5 Hewan Laut Yang Seperti Dari Planet Lain | 5berita.com
5-hewan-laut-yang-seperti-dari-planet-lain_atolla-jellyfish

5 Hewan Laut Yang Seperti Dari Planet Lain

Laut adalah salah satu tempat yang belum dapat dijamah oleh manusia sepenuhnya, meski teknologi yang ada saat ini sudah sangat berkembang, namun nyatanya laut masih menyimpan banyak misteri yang belum terungkap. Hingga kini manusia terus mencoba mengungkap misteri yang ada dibawah laut, meski belum mampu mengunggkap semua, namun beberapa hal sudah terungkap, salah satunya adalah hewan  – hewan unik yang seperti hewan dari planet lain, berikut adalah 5 Hewan Laut Yang Seperti Dari Planet Lain :

1. Ubur-ubur Atolla
5-hewan-laut-yang-seperti-dari-planet-lain_atolla-jellyfish
Ubur-ubur Atolla atau Atolla Jellyfish merupakan spesies ubur-ubur yang cukup umum dan dapat ditemukan di hampir seluruh lautan di Bumi. Namun, mungkin cukup sulit untuk menemukan ubur-ubur ini karena ia hidup di kedalaman 700 meter di bawah permukaan laut. Layaknya makhluk laut dalam lainnya, ubur-ubur ini memiliki sifat bioluminescent (bercahaya di kegelapan).

Namun sifat ini tidak dijadikan senjata untuk menangkap mangsa layaknya anglerfish, melainkan untuk kabur dari para pemangsanya. Ubur-ubur ini juga memiliki satu tentakel panjang yang digunakan untuk menangkap mangsa.

2. Anglerfish
5-hewan-laut-yang-seperti-dari-planet-lain_Anglerfish
Anglerfish, Ikan ini terkenal saat masuk dalam karakter film animasi “Finding Nemo” yang popular tahun 2003. Habitatnya di Samudra Arktik, Samudra Pasifik, Samudra Hindia, Samudra Atlantik, dan Laut Mediterania. Ikan karnivora dari ordo Lophiiformes ini terlihat mencolok dengan bagian kepala yang besar dan lebar, serta mulut besar bergigi runcing.

Ikan ini mempunyai organ bercahaya yang menggantung di atas mulutnya guna menarik perhatian mangsanya agar mendekat. Inilah alasan mengapa ia dinamakan Anglerfish atau ikan pemancing.

3. Naga Hitam Pasifik
5-hewan-laut-yang-seperti-dari-planet-lain_naga-hitam-pasifik
Naga Hitam Pasifik adalah ikan yang bentuknya panjang seperti ular. Yang betina panjangnya bisa mencapai setengah meter. Ikan jantan ukurannya lebih kecil, hanya sekitar 8 cm. Tinggalnya di dasar Samudra Pasifik. Makanan kesukaannya adalah ikan-ikan yang bercahaya. Ketika ikan bernama latin Idiacanthus antrostomus ini memangsa ikan bercahaya itu, maka sekitarnya akan menjadi gelap.

O ya, ikan-ikan bercahaya biasanya masih tetap mengeluarkan cahaya beberapa saat setelah mati. Kebanyakan pemangsa ikan bercahaya perutnya ikut terlihat berpendar karena ada sumber cahaya di dalamnya. Namun itu tidak terjadi pada Naga Hitam Pasifik. Ada zat yang melapisi perutnya sehingga tidak ada cahaya yang keluar. Itulah yang menyebabkan ikan ini dinamakan naga hitam.

Ikan ini tidak selalu berada di dasar laut. Kadang-kadang, Naga Hitam Pasifik naik ke permukaan laut dan terlihat oleh beberapa orang. Kemunculannya menjadi mitos dan cerita rakyat di beberapa tempat. Cerita-cerita tentang naga laut yang menyeramkan kemungkinan karena ada yang melihat penampakan ikan naga hitam ini.

4. Giant Siphonophore
5-hewan-laut-yang-seperti-dari-planet-lain_giant-siphonophore
Mungkin saat pertama kali melihat hewan yang satu ini, kita mengira hewan ini adalah alien yang berasal dari planet lain. Namun sebenarnya, makhluk ini merupakan hewan yang termasuk ke dalam kelas Hydrozoa dan termasuk filum Cnidaria. Hewan aneh ini hidup di laut dalam dan dapat tumbuh hingga 40 meter panjangnya yang menjadikannya sebagai hewan terpanjang di bumi. Lebih panjang daripada paus biru, vertebrata terbesar di dunia.

Namun sejatinya hewan ini bukanlah satu ekor individu, melainkan sebuah koloni dari jutaan makhluk yang disebut zooids. Setiap kelompok dari zooids tersebut memiliki tugas yang berbeda-beda, namun pada saat mereka berkerja sama, mereka akan seperti satu organisme individu. Karena mereka hidup berkilo-kilometer di bawah permukaan laut yang memiliki tekanan air yang sangat kuat, hewan ini sangat sulit sekali untuk di pelajari. Pada saat hewan ini diangkat ke permukaan, mereka akan meletus layaknya balon karena berkurangnya tekanan.

5. Cacing Bobbit
5-hewan-laut-yang-seperti-dari-planet-lain_cacing-bobbit
Hewan terakhir merupakan makhluk yang paling aneh dan sekaligus menjijikan, dan juga yang paling mirip alien daripada hewan-hewan di atas. Cacing Bobbit (Eunice aphroditois) merupakan spesies unik dan aneh yang mungkin dapat dikatakan sebagai gabungan dari makhluk-makhluk aneh dari film Hollywood dengan sedikit sentuhan pelangi.

Mereka berburu dengan cara mengubur sebagian tubuhnya dan langsung menyerang ketika mangsa tersebut lewat tanpa sadar. Mereka dapat tumbuh hingga 3 meter panjangnya dan hidup di dasar laut. Kebanyakan dari mereka tidak ditemukan di lautan bebas melainkan secara tidak sengaja ditemukan di akuarium air asin.создать сайт в гуглезащита информации лекциилобановский александрdeeo