5 Kekuatan Uang Koin Yang Tidak Kamu Sadari | 5berita.com
5-kekuatan-uang-koin-yang-tidak-kamu-sadari_alat-penentu

5 Kekuatan Uang Koin Yang Tidak Kamu Sadari

Dizaman sekarang ini banyak masyarakat yang sudah jarang menggunakan uang koin, karena nominalnya yang terbilang kecil namun bisa menambah beban yang cukup besar jika dibandingkan dengan uang kertas. Alhasil uang koin seperti di anak tirikan dan dianggap tidak berharga. Percaya atau tidak, pengemis dan pengamen juga akan tersinggung kalau kamu memberikan uang koin senilai Rp200. Bahkan penjual akan cemberut jika kamu membeli dengan menggunakan uang koin.

Lalu apa gunanya memiliki uang koin kalau hanya akan teronggok begitu saja, itu akan sama halnya dengan bertambah tingginya harga suatu produk. Jika kamu diberikan uang kembalian berupa uang yang tidak kamu pakai lagi? bukankah itu sia – sia dan sama saja kamu tidak mendapatkan kembalian?

Padahal sekecil apapun nilai uang, tetaplah itu adalah uang yang apabila dikumpulkan akan mempunyai nilai tertentu dan dapat dibelanjakan. Nah, buat kamu yang selama ini agak memandang “sepele” pada uang pecahan logam, baiknya kamu mengetahui kalau uang koin Indonesia juga punya kekuatan yang selama ini tidak kamu bayangkan. Berikut adalah 5 Kekuatan Uang Koin Yang Tidak Kamu Sadari

1. Alat Belajar Menabung
5-kekuatan-uang-koin-yang-tidak-kamu-sadari_alat-belajar-menabung
Masih ingat saat kamu kecil dan diajarkan menabung oleh orang tua? Biasanya kamu akan menabung uang koin ke dalam celengan yang berupa plastik, kaleng atau dari tembikar. Kamu akan sangat bangga saat celengan itu menjadi berat dan sangat senang ketika celengan itu dibuka dan kamu bisa menghitung jumlah uang koin yang ada di dalam celengan itu. Koin memang menjadi sarana untuk kamu belajar menabung dan menghargai nilai uang sekecil apapun.

Atau ada juga yang menabungkan uang koin di kotak amal, supaya amalnya bertambah, buktinya banyak tuh kotak amal yang isinya dipenuhi dengan koin – koin. Hal ini masih baik jika niatnya memang amal, bukan karena untuk membuang uang koin yang memperberat kantongmu.

2. Alat Pembayaran yang Pas
5-kekuatan-uang-koin-yang-tidak-kamu-sadari_alat-pembayaran-yang-pas
Jangan berpikir kalau uang koin kamu tidak ada gunanya lagi. Masih banyak yang membutuhkan uang koin. Contohnya swalayan dan supermarket. Mereka akan senang kalau kamu mau menukarkan uang pecahan logam kamu ke mereka karena itu akan membantu mereka untuk memberikan uang kembalian yang pas kepada pembeli.

Kami sarankan juga untuk selalu membawa uang koin di dalam dompet dan memberikan uang pas saat membayar sesuatu. Dijamin kamu tidak akan mendapatkan permen sebagai ganti uang koin kamu. Ingat permen dan uang logam adalah hal yang berbeda.

Uang koin juga menjadi penolongmu saat kamu harus membayar sesuatu atau jasa yang membutuhkan nilai uang kecil misalnya untuk memberikan kepada tukang jaga perlintasan atau untuk tukang parkir di pertigaan jalan (Pak Ogah).

3. Alat Solidaritas
5-kekuatan-uang-koin-yang-tidak-kamu-sadari_sebagai-alat-solidaritas
Koin bisa digunakan untuk menunjukkan solidaritas pada orang lain. Masih ingat kasus Prita Mulyasari yang digugat oleh RS Omni International karena pencemaran nama baik. Saat itu Prita menulis kekecewaannya pada RS Omni dan kemudian dia digugat oleh RS tersebut untuk membayar ganti rugi pencemaran nama baik sebesar Rp204 juta. Masyarakat pun ramai-ramai membantu Prita dengan mengumpulkan koin dan terkumpullah uang sebesar Rp605 juta. Cukup besar bukan jumlah yang dikumpulkan dari koin!

Selain untuk Prita, koin keadilan juga sempat dikumpulkan untuk menyelamatkan TKI yang akan mengalami hukuman mati, serta untuk Tony Abbott yang saat itu minta Indonesia mengembalikan bantuan tsunami untuk Aceh karena Indonesia menolak menghentikan hukuman mati untuk dua terpidana asal Australia.

Uang koin sebagai alat solidaritas juga dianggap sebagai alat keadilan yang marak digunakan masyarakat Indonesia dengan ditambah mengunakan sosial media.

4. Alat Penentu
5-kekuatan-uang-koin-yang-tidak-kamu-sadari_alat-penentu
Kamu suka sepak bola? Atau permainan yang melibatkan dua tim? Biasanya pertandingan akan dimulai setelah wasit melemparkan koin untuk menentukan pihak mana yang akan memulainya. Menang atau tidaknya suatu tim terkadang tergantung dari pelemparan koin itu. Bukan hanya di dalam pertandingan sepakbola, di kehidupan sehari – haripun kita masih suka menggunakan koin untuk menentukan sesuatu.

5. Alat Kesehatan
5-kekuatan-uang-koin-yang-tidak-kamu-sadari_alat-kesehatan
Kalau kamu selalu masuk angin dan lebih percaya pada pengobatan tradisional ketimbang pengobatan modern? Itu berarti kamu akan bergantung pada uang koin. Cara ini dikenal juga juga dengan kerikan atau kerokan. Cara ini dianggap paling ampuh untuk menghadapi masuk angin, meskipun beberapa ahli kesehatan tidak membenarkan cara seperti ini.

Itulah beberapa kekuatan dari uang koin yang mungkin selama ini tidak kamu sadari.