5 KUBURAN UNIK DAN SERAM YANG ADA DI DUNIA | 5berita.com
Valley of The Kings

5 KUBURAN UNIK DAN SERAM YANG ADA DI DUNIA

kebudayaan masing-masing daerah bisa dibilang sangat unik. Di setiap negara di berbagai belahan dunia manapun, Pasti punya adat dan budaya sendiri-sendiri salah satunya tempat pemakaman.

Tempat pemakaman ini dahulu kala memiliki berbagai ritual yang terkadang membuat jantung serasa mau copot karena saking seramnya.

Berikut 5 kuburan unik yang ada di dunia :

1. Valley of The Kings

Valley of The Kings

Valley of The Kings

Valley of The Kings atau lembah raja-raja adalah sebuah tempat pemakaman Tutankhamen yang sangat terkenal di Mesir, yang dibuka pada tahun 1922 oleh Howard Carter,

Seorang ahli kebudayaan ternama. Pada zaman dahulu, beredar isu kutukan yang berlaku bagi siapa saja yang membuka makam tersebut.

Jika ada yang ngeyel membuka tempat ini, maka satu per satu akan meninggal dengan berbagai alasan yang kadang nggak rasional.

2. Capuchin Catacombs of Palermo

Capuchin Catacombs of Palermo

Capuchin Catacombs of Palermo

Capuchin Catacombs of Palermo adalah sebuah bangunan biara termasuk area kuburan, yang di dalamnya bisa dibilang cukup unik, karena dengan upacara pemakaman yang aneh. Uniknya, prosesi upacara dari pemakaman yang berlokasi di sebuah daerah di Palermo, Italia ini tidak dilakukan dengan mengubur jenazah ke dalam tanah, tapi dengan melakukan proses pembalseman seperti mumi, kemudian dipakaikan pakaian layaknya manusia lalu jenazahnya kemudian digantung di dinding biara.

Para mumi ini juga bisa berganti pakaian lengkap seperti manusia yang masih hidup lho, bahkan pakaiannya pun bisa dibilang sangat trendi! Tapi gaya pemakaman ini cuma berlangsung sejak abad 16 sampai dengan abad ke 19 saja. Nggak sembarangan orang juga yang bisa dimakamkan dengan cara unik ini. Hanya orang-orang yang dianggap terkemuka serta memiliki jasa yang besar.

3. Tana Toraja

Tana Toraja

Tana Toraja

Salah satu warisan kebudayaan Indonesia ini bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara. Bahkan pemakaman Tana Toraja sendiri dianggap yang terunik di dunia dengan upacara pemakaman yang disebut Rambu Solo, dimana upacara pemakaman secara adat ini mewajibkan keluarga dari orang yang meninggal membuat pesta sebagai tanda penghormatan terakhir.

Rambu Solo sendiri nggak bisa sembarangan dilakukan. Ada sejumlah tingkatan, tergantung strata sosial almarhum dan keluarganya. Setelah itu, jenazah akan dibawa ke sebuah tebing khusus untuk dimakamkan. Biasanya sih disertai dengan patung sebagai simbol penggambaran sang jenazah yang disebut dengan Tau-tau. Apa yang unik? Jenazah di pemakaman Tana Toraja nggak tercium bau busuk sama sekali walaupun hanya diletakkan begitu saja. Ajaib!

4. Terracotta

Terracotta

Terracotta

Kasus tentara Terracotta ini mungkin menjadi kasus penggalian yang saat ini masih belum tuntas pengerjaannya. Sempat dilupakan dalam sejarah, lalu kemudian baru ditemukan kembali pada tahun 1974 yang lalu oleh Yang Peiyan serta beberapa petani lainnya yang sedang bekerja menggarap lahan.

Temuan ini juga akhirnya jadi pemecah misteri keberadaan makam Qin Shihuag, kaisar pertama di China yang pernah mempersatukan dataran China.

Tentara Terracotta ini sendiri cukup unik, sebab 8.000 patung pasukannya ini dibuat satu per satu sehingga tidak memiliki gambar wajah yang sama. Tujuannya untuk melindungi sang kaisar di alam baka.

5. Catacombs of Paris

Catacombs of Paris

Catacombs of Paris

Catacomb of Paris dianggap sebagai salah satu kuburan terunik di dunia karena bentuknya menyerupai lorong-lorong bawah tanah dengan ruangan-ruangan yang fungsinya bisa disesuaikan. Catacomb cukup terkenal di Paris karena ketika abad 1700-an, kota Paris terserang semacam penyakit mengerikan yang diakibatkan oleh pemakaman massal pada waktu itu.

Tulang belulang itu kemudian dipindahkan oleh sang penguasa kota ke dalam sejumlah lorong-lorong di kota Paris yang sudah tidak digunakan lagi. Tulang-tulang itu kemudian disusun sedemikian rupa, sehingga jika diukur panjangnya bisa mencapai 300 kilometer. Sayangnya pemerintah kota hanya memberikan sedikit akses ke Catacomb of Paris untuk tetap menjaga keaslian ruangan tersebut.