5 Hewan Tercepat di Darat | 5berita.com
5-hewan-tercepat-di-darat_cheetah

5 Hewan Tercepat di Darat

Setiap makhluk pasti memiliki keunikan masing – masing. Keunikan ini adalah salah satu cara suatu makhluk untuk bertahan hidup. Entah sebagai predator maupun sebagai mangsa. Salah satu kemampuan unik hewan adalah kemampuannya untuk berlari, kemampuan ini sangat diperlukan untuk mengejar mangsa(predator) maupun untuk melarikan diri dari sang predator. Berikit adalah 5 Hewan Tercepat di Darat :

 

5 Hewan Tercepat di Darat

1. Cheetah

5-hewan-tercepat-di-darat_cheetah

Berbagai tes dan studi selama bertahun-tahun telah memberikan hasil yang bervariasi untuk kecepatan tertinggi pada cheetah. Cheetah di alam liar mampu mencatat kecepatan tertinggi, 149 km/Jam. Namun sekarang ini dikarenakan degradasi lahan, cheetah hanya mampu mencapai kecepatan sekitar 112 km/Jam.
Cakar pada cheetah memberikan mereka pegangan yang kuat selama berlari. Selain itu, lubang hidung cheetah yang membesar, jantung, dan paru-paru berfungsi bersama-sama untuk memungkinkan peningkatan konsumsi oksigen dan sirkulasi yang efisien. Ini akan membantu cheetah dalam pengejaran berkecepatan tinggi. Namun, cheetah tidak dapat mempertahankan kecepatan tersebut dengan lama dan hanya sekitar 500 m.

2. Pronghorn/ kijang

5-hewan-tercepat-di-darat_pronghorn

Pada posisi kedua ditempati oleh pronghorn. Hewan ini menyerupai antelop, oleh karena itu pronghorn juga dikenal dengan kijang. Pronghorn ini dianggap sebagai mamalia darat tercepat di belahan barat dan dapat berjalan sangat cepat. Kecepatan tertinggi telah tercatat sekitar 98,1 km/Jam. Meskipun tidak bisa lari lebih cepat dari cheetah, tapi bagaimanapun dia mampu mempertahankan kecepatan untuk durasi yang lebih lama, tidak seperti cheetah yang hanya mampu untuk membuat sprint dengan kecepatan tinggi namun jarak pendek. Pronghorn dikatakan telah berevolusi menjadi binatang tercepat sehingga bisa menyelamatkan diri dari predator.

3. Antelope

5-hewan-tercepat-di-darat_antelope

Si ramping berleher panjang dengan warna coklat dan putih ini berada pada kecepatan tertingginya yaitu 93,3 km/Jam. Binatang dari Afrika Selatan ini sangat lincah dan dapat dengan mudah berlari lebih cepat dari predator. Namun, ada 2 jenis antelope yang membedakan kemampuannya, antara antelope yang mampu berlari cepat dan antelope yang mampu untuk melompat. Antelope yang suka melompat mampu untuk melompat setinggi 3-4 meter.

4. Rusa kutub

5-hewan-tercepat-di-darat_rusa-kutub

Ada dua jenis rusa kutub, yaitu hitam dan biru. Yang paling mencolok dalam perbedaan mereka terlihat dari tanduk dan bulu mereka. Spesies ini dijuluki sebagai pelari yang sangat cepat dan juga mempunyai stamina kuat. Kecepatan tertinggi rusa kutub berkisar 90,1 km/Jam. Rusa kutub ini sering menjadi incaran cheetah, singa, hyena, bahkan buaya. Namun, rusa kutub mampu berlari lebih cepat dan juga menakut-nakuti predator.

5. Gazelle Thomson

5-hewan-tercepat-di-darat_gazelle

Salah satu rusa yang paling terkenal di Afrika Timur adalah gazelle thomson yang mampu berlari dengan kecepatan 85,2 km/Jam. Rusa ini meskipun kecil namun bergerak sangat lincah dan dapat berlari lebih cepat dari predator seperti macan tutul, hyena, dan singa, dengan berjalan sangat cepat dan dengan cara zigzag. Kemampuan berlari dengan cara zigzag ini membantu melarikan diri dari predator. Sebuah taktik untuk menangkal atau menakut-nakuti predator adalah dengan melakukan lompatan tinggi ke udara.лобановский депутатзакрытый синус лифтингдетская пирамидка купитьскидки на ноутбуки в москве


TAG