5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Sumpit | 5berita.com
5-hal-yang-harus-kamu-tahu-tentang-sumpit

5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Sumpit

Sumpit adalah alat makan yang berasal China dan marak digunakan di asia timur seperti Jepang, Korea, dan China. Kepopuleran sumpit dimulai sejak kuliner sushi dari Jepang dan juga mie dari China yang merambah dunia kuliner internasional.

Meski sudah mendunia, ternyata masih banyak orang yang tidak tahu cara menggunakan sumpit yang benar, serta etika – etika yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat menggunakan sumpit. Oleh karena itu berikut adalah 5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Sumpit yang dikutip dari pegikuliner:

1. Jangan Menganggap Semua Sumpit Sama
Beda negara beda pula sumpitnya. Setiap negara punya bahan pembuat dan juga bentuk sumpitnya masing-masing. Coba kamu perhatikan, sumpit dengan ujung yang mengecil merupakan ciri khas sumpit dari Jepang karena masyarakat Jepang biasanya memiliki tekstur nasi yang lebih lengket. Sedangkan sumpit China memiliki bentuk yang sedikit rata dari bagian atas sampai bawah. Sumpit ini ideal digunakan untuk mengambil makanan-makanan yang berukuran cukup besar.

2. Jangan Berasumsi Kalau Semua Orang Asia Bisa Gunakan Sumpit
Banyak orang barat yang berpikir kalau semua orang Asia makan dengan sumpit. Hal itu salah besar. Aslinya sumpit digunakan sebagai alat makan utama di empat negara Asia ini, yaitu China, Jepang, Korea dan Vietnam. Sedangkan untuk negara-negara Asia lainnya seperti, Filipina, Singapura, Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, menggunakan sendok garpu untuk makan.

3. Jangan Tancapkan Sumpit Secara Tegak Lurus di Atas Nasi
Hal yang satu ini tentunya tidak asing lagi. Menancapkan sumpit tegak lurus di atas nasi ini mirip seperti alat penghormatan dan dupa untuk orang meninggal. Aturan ini merupakan tata cara upacara pemakaman Budha. Aturan seperti ini sangat kental di China dan Jepang.

4. Jangan Menggunakan Sumpit untuk Menunjuk Orang
Menunjuk orang dengan sumpit dianggap sangat tidak sopan, terutama kamu lakukan pada orang yang lebih tua. Menunjuk dengan jari saja sudah tidak sopan, apalagi dengan sumpit. Jika ingin menunjuk orang, maka letakkan dulu sumpitmu, baru menunjuk orang dengan telapak tangan seperti sedang mempersilahkan. Hal tersebut baru dianggap sopan.

5. Jangan Menggunakan Sumpit yang Sama
Nah, kamu harus menggunakan sumpit yang berbeda untuk mengambil makanan seperti lauk pauk dan untuk makan. Jangan gunakan sumpit yang sama untuk mengambil makanan dan makan. Hal ini bisa dianggap jorok dan tidak sopan karena sumpit untuk makan pasti terkena air liur kamu.