5 Ikan Tercepat di Dunia | 5berita.com
5-ikan-tercepat-di-dunia_wahoo

5 Ikan Tercepat di Dunia

Ada Hewan Tercepat di darat, ada hewan tercepat di udara, maka pasti ada juga ikan tercepat di air. Meskipun bergerak di dalam air, ternyata ikan – ikan berikut ini tetap memiliki kecepatan yang luarbiasa. Berikut adalah 5 Ikan Tercepat di Dunia:

 

5. Barracuda, 58 km/jam

5-ikan-tercepat-di-dunia_barracuda
Ikan yang tergolong dalam kelas Actinopterygii ini adalah ikan yang dikenal dengan wujud menyeramkan dan berukuburan besar dan panjang, yaitu dengan panjang 6 kaki (180 cm) dan leabr tubuh 1 kaki (30 cm). Tubuhnya yang panjang ditutupi oleh sisik. yang halus berwarna keperakan. Ikan karnivora ini dapat ditemukan di perairan atau samudera bersuhu tropis dan subtropis di seluruh dunia. Barracuda hidup di sekitar batu karang dan laut lepas. Ikan yang kadang-kadang bersifat memakan sejenisnya (kanibal) ini adalah pemangsa yang rakus dan berburu secara diam di tempat dan kemudia menyerang dengan tiba-tiba. Walaupun kecepatannya tinggi, saat menangkap mangsanya barracuda hanya menggunakan kecepatannya mencapai 43 km / jam. Barakuda adalah anggota genus Sphyraena, satu-satu dalam familia Sphyraenidae. Bagi para penyelam, barakuda dikenal berbahaya dan jika ia diganggu akan menyerang. Barakuda sangat tertarik pada benda-benda yang berkilat, sehingga jika seorang penyelam membawa benda yang berkilat, kemungkinan barakuda akan menyerang. Barakuda adalah salah satu ikan air asin yang sudah dikenal dengan akselerasi berenangnya.

 

4. Bonefish, 64 km/jam

5-ikan-tercepat-di-dunia_bonefish
Ikan yang juga disebut bandeng tikus ini species ikan yang membuat para fly fisherman dari berbagai penjuru dunia menjadi tergila-gila, karena selain ikan ini dikenal kuat, bonefish juga dikenal cepat. Bonefish dapat tumbuh hingga panjang 104 cm dan berat 10 kg.

 

3. Great Blue Shark 69km/jam

5-ikan-tercepat-di-dunia_great-blue-shark
Ikan karnivora yang termasuk dalam famili carcharinidae ini adalah ikan hiu yang mendiami lautan beriklim tropis hampir di seluruh belahan dunia. Hiu biru lebih suka air bersuhu dingin, karena itu pada saat ikan ini merasa suhunya tidak sesuai, mereka akan bermigrasi ke wilayah dengan suhu yang lebih dingin, seperti di perairan England dan Amerika Selatan. Meskipun hiu biru adalah ikan yang tenang, tetapi ikan ini dapat berenang dengan kecepatan tinggi. Hiu biru dapat ditemui bersama dengan gerombolannya, itulah penyebabnya karena mereka dijuluki “serigala lautan”. Walaupun berkelompok, hiu biru jantan adalah ikan yang hidup soliter. Tidak seperti ikan lainnya yang bertelur, hiu biru adalah salah satu dari sekian banyak ikan yang berkembang biak dengan cara melahirkan atau dapat dikenal dengan nama vivipar. Sesuai namanya, hiu biru memiliki warna dominan yaitu biru, sedangkan bagian bawahnya berwarna putih. Panjang ikan yang memakan ikan yang lebih kecil dan cumi-cumi ini hampir mencapai 4 meter (13 kaki), dengan berat maksimum 204 kg (450 lb), sedangkan berat tertinggi dilaporkan mencapai 391 kg (862 lb). Sama seperti tuna, hiu biru adalah ikan epipelagic, ikan yang mendiami perairan dangkal di lepas pantai setiap benua, kecuali Antartika. Seperti hiu yang lain, hiu biru adalah ikan yang terancam punah karena banyaknya perburuan.

 

2. Wahoo 78 km/jam

5-ikan-tercepat-di-dunia_wahoo

Wahoo adalah sejenis ikan pemangsa (pelagic) yang dapat hidup sendiri-sendiri maupun berkelompok. Mereka biasanya hidup di tubiran-tubiran karang, dan bermigrasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Wahoo tidak memiliki tempat hidup yang tetap, tetapi mereka akan selalu bermigrasi di tempat-tempat yang gampang bagi mereka untuk mendapakan makannan. Wahoo selalu memangsa ikan-ikan yang berukuran lebih kecil dari mereka. Saya pernah membaca tentang seorang pemancing yang menemukan baby dolphin utuh di perut seekor Wahoo ukuran 30 Kg. Wahoo termasuk pemangsa yang akan memakan utuh mangsanya tanpa mengunyahnya terlebih dahulu.

Wahoo adalah ikan yang terkenal dengan kecepatnya. Beberapa akhli perikanan memperkirakan kecepatan berenang Wahoo dapat mencapai 78km/ jam atau lebih. Hal ini disebabkan karena bentuk aerodynamic ikan ini (seperti sebuah rudal pesawat) yang mengurangi faktor resistansi air. Dalam kondisi tertentu (mengejar mangsa atau dalam keadaan terancam), Wahoo dapat melipat sirip-siripnya untuk mencapai kecepatan lebih tinggi. Beberapa pemancing pasti pernah melihat Wahoo yang ‘terbang’ atau ‘loncat’ dari dalam air. Hal ini bisanya terjadi ketika mereka mengejar umpan dari kedalam laut, dengan kecepatan penuh, tanpa ada usaha pengereman. Ketika mereka ‘miss’ umpan yang diincar maka mereka akan terbang keluar dari laut.

Wahoo adalah dari family Scombridae atau family ikan tuna

 

1. Black Marlin 130 km/jam

5-ikan-tercepat-di-dunia_black-marlin
Black marlin (Istiompax indica) adalah spesies marlin yang ditemukan di daerah tropis dan subtropis Indo-Pasifik dan Pasifik timur Samudra dari dekat permukaan hingga kedalaman 915 m (3.002 kaki). Ini adalah golongan ikan komersial yang besar dengan panjang yang mencapai maksimal 4,65 m dan berat 750 kg . Ini adalah salah satu marlins terbesar dan. Marlin ini adalah salah satu ikan tercepat, mencapai kecepatan hingga 80 mph (130 km / jam). Ikan ini sangat langka dan berharga jika tertangkap.

Karakteristik
Dibandingkan dengan marlins putih, marlins hitam lebih solid daripada rekan-rekan mereka biru. Mereka memiliki sirip punggung lebih rendah. Mereka juga satu-satunya marlin dari keluarga yang memiliki sirip dada yang kaku tidak dapat ditekan rata terhadap tubuh besar mereka. Pada tahun 2010, Greenpeace International menambahkan marlin hitam untuk tidak di lakukan penangkapan lagi.

Habitat
Banyak orang melihat marlin hitam sebagai ikan permainan utama untuk olahraga mancing. Karena ukuran dan fisik mereka, marlins ini populer di kalangan streker pemancing. Penelitian di lepas pantai Australia menunjukkan makhluk besar jauh lebih mudah untuk menangkap sekitar bulan purnama dan seminggu setelah itu karena mangsanya pindah ke lapisan permukaan, yang pada gilirannya memaksa marlin untuk berburu di daerah yang lebih luas.

Biologi
Spesies yang lebih besar termasuk marlin biru Atlantik, Makaira nigricans, yang bisa mencapai 5 m (16,4 ft) panjang dan 818 kg berat dan marlin hitam, Istiompax indica, yang bisa mencapai lebih dari 5 m (16,4 ft) panjang dan 670 kg berat. Mereka adalah ikan olahraga populer di daerah tropis.

Ada Juga Sailfish yang masih satu keluarga dengan black marlin, dengan kecepatan 110 km/jam, pokonya semua keluarga marlin adalah perenang yang cepat.профессиональный наборигры для девочек кухнирасчет ламинатаотзывы полигон


TAG