5 Fakta Unik Telur Untuk Kesehatan | 5berita.com
5-fakta-unik-tentang-telur_nutrisinya

5 Fakta Unik Telur Untuk Kesehatan

Telur merupakan salah satu makanan hewani yang paling banyak dikonsumsi oleh banyak orang. Pada umumnya, orang lebih memilih telur untuk dimasukan kedalam menu sarapan pagi. Untuk dibuat sebagai menu sarapan telur bisa dinikmati baik dalam bentuk telur mata sapi, telur dadar, telur rebus, dll. Kemudahan dalam menyajikannya mungkin menjadi salah satu alasan kenapa orang-orang lebih memilih telur untuk sarapan.

Selain itu Mengonsumsi telur sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama adanya kandungan protein dan nutrisi didalamnya. Dibawah ini terdapat 5 Fakta Unik Telur Untuk Kesehatan:

1. Nutrisi di dalamnya

5-fakta-unik-tentang-telur_nutrisinya
Selama ini kuning telur paling dihindari bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Selain itu, beberapa orang juga berpendapat bahwa kuning telur itu di klaim mampu meningkatkan risiko penyakit jantung. Mereka beranggapan bahwa pada kuning telur mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Namun penelitian yang telah dilakukan selama 40 tahun mengungkapkan bahwa telur juga memiliki banyak nutrisi yang bisa menyehatkan tubuh. Di samping mengandung kalori, telur juga memiliki sejumlah protein yang berkualitas tinggi, lutein, dan zeaxanthin, yaitu antioksidan yang membantu fungsi mata. Telur juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin A, B12, D, riboflavin, fosfor, dan folat. Belum lagi telur juga mengandung kolin yang tentunya sangatlah baik untuk meningkatkan fungsi otak pada orang dewasa dan pekembangan otak saat hamil.

Didalam telur juga terkandung kalsium dan vitamin D yang sangat dibutuhkan dan penting untuk kesehatan tulang. Tubuh menyerap vitamin D melalui sinar matahari. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat setidaknya bisa membantu proses penyerapan dengan sangat optimal. Telur adalah salah satu makanan alami yang bisa menjadi sumber vitamin D yang baik. Mengonsumsi telur juga mampu memenuhi kebutuhan vitamin D seseorang sekitar 10% setiap harinya.

2. Baik dikonsumsi setelah olahraga

5-fakta-unik-tentang-telur_konsumsi-seusai-olahraga
Ketika seseorang telah melakukan olahraga, mendapatkan protein yang berkualitas itu bisa dikatakan sangatlah penting. Protein dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot yang sudah digunakan selama berolahraga. Selain itu, protein juga sangatlah penting untuk menyediakan asam amino bagi tubuh untuk membentuk otot setelahnya.

Protein yang tersimpan pada teluar merupakan protein dengan kualitas terbaik sehingga sangat cocok dikonsumsi setelah melakukan olahraga. Disamping itu, nutrisi lainnya pun sangat cocok untuk memberikan manfaat pada otot dan tubuh setelah berolahraga. Disamping protein, telur juga mengandung karbohidrat sehat guna membantu menjaga tingkat gula darah, energi, dan mencegah tubuh supaya tidak mudah cepat lelah.

3. Cocok untuk teman diet

5-fakta-unik-tentang-telur_untuk-diet
Meskipun telur mengandung kalori didalamnya, hal itu bukan berarti telur tidak bisa dijadikan sebagai teman diet Anda. Mengonsumsi telur mampu membantu Anda dalam menjaga berat badan. Pasalnya, protein didalamnya akan membantu Anda untuk tetap kenyang lebih lama. Selain itu, telur juga mempunyai peranan penting lainnya untuk menjaga massa otot dalam upaya menurunkan berat badan.

Didalam satu butir telur terdapat 70 kalori dan 6 gram protein. Hal ini bisa dikatakan bahwa meskipun telur mengandung kalori, namun jumlahnya relatif sedikit. Mengonsumsi kalori didalamnya juga penting karena dapat menurunkan berat badan serta membuat Anda harus membakar kalori pada saat beraktivitas.

4. Ukuran berpengaruh

5-fakta-unik-tentang-telur_ukuran
Meskipun berasal dari hewan yang sama telur memiliki ukuran yang berbeda-beda. Selama ini sebagian besar orang tidak memperhatikan ukuran telur karena mereka beranggapan bahwa hal itu tidaklah terlalu penting. Lagipula, yang diperlukan itu adalah isi dari telur tersebut dan bukan cangkangnya. Padahal, ukuran telur juga mempunyai pengaruh terhadap isinya.

Meskipun ukuran tidak mempengaruhi terhadap kualitas nutrisi yang terkandung didalamnya, namun ukuran jelas membuat Anda mendapatkan nutrisi yang lebih banyak termasuk juga dengan jumlah kalorinya. Nah, bagi Anda yang sedang menjalankan program diet diharuskan untuk memperhatikan juga ukuran telurnya. Telur yang berukuran besar akan mengandung isi, protein, dan kalori yang lebih banyak.

5. Warna tidak mempengaruhi nutrisi

5-fakta-unik-tentang-telur_warna
Ada sebagian orang yang beranggapan bahwa telur yang berwarna cokelat itu jauh lebih sehat daripada telur yang berwana putih. Padahal, warna telur itu tidaklah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kualitas nutrisi yang ada didalam telur. Warna telur itu bisa dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi oleh ayam, namun hal tersebut tidak mencerminkan nutrisi yang ada didalamnya. Meskipun begitu, tentu terdapat beberapa perbedaan dalam jumlah vitamin A dan lutein. Apapun warnanya, tetaplah kuning telur yang menjadi sumber vitamin, mineral, dan lemak yang baik. Begitupula dengan putih telur yang mampu memberikan asupan protein dan riboflavin yang banyak.
Itulah 5 fakta menarik tentang telur yang mungkin saja belum Anda ketahui sepenuhnya. Janganlah terlalu takut dengan kandungan kolesterol dan kalori yang ada pada telur, karena didalam telur masih banyak tersimpan nutrisi dan vitamin penting lainnya serta protein dengan kualitas yang sangat tinggi.виртуальные номера для смсустройство картриджа лазерного принтераработа а алматеалександр лобановский