dibutuhkan penerangan lantaran jelas dari sinar danau. Sebagian peneliti berusaha untuk mencari jawaban bakal fenomena ini, namun seluruhnya masih tetap misterius di mana dalam penyelaman oksigen habis saat sebelum menyentuh basic danau.

Mitos lahirnya Danau Kaco ini berawal hadirnya suatu narasi seseorang putri cantik yang mau dipinang oleh banyak pemuda. Tanpa ada sangsi mereka menitipkan bebatuan mulia pada Raja Gagak, bapak sang putri. Walau demikian, keserakahan malah bikin Raja Gagak menodai putrinya sendiri. Kemudian, putrinya juga dibenamkan ke danau beserta harta pinangan itu.