5 Fakta Tentang Menara Eiffel Yang Mungkin Tidak Kamu Tahu | 5berita.com
5-fakta-tentang-menara-eiffel-yang-jarang-diketahui_mengambil-foto-eiffel-bisa-jadi-tindakan-illegal

5 Fakta Tentang Menara Eiffel Yang Mungkin Tidak Kamu Tahu

Menara Eiffel telah menjadi ikon global bagi negara prancis dan menjadi salah satu struktur bangunan paling terkenal di dunia. Menara Eiffel juga sering kali dianggap sebagai tempat paling romantis yang ada di Paris, ironisnya jika kita menyinggung soal romantisme Eiffel, ternyata sejarah mencatat bahwa menara eiffel seringkali dijadikan sebagai tempat untuk mengakhiri hidup orang-orang yang galau terhadap hidupnya, entah dengan beragam alasan pastinya. Selain itu masih ada lagi beberapa fakta menarik tentang Menara ini, Berikut adalah 5 Fakta Tentang Menara Eiffel Yang Mungkin Tidak Kamu Tahu :

1. Sempat menjadi struktur tertinggi di dunia
5-fakta-tentang-menara-eiffel-yang-jarang-diketahui_sempat-menjadi-bangunan-tertinggi-di-dunia
Berdasarkan laman Telegraph, menara yang selesai pada 31 Maret 1889 ini sempat menjadi struktur buatan manusia tertinggi di dunia. Eiffel disebutkan memiliki tinggi 324 meter, termasuk dengan antenanya. Eiffel menempati posisi ini hingga 41 tahun lamanya, sampai muncul Chrysler Building di New York pada 1930. Sementara, di negaranya sendiri, Eiffel menempati posisi sebagai struktur tertinggi sampai muncul pemancar militer di kota Saissac pada 1973.

2. Monumen terbanyak dikunjungi di dunia
5-fakta-tentang-menara-eiffel-yang-jarang-diketahui_monumen-paling-banyak-dkunjungi
Tidak hanya dikenal karena tingginya yang menjulang, Eiffel menjadi monumen yang dikenakan biaya, terbanyak dikunjungi di dunia. Setiap tahunnya, Eiffel dikunjungi hampir sebanyak tujuh juta pengunjung dan 75% dari keseluruhannya berasal dari negara selain Prancis.

3. Mengambil foto Eiffel dapat menjadi tindakan ilegal
5-fakta-tentang-menara-eiffel-yang-jarang-diketahui_mengambil-foto-eiffel-bisa-jadi-tindakan-illegal
Menara Eiffel terlihat berkilauan karena memiliki 20.000 bola lampu. Eiffel memiliki 5.000 bola lampu di setiap sisinya. Bola lampu ini berkilauan selama lima menit untuk setiap jam dan selalu menyala setiap jamnya dari senja hingga pukul satu pagi. Dalam Fox News disebutkan, hal yang mengejutkan adalah mengambil foto Eiffel yang berkilauan di malam hari ternyata termasuk tindakan ilegal. Sebab, tampilan cahayanya dianggap karya seni serta dilindungi dengan hukum hak cipta. Siapapun yang melakukan tindakan ini, sangat mungkin untuk dikenai denda.

4. Tinggi menara Eiffel berubah tergantung musim
5-fakta-tentang-menara-eiffel-yang-jarang-diketahui_tinggi-menara-eiffel-berubah-tergantung-musim
Dikutip dari Business Insider, tinggi menara Eiffel ternyata dapat berubah tergantung musim. Hal ini terjadi lantaran Eiffel dibangun menggunakan besi tempa, sehingga dapat mengembang bila terkena panas matahari saat musim panas berlangsung. Ketika musim panas, struktur menara Eiffel disebutkan naik hingga 6,75 inci.

5. Kabel lift menara Eiffel dipotong ketika Hitler menyerang Prancis
5-fakta-tentang-menara-eiffel-yang-jarang-diketahui_kabel-lift-pernah-dipotong-karena-hitler
Ketika Adolf Hitler menyerang Prancis, kabel lift menara Eiffel sengaja dipotong. Situs Eiffel Tower Guide menyebutkan, orang-orang Prancis sengaja melakukan ini untuk memastikan bahwa Hitler harus berjalan menaiki tangga bila ingin mencapai puncak Eiffel. Di samping itu, menara Eiffel juga sengaja ditutup untuk umum.