5 Hal Yang Harus Diketahui Pelari Pemula | 5berita.com
5-hal-yang-harus-diketahui-pelari-pemula_lakukan-pemanasan-dan-pendinginan

5 Hal Yang Harus Diketahui Pelari Pemula

Olahraga lari sudah semakin digemari oleh masyarakat Indonesia, khususnya di kota – kota berkembang, pemerintahpun sudah turut andil dalam memfasilitasi kegiatan olahraga yang biasa akan dilakukan di hari minggu, salah satunya adalah program CFD (Car Free Day) yang rutin dilakukan dihari minggu.

Lokasi CFD semakin banyak dikunjungi oleh masyarakat yang sudah mulai sadar akan kesehatan, kegiatan yang paling sering dilakukan saat CFD adalah bersepeda dan lari pagi. Bagi Anda yang baru mulai rutin berlari, berikut ini lima hal yang perlu Anda perhatikan:

1. Lakukan pemanasan dan pendinginan

5-hal-yang-harus-diketahui-pelari-pemula_lakukan-pemanasan-dan-pendinginan
Pada dasarnya setiap kali anda melakukan latihan olahraga apa pun, sebaiknya melakukan pemanasan sebelum latihan, dan pendinginan setelah selesai latihan. Pemanasan diperlukan untuk membawa detak jantung dari kecepatan pelan ke detak jantung latihan. Sebaliknya untuk pendinginan, membawa detak jantung ke keadaan semula. Pemanasan difokuskan pada otot-otot yang digunakan untuk berlari yaitu tubuh bagian bawah (tungkai). Jangan lupa melakukan peregangan otot-otot tungkai dahulu sekitar lima menit sebelum pemanasan. Sedangkan pendinginan dan peregangan kembali diperlukan untuk mengurangi rasa pegal, meningkatkan kelenturan, dan mengurangi cidera.

2. Jangan lupa makan

5-hal-yang-harus-diketahui-pelari-pemula_jangan-lupa-makan
Karena ingin menurunkan berat badan bukan berarti setelah berlari, Anda sengaja tidak makan. Otot yang Anda gunakan untuk berlari perlu bahan bakar dari makanan untuk berkembang dan memperbaiki dirinya. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi setelah Anda berlatih. Aturlah frekuensi dan jumlah asupan makanan dalam sehari yang disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari, termasuk olahraga. Pastikan juga Anda mengonsumsi air putih sebelum, selama, dan setelah berlari.

Selain itu ada baiknya anda mengkonsumsi sedikit makanan sebelum berlari, seperti buah. Hal ini agar anda dapat berlari lebih baik, namun perlu anda ingat kopi dan minuman energi bukanlah bahan bakar yang baik untuk tubuh sebelum berlari.

3. Lakukan variasi
5-hal-yang-harus-diketahui-pelari-pemula_lakukan-variasi
Setelah bisa berlari nonstop selama 30 menit, Anda perlu tantangan baru. Berlari dengan kecepatan sama di rute yang sama akan menimbulkan kebosanan serta stagnansi penurunan berat badan. Jika biasanya Anda berlari di atas treadmill, coba berlari di luar ruangan. Medan yang beragam dapat memperkuat otot-otot yang biasanya tidak terolah saat berlari di atas treadmill. Perhatikan keselamatan dan keamanan saat Anda berlari di luar ruangan. Jika anda berlari ketika malam hari, gunakan pakaian yang terang agar mudah terlihat oleh pengendara.

4. Tentukan tujuan
5-hal-yang-harus-diketahui-pelari-pemula_tentukan-tujuan
Tujuan atau target diperlukan untuk membuat Anda selalu termotivasi berlatih. Anda akan lebih mudah melakukan latihan jika memiliki tujuan yang jelas dan realistis, misalnya “Saya ingin mengikuti lomba 5K pada waktu enam bulan ke depan” atau “Saya ingin menghilangkan 5 kilogram dari bobot sekarang”. Kendati demikian, sebaiknya jangan memilih satu tujuan saja karena Anda akan lebih mudah patah semangat jika hasilnya tidak tercapai dalam waktu singkat.

5. Pertahankan semangat
5-hal-yang-harus-diketahui-pelari-pemula_pertahankan-semangat
Tidak ada rahasia khusus untuk menjadi pelari. Anda hanya perlu memiliki tekad bulat dan kedisiplinan untuk terus berlatih. Ikuti jadwal latihan yang Anda buat sendiri. Ingat kembali tujuan dan target yang Anda harapkan sehingga memompa semangat Anda untuk terus berlatih. Meski terdengar sepele dan biasa saja, namun hal inilah yang paling penting.церковь возрождениемас кисти для макияжаenglish to spanish legal terms