5 Fakta Seputar Bersin | 5berita.com
5-fakta-seputar-bersin_saat-bersin-mata-tertutup

5 Fakta Seputar Bersin

Bersin merupakan gerakan yang tidak bisa dikontrol oleh tubuh. Penyebab yang paling umum dari bersin adalah gejala flu atau batuk. Di samping itu, lada, debu, matahari, atau alergi lain juga bisa menyebabkan hidung kamu bersin. Tapi, tahukah kamu fakta tentang bersin? Berikut adalah 5 Fakta Seputar Bersin :

1. Kecepatan bersin mampu mencapai 100 mil per jam
5-fakta-seputar-bersin_kecepatannya-100mil-perjam-bahkan-lebih
Riset ini dilakukan oleh Jamie Hyneman dan Adam Savage. Untuk mengetahui kecepatan bersin, mereka merekam aktivitas ini dengan menggunakan kamera ultra high speed. Dalam percobaan dari duo ini, ternyata kecepatan bersin mencapati 100 mil per jam.

2. Bersin merupakan proses “reboot” bagi hidung
5-fakta-seputar-bersin_proses-reboot-bagi-hidung
Seperti sebuah komputer, hidung ternyata harus mempunyai waktu untuk istirahat. Dengan bersin, maka hidung kamu bisa merasakan istirahat secara sebentar atau yang dikenal dengan reboot. Bersin mampu mengatur pergerakan cilia (rambut yang berukuran kecil) yang melapisi rongga hidung.

3. Saat kamu bersin, mata kamu tertutup
5-fakta-seputar-bersin_saat-bersin-mata-tertutup
Sadar atau tidak, kamu pasti menutup mata saat bersin. hal ini terjadi karena kendali otak yang bertanggung jawab dengan bersin sangat berdekatan dengan mata. Itulah mengapa kamu langsung reflek menutup mata saat bersin.

4. Jantung kamu tidak berhenti saat bersin
5-fakta-seputar-bersin_jantung-tidak-berhenti-saat-bersin
Ada yang pernah dengar bahwa jantung berhenti sesaat saat kita bersin? Jantung berhenti saat bersin merupakan mitos, ini hanya terasa seakan-akan jantung kita berhenti. Tekanan yang sangat banyak mengisi ruang di dada dan tekanan yang memuncak bisa sejenak merubah ritme dari detak jantung kita dan bisa pula melompati detakan. Tapi tidak akan membuat detak jantung berhenti.

5. Sebaiknya jangan menahan bersin
5-fakta-seputar-bersin_jangan-menahan-bersin
Saat kamu bersin sebaiknya kamu biarkan saja. Jika kamu menahannya dengan menutup hidung, hal ini bisa menjadi berbahaya. Kamu bisa mengalami cidera seperti rusaknya pembuluh darah, menyebabkan gendang telinga pecah, selain itu ketika bersin tubuh kita akan mengeluarkan 100.000 kuman atau bakteri dan apabila kita menahan bersin, maka bakteri tersebut akan masuk kembali yang dapat menimbulkan infeksi bagi tubuh kita.

Ingat juga bahwa ada sekitar 100.000 kuman yang keluar saat anda bersin, jadi ingat untuk menutup hidung anda dengan sapu tangan yah, agar kuman anda tidak menginfeksi orang-orang disekitar anda.IT компания IT Deltaсайт: it-delta.ruинвизилайн стоимостьмузыкальная подвеска на кроваткумоситалдент отзывы