5 Kendaraan tempur andalan Kopassus yang Membanggakan | 5berita.com
kendaraan kopassus 2015

5 Kendaraan tempur andalan Kopassus yang Membanggakan

Berita Unik, 5Berita.com – Keberadaan kendaraan tempur sangat berperan penting untuk mendukung pasukan yang terjun ke medan pertempuran. Selain berfungsi sebagai alat transportasi, kendaraan ini juga digunakan sebagai alat transportasi untuk berlindung dari serangan musuh.

Kepemilikan kendaraan tempur tak hanya diperuntukkan bagi pasukan reguler, sekelas pasukan elite seperti Komando Pasukan Khusus (Kopassus) juga membutuhkannya. Apalagi, dengan misi-misi yang tentunya amat khusus dan tertutup, membuat mereka harus bergerak cepat namun senyap.

Pergerakan dengan berjalan kaki menuju lokasi yang sangat jauh bisa membuat kondisi pasukan letih, tentunya kondisi ini membuat daya tempur melemah dan bukan tidak mungkin kalah di medan pertempuran. Untuk menghindari ini, Kopassus memilih lima kendaraan tempur untuk memperbesar data gebuk mereka terhadap musuh.

Berikut 5 Kendaraan tempur andalan Kopassus yang Membanggakan:

1. Casspir MK3

Casspir MK3 Kopassus 2015

Casspir MK3 Kopassus 2015

Garang dan sangar, itulah kesan pertama saat melihat kendaraan angkut personel buatan Afrika Selatan ini. Di era 1980an, kendaraan ini kerap kali dimunculkan dalam latar televisi di dunia, terutama pada masa pergolakan pemberontakan para pejuang apartheid di Afrika Selatan.

Casspir memiliki sejumlah keistimewaan, salah satunya dapat menahan ledakan ranjau anti-personel hingga anti-tank. Itulah alasan mengapa desain kendaraan dibentuk mirip huruf ‘V’. Sehingga tenaga ledakan bergerak menyamping, bukan diredam. Di AS, ranpur ini dikenal dengan buffalo.

2. Bushmaster PMV

Bushmaster PMV Kopassus 2015

Bushmaster PMV Kopassus 2015

Kndaraan tempur buatan Australia ini memiliki penampilan yang hampir sama dengan Casspir. Tak hanya itu, Bushmaster telah memiliki pengalaman tempur cukup baik di medan Afghanistan dan Irak.

Bushmaster memiliki sejumlah keunggulan, terutama lapisan baja yang terpasang di bodi kendaraan ini. Lapisan baja rantis ini dibuat dari bahan baja super keras dan diolah dengan metode desulfurisasi serta vacuum degassing untuk menghilangkan kandungan sulfur, hidrogen, oksigen, dan nitrogen sehingga mendapatkan molekul bisalloy. Alhasil, proyektil hingga kaliber 7,62 mm tidak akan mampu menembus lapisan bajanya, begitu pun lapisan kacanya.

3. Komodo

Komodo Kopassus 2015

Komodo Kopassus 2015

Komodo merupakan produk asli buatan PT Pindad Bandung. Salah satu produk karya anak negeri yang tak kalah dengan alutsista buatan luar negeri.

Sosok mobil lapis baja 4X4 ini nampak gagah, tak kalah dengan humvee buatan Amerika Serikat. Salah satu perwira Kopassus menyebut ranpur jenis ini cocok untuk operasi anti-terorisme, yakni penyerbuan gedung dan pesawat.

4. Flyer 4?4

Flyer 4?4 Kopassus

Flyer 4?4 Kopassus

ebagai satuan khusus, sudah barang tentu Kopassus membutuhkan kendaraan yang mampu memobilisasi pasukan dengan cepat. Alhasil, kendaraan taktis sangat diperlukan agar pergerakan dapat dilakukan secara tepat dan cepat, meski jumlah personelnya sedikit tapi mematikan.

Untuk menunjang misi tersebut, dipilihlah Flyer 44 buatan Australian Defence Industries. Berbeda dengan ranpur milik Kopassus lainnya, kendaraan ini menyerupai kendaraan taktis yang digunakan tim elite AS, Delta Force. Meski tidak memberikan perlindungan karena penampakannya yang serba terbuka, tapi seluruh penumpangnya bisa bergerak dengan bebas.

5.

Land Rover Defender

Land Rover Defender

Kontur alam Indonesia membuat Tentara Nasional Indonesia memilih mempergunakan Land Rover Defender untuk mengatasinya. Kendaraan 4×4 asal Inggris ini menjadi andalan ketika melintasi medan off road saat melintasi medan berlumpur, pasir hingga berbatu sekalipun.

Land Rover sendiri mengklaim, Defender memiliki kemampuan yang sangat kuat, sebab mulai dari mesin, kaki-kaki hingga bodi seluruhnya menggunakan alumunium. Spesifikasi yang disediakan juga disebut-sebut mumpuni untuk melintasi medan berat.

Baca Juga: