5 Fenomena Tata Surya Yang Menakjubkan | 5berita.com
5-fenomena-tata-surya-yang-menakjubkan_geyser-enceladus

5 Fenomena Tata Surya Yang Menakjubkan

Bumi adalah planet yang indah, yang dapat ditinggali oleh manusia, banyak tempat dan fenomena luarbiasa yang terjadi dibumi dapat membuat kita berdecak kagum. Jika Bumi saja memiliki banyak fenomena yang luarbiasa, begitu juga sama halnya dengan tempat – tempat lain yang ada di tata surya, bahkan fenomena di tempat lain pastinya tidak terdapat di Bumi,

Nah, mau tau seperti apa keajaiban yang ada ditata surya kita? Berikut adalah 5 Fenomena Tata Surya Yang Menakjubkan :

1. Cincin saturnus
5-fenomena-tata-surya-yang-menakjubkan_cincin-saturnus
Cincin saturnus memang sudah banyak diketahui sebagai salah satu keajaiban yang ada di tata surya. Cincin saturnus juga adalah sistem cincin tata surya terluas dari planet manapun di tata surya saat ini. Cincin saturnus terbentuk dari partikel kecil yang tak terhitung jumlahnya, partikel ini sebenarnya hampir seluruhnya terbuat dari es air yang akhirnya membuat saturnus memiliki pemandangan yang sangat indah.

2. Jupiter Red Spot
5-fenomena-tata-surya-yang-menakjubkan_jupiter-red-spot
Jupiter Red Spot atau bintik merah jupiter menjadi salah satu keajaiban yang ada di tata surya selanjutnya, Bintik merah jupiter mendapatkan namanya dari pola warna merah yang juga dikombinasi dengan warna lain seperti kuning, orange dan putih. Bintik merah jupiter sebenarnya adalah sebuah badai, namun yang membuatnya istimewa adalah badai ini bersifat permanen atau tidak pernah hilang sejak ratusan tahun lalu. dan ternyata warna merah itu muncul akibat reaksi kimia yang terjadi pada gas yang terdapat dalam badai tersebut setelah terkena sinar matahari.

Badai inipun bisa dilihat langsung dari bumi melalui teleskop khusus, meski yang bisa terlihat hanya sedikit saja, namun bintik merah jupiter memberikan pemandangan dan panorama yang menakjubkan.

3. Valles Marineris, Mars
5-fenomena-tata-surya-yang-menakjubkan_valles-marineris
Kemegahan Valles Marineris, Mars ini sepertinya tidak pernah ada bandingannya. Valles Marineris juga dikenal sebagai ngarai/lembah terbesar di tata surya saat ini, dengan panjang lebih dari 4.000km, lebar 200km, dan kedalaman lebih dari 7km. Bahkan saat matahari terbit pada salah satu ujungnya terjadi, maka maka enam jam kemudian barulah matahari terbit di ujung lainnya.

4. Geyser Enceladus
5-fenomena-tata-surya-yang-menakjubkan_geyser-enceladus
Kamu bisa melihat sebuah pemandangan yang tidak akan pernah kamu dapat di tempat lain. Dua semburan es besar meledak melalui permukaan Enceladus, memuntahkan kristal es ke luar angkasa lebih dari 1.000 mil per jam. Kedasyatan ini tidak akan kamu dapatkan di tempat lain.

5. Geyser Triton
5-fenomena-tata-surya-yang-menakjubkan_geyser-triton
Geyser Triton memiliki pemandangan yang tak kalah menakjubkan juga yaitu semburan nitrogen beku dan senyawa organik gelap. Suara geysernya terdengar hingga lebih dari 8.000 meter ke dalam.квадратный метр видеокартридж или картриджСергей Ковалекак обмануть детектор лжи полиграф