5 Kebun Binatang Yang Aneh | 5berita.com
5-kebun-binatang-yang-aneh_mahra-land-zoo

5 Kebun Binatang Yang Aneh

Umumnya setiap tempat pasti memiliki keunikan tersendiri yang membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya, entah secara alami atau memang sengaja dibuat, beberapa tempat hiburan adalah tempat yang paling sering membuat keunikan tersendiri agar dapat menarik para pengunjungnya, salah satunya adalah kebun binatang, jika pada umumnya keunikan kebun binatang adalah dari segi spesies hewan yang mereka miliki, lain halnya dengan 5 kebun binatang berikut ini.

5 Kebun Binatang Yang Aneh :

1. Bronx Zoo: Mengkandangkan pria Kongo

Pada 1906, Ota Benga pria dari suku asli Kongo dibawa ke Amerika Serikat untuk dipertontonkan dalam pameran World’s Fair. Karena eksotis, Ota Benga diminta tinggal di Bronx Zoo diurus oleh William Hornaday, pengurus hewan di kebun binatang.

Benga rupanya senang bermain dengan monyet seperti di negeri asalnya. Pengurus kebun binatang lantas membuatkan Benga gubuk di dalam kandang orangutan dan Benga tinggal di dalamnya. Bronx Zoo secara faktual sebenarnya mengkandangkan Ota Benga. Reaksi publik? Tentu saja protes dengan tudingan Bronx Zoo bersikap rasis.

2. London Zoo: Kandang manusia
5-kebun-binatang-yang-aneh_london-zoo
Kejadian ala Ota Benga berulang di London Zoo, London, Inggris tahun 2005. Mereka menyajikan kandang berisi manusia untuk menarik perhatian pengunjung.

Namun tidak ada yang rasis di sini, karena penghuni kandanganya adalah aktor yang dibayar. Mereka memakai baju ala Tarzan agar bertema rimba. Meski demikian, pengunjung rasanya malah seperti melihat penjara karena ada manusia di balik jeruji besi. Sebuah perusahaan asuransi akhirnya meminta London Zoo menghentikan atraksi kandang manusia ini.

3. Ueno Zoo: Simulasi serangan hewan
5-kebun-binatang-yang-aneh_ueno-zoo
Latihan tanggap darurat sih sah-sah saja dilakukan. Tapi mungkin Ueno Zoo di Tokyo, Jepang agak lebay. Mereka pernah menggelar simulasi tanggap darurat dengan tema: Serangan Hewan!

Skenarionya, bagaimana kalau ada hewan-hewan buas yang kabur dari kandang. Bagaimana menyelamatkan para turis dari kebun binatang? Begitulah kira-kira latihan tanggap darurat ini. Tenang saja, tidak ada hewan sungguhan di sini, melainkan para pegawai kebun binatang memakai kostum hewan.

Jadilah akhirnya ada ‘gorila’ lepas, kemudian datang truk berisi para pegawai kebun binatang dengan senjata bius. Si gorila pingsan lalu dibungkus jaring dan diamankan. Aksi ini ditonton oleh anak-anak pengunjung kebun binatang. Lucu, seru, tapi aneh tidak sih?

4. Marah Land Zoo: Atraksi hewan palsu
5-kebun-binatang-yang-aneh_mahra-land-zoo
Marah Land Zoo adalah kebun binatang milik Palestina di Jalur Gaza. Israel memblokade kawasan ini dari berbagai sudut. Kontak senjata bisa terjadi kapan saja. Namun semangat orang Palestina untuk bertahan hidup patut diacungi jempol.

Nah, bagaimana sebuah kebun binatang di negeri dengan konflik bersenjata harus bertahan hidup dan menarik perhatian pengunjung? Coba tanya Ahmed Berghat, sang pemilik Marah Land Zoo. Pertama-tama, dia menyelundupkan hewan lewat terowongan bawah tanah.

Namun akhirnya upaya itu sulit juga. Akhirnya… Berghat membuat variasi hewan koleksi Marah Land Zoo dengan mendandani mereka. Keledai didandani jadi Zebra, kucing hutan yang besar didandani jadi Puma.

“Rambutnya kami potong dan kami warnai belang-belang hitam putih. Anak-anak menyukainya,” kata Berghat. Untuk situasi darurat seperti di Palestina, sepertinya dunia memaklumi kalau ada kebun binatang dengan hewan palsu.

5. Kisangani Zoo: Pameran hewan mati
5-kebun-binatang-yang-aneh_kisangani-zoo
Kelaparan melanda Zaire, ekonominya hancur lebur. Lantas bagaimana mengurus kebun binatang dalam kondisi seperti ini. Bayangkan saja singa di Kisangani Zoo diberi makan daging kambing sementara pengunjung kebun binatangnya saja tidak makan apa-apa selama beberapa hari.

Akhirnya, hewan kebun binatang pun dimakan! Pengelola kebun binatang pernah mendapati sepasukan tentara membunuh dan memakan gajah milik mereka. Sementara beberapa hewan lain kabur. Kisangani Zoo kini tidak punya hewan, namun tetap buka untuk pengunjung.

Pemandu akan menunjukan kandang berisi tulang belulang hewan kepada wisatawan, sambil bercerita,” Jadi dulu kami punya simpanse, lalu dia mati kelaparan…” Sungguh Menyedihkan…вопросы для спрашивай руdocsvision скачатьВзломать вк программанабор для укладки ламината цена