5 Fakta Terkait Dengan Memori Otak Manusia | 5berita.com
5-fakta-terkait-dengan-memori-otak-manusia_memori-otak

5 Fakta Terkait Dengan Memori Otak Manusia

Otak adalah struktur pusat pengaturan seluruh tubuh dan juga merupakan salah satu organ vital terpenting dalam tubuh manusia. Otak mungkin juga merupakan salah satu hal yang paling misterius yang masih membuat semua orang bertanya-tanya bagaimana dia bekerja dan apa yang membuatnya bekerja. Sampai saat ini bahkan belum ada satu orangpun atau lembaga manapun yang mengklaim mengetahui persis cara kerja otak dan bagaimana ia bekerja, Bahkan, beberapa lembaga penelitian menyatakan bahwa otak manusia itu adalah suatu hal yang aneh.

Jika kamu ingin membuktikan apakah otak manusia termasuk hal yang aneh atau tidak, lihatlah 5 Fakta Terkait Dengan Memori Otak Manusia berikut:

5-fakta-terkait-dengan-memori-otak-manusia_memori-otak

1. Menutup mata membantumu untuk mengingat sesuatu
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa seseorang dapat dengan mudah mengingat sesuatu saat nereka menutup mata mereka. Cara ini akan berhasil dalam kondisi saat seseorang tersebut untuk fokus tanpa adanya hambatan sedikitpun.

2. Seseorang dapat mengingat sebuah kejahatan yang bahkan tidak pernah mereka lakukan sebelumnya
Ada sebuah penelitian mengemukakan bahwa seorang pembicara mampu meyakinkan 70% audiensnya bahwa mereka telah melakukan tindakan kriminal saat mereka remaja. Setelah itu dia meminta audiensnya untuk mengingat 10 detail yang terjadi pada kejadian tersebut. Faktanya mereka mampu mengingatnya padahal mereka tidak pernah melakukannya.

3. Seketika kamu akan lupa apa yang akan kamu lakukan saat masuk ke ruangan baru
Saat memasuki ruangan baru, kamu pasti pernah tiba-tiba merasa lupa dengan apa yang akan kamu lakukan di sana. Ternyata hal ini wajar terjadi, sebuah penelitian menyatakan bahwa satu episode ingatan baru akan muncul saat seseorang meninggalkan satu ruangan untuk menuju ruangan lain. Hal itulah yang membuatmu sulit untuk mengingat apa yang terjadi pada episode ingatan sebelumnya.

4. Kamu akan dengan mudah lupa akan sesuatu hanya karena kamu membayangkan berjalan melewati pintu
Penelitian terbaru mengemukakan bahwa membayangkan dirimu berjalan melewati pintu dapat membuatmu lupa akan sesuatu. Hal ini cukup menjelaskan teori terkait ingatan jangka pendek seseorang yang dibagi dalam beberapa bab tertentu. Dan saat seseorang membayangkan melewati pintu, ingatannya akan secara otomatis memunculkan bab baru.

5. Sangat mudah untuk menanamkan memori atau ingatan palsu
Ada sekelompok peneliti yang mencoba menanamkan ingatan palsu pada beberapa orang. Para peneliti berusaha meyakinkan orang-orang itu bahwa pernah mengalami kejadian buruk dengan Pluto saat mereka mengunjungi Disneyland dengan menggunakan beberapa bukti fisik untuk meyakinkan mereka. Dan hal tersebut membuat para responden percaya dengan mudah.