5 Hal Yang Sebaiknya Anda Hindari Sebelum tidur | 5berita.com
5-hal-yang-sebaiknya-anda-hindari-sebelum-tidur_tinggalkan-berfikir-kerjaan

5 Hal Yang Sebaiknya Anda Hindari Sebelum tidur

Setelah bekerja seharian, tentu tubuh membutuhkan istirahat. Istirahat yang paling baik dan penting adalah tidur, karena saat tidur kita mengistirahatkan seluruh organ – organ tubuh, namun untuk memperoleh hasil istirahat yang baik ada beberapa hal yang kita harus hindari agar kualitas tidur kita menjadi baik, berikut adalah 5 Hal Yang Sebaiknya Anda Hindari Sebelum tidur :

1. Tinggalkan Semua jenis elekronik
5-hal-yang-sebaiknya-anda-hindari-sebelum-tidur_tinggalkan-gadget-anda
Saat beranjak menuju tempat tidur, usahakan jauhkan dan tinggalkan semua jenis elektronik yang melekat ditubuh, berada didekat tubuh. Salah satu contoh alat elektronik yang biasa menemani tidur adalah telephone baik itu yang masih jadul hingga yang smartphone. Pastinya smartphone adalah salah satu yang paling favorit disini karena mempunyai banyak fungsi seperti bisa membuka jejaring social facebook, path, instagram, dll. Terlebih lagi banyak sekali orang yang terbiasa tidur menggunakan handphone dengan tujuan alarm supaya bisa bangun tepat waktu. Namun sebaiknya kalian mulai jauhkan dari tempat anda tidur, paling tidak sejauh 2-4 meter.

Penelitian kesehatan menyebutkan bahwa bunyi hp akan mengganggu tidur malam dan cahaya yang terpancar, radiasi yang ada akan mengganggu produksi hormone melatonin atau hormone tidur. Pastinya hasilnya adalah anda sukar tidur.

Satu hal lagi, jika kita baru bangun tidur, usahakanlah untuk tidak bergegas membuka/melihat ponsel kita, akan lebih baik untuk merileksasi pikiran terlebih dahulu, minum air putih, bahkan sarapan dan mandi terlebih dahulu akan membuat hari anda menjadi lebih baik.

2. Tinggalkan Berfikir kerja
5-hal-yang-sebaiknya-anda-hindari-sebelum-tidur_tinggalkan-berfikir-kerjaan
Pada saat dirumah terkadang pekerjaan di kantor masih tetap dilanjutkan dirumah, terlebih lagi bukan ditempat kerja pribadi namun di atas tempat tidur. Tinggalkan untuk sementara semua pekerjaan tersebut karena otak yang masih bekerja membuat anda tidak bisa relax dan akhirnya tertidur. Kalaupun anda tertidur dalam kondisi masih memikirkan tentang pekerjaan anda, maka otak yang seharusnya beristirahat menjadi tetap bekerja dan hal ini tentunya membuat istirahat kita kurang maksimal.

3. jauhkan Hewan kesayangan
5-hal-yang-sebaiknya-anda-hindari-sebelum-tidur_jangan-tidur-bareng-hewan-peliharaan
Kenyaatan yang sering terjadi dan tentunya jika anda penggemar “pets” adalah hewan peliharaan akan dibawa ke tempat istirahat, terlebih lagi tempat tidur sebagai contoh umum adalah kucing dan anjing. Jangan lakukan hal tersebut karena hewan hewan mempunyai “animal instinct” yaitu akan terbangun dan melakukan aktifitas di malam hari. Hasilnya tidur anda akan tergangu dan tidak mendapatkan istirahat yang berkualitas.

Dari segi kesehatan, bulu bulu dari binatang binatang tersebut juga bermasalah bagi anda yang alergi terhadap bulu, meskipun anda menyukainya. Jika sudah masuk hidung hasilnya akan sangat merugikan anda karena paling kecil akibatnya adalah bersin bersin dan bahkan bisa menyebabkan radang paru paru.

4. Hindari Makanan ringan
5-hal-yang-sebaiknya-anda-hindari-sebelum-tidur_ngemil-sebelum-tidur
Sering kali orang makan makanan ringan sembari tiduran di kamar dengan menonton televisi. Memang mengasikkan makan cemilan sambil nonton televise sambil menunggu mata mengantuk bukan, namun ternyata dengan mengemil saat mau tidur akan berdampak yang tidak baik bagi kesehatan. Salah satu dampak adalah kegemukan dikarenakan cemilan cemilan tersebut mengandung banyak sekali lemak, dst. Terlebih lagi kenyataannya dengan makan makanan ringan menjelang tidur, tentu kita cenderung malas untuk membersihkannya bukan? Nah akibatnya akan mengundang kecoa dan semut yang nantinya menggangu kualitas tidur anda. Selain itu organ – organ dalam kita yang seharusnya mendetoksifikasi tubuh menjadi tidak maksimal karena masih harus memproses makanan yang masuk.

5. Hindari Membaca Buku
5-hal-yang-sebaiknya-anda-hindari-sebelum-tidur_hindari-membaca-sebelum-tidur
Terkadang membaca buku bisa membuat mata kita cepat mengantuk, namun ternyata sebelum tidur membaca buku hanya akan membuat kualitas tidur kita menjadi menurun, penyebabnya hampir sama dengan memikirkan pekerjaan, membaca buku hingga tertidur akan membuat otak kita terus mengolah apa yang kita pikirkan sebelumnya, jadi ada baiknya rileksasikan dahulu tubuh dan pikiran anda sebelum tidur. Bahkan banyak ahli tidur menjelaskan sebaiknya hal yang kita lakukan ditempat tidur hanyalah untuk tidur dan aktifitas seksual saja.

Kesimpulan dari artikel 5 hal yang wajib dihindari saat tidur adalah inti tujuan tidur adalah beristirahat. Gunakan waktu istirahat seefektif mungkin dengan menghindari hal hal yang akan mengurangi kualitas tidur itu sendiri. Semoga bermanfaat.