5 Fakta Yang Menghebohkan Seputar Batu Akik | 5berita.com
5-fakta-yang-menghebohkan-seputar-batu-akik_batu-bacan-doko

5 Fakta Yang Menghebohkan Seputar Batu Akik

Fenomena batu akik atau batu cincin belum memiliki tanda – tanda akan menghilang, trend ini justru semakin meningkat, khususnya di Indonesia. Semakin banyak jenis batuan yang muncul dengan karakteristiknya masing-masing. Ternyata trend batu akik tidak terjadi dikalangan orang tua saja, namun sekarang para anak muda, pria maupun wanita juga mulai terkena demam batu akik. Entah sebagai cincin, kalung, ataupun aksesoris lainnya.

Harga batu akikpun kian melambung seiring dengan banyaknya permintaan dari konsumen, meski terlihat seperi batu biasa, bagi sebagian orang, batu akik memiliki kelebihan tersendiri. Bagi penggemar batuan alam, batu akik memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta batu alam dan diperlakukan sangat istimewa, sehingga banyak hal heboh yang terjadi seputar batu akik.

Berikut adalah 5 Fakta Yang Menghebohkan Seputar Batu Akik :

1. Batu Bacan (Batu Akik Paling Dicari).
5-fakta-yang-menghebohkan-seputar-batu-akik_batu-bacan-doko
Batu ini merupakan batu akik yang paling dicari oleh para penggemar baru alam. Dari berbagai kekayaan alam yang dihadirkan di Maluku Utara adalah “Bacan”.

Nama Bacan dikenal sebagai nama pulau, nama kerjaan sekaligus nama batu mulia yang telah melambungkan namanya ke mancanegara. Sebagai salah satu nama dari batu akik, bacan telah tersohor hingga keluar negeri bukan hanya di masa sekarang, melainkan sejak abad pertengahan.

Batu bacan merupakan batu hidup, karena kemampuannya berproses menjadi lebih indah secara alami atau pun cukup dengan menggunakan sehari-hari dalam bentuk cincin atau kalung. Secara perlahan batu bacan akan berubah menjadi lebih bersih, bening dan mengkristal.

Bahkan ada beberapa jenis batu bacan yang dapat menyerap senyawa lain dari bahan yang melekatinya, seperti sebutir batu bacan hijau doko yang dilekatkan dengan tali pengikat berbahan emas, mampu menyerap bahan emas tersebut sehingga bagian dalam batu bacan muncul bintik-bintik emas. Kemampuan batu bacan ini membuat pencinta batu alam dari luar negeri Cina, Arab dan Eropa tercengang dan kagum terhadapnya.

Selain itu batu bacan juga memiliki tingkat kekerasan batu 7,5 Skala Mohs seperti batu jamrud dan melebihi batu giok. Keunikan lain yang membedakan batu bacan dengan batu giok lainnya adalah mampu menetralkan ion-ion tubuh, sehingga para pemakai batu bacan akan merasa mampu mengontrol emosinya dan memperlancar peredaran darah dalam tubuh.

Dan, jenis batu bacan termahal yang pernah terjual adalah seperti batu akik yang dimiliki mantan Presiden RI SBY yaitu senilai Rp3 miliar.

2. Batu Combong (Batu Akik Bermitos).
5-fakta-yang-menghebohkan-seputar-batu-akik_batu-combong
Batu akik jenis ini terkenal dengan mitosnya yang cukup melegenda dalam masyarakat akan kemampuannya sebagai sarana asmara dan pemikat hati.

Ada beberapa versi mengenai mitos batu combong sebagai sarana pengasihan, di era Wali Songo sekitar abad ke-16, batu combong digunakan sebagai sarana pengukur waktu untuk menjalankan ibadah shalat 5 waktu, para wali waktu itu menentukan kapan saat beribadah dengan memanfaatkan cahaya matahari yang masuk melalui celah yang ada pada batu combong.

Selain itu kabarnya batu combong juga dapat memancarkan energi alami yang membuat siapapun menjadi tentram jiwanya, sehingga batu combong digunakan sebagai sarana memancarkan energi kasih sayang, dan batu combong diyakini bisa membawa kebaikan bagi orang yang mengenakannya.

3. Batu Jadeite (Batu Akik Paling Langka dan Termahal di Dunia).
5-fakta-yang-menghebohkan-seputar-batu-akik_batu-jadeite
Batu akik jenis ini merupakan batu akik paling langka dan termahal di dunia, dahulu batu ini hanya bisa ditemukan di Guatemala, biasanya berwarna hijau, putih atau keabu-abuan.

Rekor harga tertinggi yang pernah dipecahkan untuk kalung yang berhiaskan untaian 27 batu jadeite berdiameter 5 mm adalah sebesar Rp36 milyar untuk satu karat dan untuk satu berlian dengan 162 karat dari Guatemala batuan alam jenis matriks langka ini terjual Rp109,4 miliar. Rekor ini dipecahkan pada November 1997 di Christie’s Hong Kong Sale.

Harga fantastis dan super mahal ini berdasarkan pengujian di laboratorium internasional untuk dapat diperdagangkan. Penilaian harga dan kualitas ditentukan bukan hanya oleh satu orang peneliti melainkan juga diuji oleh beberapa peneliti melalui tahap pengujian di laboratorium.

4. Batu Spiritual (Batu yang terkenal dengan Daya Magis).
5-fakta-yang-menghebohkan-seputar-batu-akik_batu-spiritual
Dalam berbagai kebudayaan batu memiliki dimensi, selain dari estetika, dan salah satu pendakatan dalam penggunaan batu akik adalah pendekatan magis, meski ilmu pengetahuan sudah berkembang jauh ternyata masih ada orang-orang yang lekat dengan dengan hal-hal non ilmiah, termasuk perihal batu-batu tersebut.

Mereka percaya bahwa batu akik memiliki kekuatan-kekuatan magis diataranya yang paling terkenal adalah karena berhubungan dengan kisah-kisah dalam kitab suci, sebut saja batu Lapis Lazuri adalah batu permata yang pertama kali disebut dalam Alkitab disebut Batu Malaikat Michael dan batu habasyah Ethiopia yang pernah dipakai Nabi atau batu Pirus Persia yang disukai para ulama.

Ada pula batu akik spiritual yang secara alamiah bergambar sosok spiritual, atau pola garis atau warna tertentu seperti batu akik tapak jalak yang secara alami memiliki motif garis silang. Batu yang memilik motif seperti tapak kaki burung jalak ini dipercaya oleh sebagian orang dapat memberi kewibawaan dan keselamatan.

Ada juga batu akik junjung drajat yang motifnya berbentuk garis bersiku batu ini dipercaya sebagian orang berkasiat untuk meningkatkan derajat kewibawaan, perekonomian dan status sosial.
Yang tak kalah magis adalah batu panca warna yang memiliki corak berwarna warni, kepercayaan sebagian orang bahwa batu ini dapat membuat penggunanya memancarkan kharisma dan melindungi penggunanya dari kejahatan.

Sebuah batu bergambar terbaik di dunia yang pernah ditemukan di Indonesia, batu panca warna bernama Batu Watukodam, karena bergambar alami secara 3 Dimensi ! Sosok khodam (pelayan) atau sosok jin, batu ini terbilang sangat tinggi nilainya di kalangan kolektor dunia. Karena efek gambar 3 Dimensi yang ditimbulkan sangat menakjubkan dan sekaligus menakutkan.

5. Batu Cincin Para presiden Indonesia.
5-fakta-yang-menghebohkan-seputar-batu-akik_para-presiden
Aksesoris cincin batu sesungguhnya bukan barang baru bagi masyarakat Indonesia, bahkan orang-orang pernah menjabat sebagai pucuk pimpinan tertinggi di negara ini dikabarkan mengenakan cincin batu alam, walaupun meraka mempunyai perbedaan dalam pola kepemimpinan dan karakternya tapi ada satu kesamaan yaitu dengan melingkarnya cincin batu akik di jari mereka.

Mulai dari presiden pertama Indonesia Bung Karno yang dikabarkan memiliki cincin ruby atau yang disebut dengan batu merah delima, tingkatan warna merah dari batu ruby merupakan faktor dominan dalam menentukan harganya dan batu ruby yang memiliki warna yang sangat jelas disebut dengan Blood Red.

Seperti Bung Karno, presiden yang menjadi penanda dimulainya orde baru Soeharto juga pernah diketahui pernah memakai batu merah delima atau ruby yang melingkar dijari manisnya.

Prof. Habibie yang merupakan Presiden RI berikutnya juga diberitakan memakai cincin berlian atau intan yang sangat terkenal dengan kecantikannya, yang mampu menggoda banyak orang.

Sementara presiden yang akrab dipanggil Gus Dur dikabarkan memiliki cincin batu jamrud, batu nama lain dari emerald ini merupakan keluarga dari batu baryl yang berwarna hijau. Batu ini sudah ditambang oleh bangsa mesir sejak tahun 1500 SM.

Dan Susilo Bambang Yudoyono yang kepemimpinannya sebagai presiden digantikan oleh Jokowi ini diberitakan juga memiliki cincin batu biduri kucing atau cat eye, batu ini kerap ditambang di Sri Langka