5 Fakta Tersembunyi Tim Raksasa Serie A Italia, AC Milan | 5berita.com

5 Fakta Tersembunyi Tim Raksasa Serie A Italia, AC Milan

Berita Unik, 5Berita.com – Pada 16 Desember 2015 yang lalu, AC Milan baru saja berulang tahun yang ke-116. Dan jika kita menengok ke belakang, klub ini memang memiliki catatan sejarah yang panjang.

Lima fakta ‘tersembunyi’ berikut ini adalah hal-hal tentang Milan yang mungkin belum diketahui banyak orang. Seperti dilansir La Gazzetta dello Sport, berikut Lima fakta tersebut.

1. Striker terhebat

Gunnar Nordahl AC Milan Legend

Gunnar Nordahl AC Milan Legend

Pencetak gol terhebat yang pernah dimiliki AC Milan berasal dari Swedia. Tidak, dia bukan Zlatan Ibrahimovic. Dia adalah Gunnar Nordahl. Memperkuat Milan periode 1949-1956, dialah Super Swede yang sebenarnya.

Nordahl adalah satu-satunya pemain yang menyandang titel pluricapocannoniere, lima gelar capocannoniere (top scorer) Serie A dari musim 1949/50, 1950/51, 1952/53, 1953/54 dan 1954/55. Hingga kini, belum ada satu pun yang sanggup menyamainya.

Nordahl pun masih memegang rekor gol terbanyak dalam satu musim, yakni 35 gol sepanjang musim 1949/50.

2. Rekor Transfer

kaka real madrid

kaka real madrid

Selama ini, AC Milan telah melakukan banyak aktivitas di lantai bursa. Tak sedikit yang nilainya luar biasa. Pembelian termahal dalam sejarah Milan masih tetap Rui Costa, yang dibeli seharga €49,7 juta dari Fiorentina. Rekor ini belum pecah sejak tahun 2001 silam.

Itu untuk transfer masuk. Untuk transfer keluar, ada nama Kaka. Ketika Kaka dijual ke Real Madrid pada tahun 2009, Milan mendapatkan pemasukan fantastis, yaitu €65 juta. Sampai sekarang, itu masih tercatat sebagai rekor penjualan termahal dalam sejarah Milan.

3. Warna Iblis

AC Milan Curva Sud

AC Milan Curva Sud

Merah-hitam sebagai warna seragam tidak dipilih sembarangan. Ini adalah warna iblis, sesuai tekad klub yang pernah disampaikan oleh almarhum Herbert Kilpin, co-founder sekaligus kapten pertama Milan.

“Kami akan menjadi tim iblis. Warna kami merah seperti api dan hitam seperti ketakutan yang akan dirasakan oleh lawan-lawan kami.” Itu cukup menjelaskan kenapa mereka menyandang julukan “il Diavolo”, Sang Iblis.

4. Usia Hanyalah Angka

Legenda AC Milan

Legenda AC Milan

AC Milan di setiap musim sering memadukan pemain-pemain muda dengan penggawa veteran. Namun, tak jarang pula keseimbangannya goyah, lebih banyak pemain berusia senja daripada yang muda.Mantan pelatih mereka, Carlo Ancelotti, menurunkan starting eleven tertua dalam sejarah Milan ketika bertandang ke Catania pada Mei 2009. Waktu itu, tim yang dia turunkan berusia rata-rata 33,2 tahun.

Waktu itu, Filippo Inzaghi (35 tahun) jadi ujung tombak serangan, Clarence Seedorf (33 tahun) di tengah dan Paolo Maldini (40 tahun) di lini pertahanan. Mereka pun hanya tiga dari sekian veteran lainnya.

5. Tembok Kokoh bernama Sebastiano Rossi

Sebastiano Rossi AC Milan

Sebastiano Rossi AC Milan

Sebastiano Rossi adalah kiper tangguh AC Milan periode 1990–2002. Gelar raja clean sheet pantas disandangnya.

Di musim 1993/94, di usia 29, Rossi mengukir 22 clean sheet alias 22 laga tanpa kebobolan dalam 34 pertandingan Serie A. Musim itu, dia adalah salah satu pilar kesuksesan Milan dalam meraih Scudetto Serie A serta gelar juara Liga Champions.

Rossi hingga kini juga masih memegang rekor paling lama tidak kebobolan dalam sejarah Serie A, yakni 929 menit (11 laga) dari 12 Desember 1993 sampai 27 Februari 1994.freevulkanclub отзывыпротезирование имплантацияценалобановский депутат