5 Kuil Kuno Yang Masih Berdiri Namun Terlupakan | 5berita.com
5-kuil-kuno-yang-masih-berdiri-namun-terlupakan_kuil-prasasti

5 Kuil Kuno Yang Masih Berdiri Namun Terlupakan

Kuil merupakan tempat pemujaan atau ibadah yang sangat penting pada zaman dahulu. Sejak zaman dahulu kala, tak terhitung berapa banyak jumlah kuil yang telah dibuat dan yang hancur, diantara banyaknya kuil yang pernah dibuat dari zaman dahulu, ternyata beberapa kuil tersebut masih tetap berdiri hingga saat ini dan dijadikan objek penelitian bagi para ahli – ahli sejarah ataupun para arkeolog.

Beberapa kuil dari zaman dahulu kini menjadi salah satu objek wisata yang cukup menarik para pengunjung yang penasaran akan kuil tersebut, entah dari sejarahnya ataupun dari bentuk kuil – kuil yang unik. Meski begitu ternyata ada juga kuil – kuil dari zaman dahulu yang terlupakan, seperti dikutip dari Listverse, berikut adalah 5 Kuil Kuno Yang Masih Berdiri Namun Terlupakan :

1. Kuil Dendur
5-kuil-kuno-yang-masih-berdiri-namun-terlupakan_kuil-dendur
Kuil Dendur adalah sebuah kuil Mesir yang saat ini berada di New York. Kuil ini dibangun di Mesir pada 15 SM silam, ketika masa pemerintahan Kaisar Romawi Augustus Caesar. Tahun 1965, kuil ini diberikan ke Amerika Serikat dan saat ini dipamerkan di Metropolitan Museum of Art. Kuil ini dibuat untuk menghormati Dewi Isis dan dua dewa lainnya, Harpocrates dan Osiris. Kuil ini juga dibuat untuk menghormati Peteese dan Pihor, anak-anak seorang kepala Nubian yang membantu orang-orang Romawi selama perang.

Dulunya, Kuil Dendur terletak di tepi Sungai Nil, dekat dengan kota Mesir bernama Tutzis. Kuil Dendur dan beberapa kuil lain dipindahkan dari situs aslinya untuk mencegah kerusakan karena air yang naik dari Danau Nasser. Sementara sebagian besar kuil lain hanya dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi, Mesir memutuskan untuk memberikan Kuil Dendur ke Amerika Serikat sebagai bentuk terima kasih lantaran membantu dengan proyek pemindahan kuil. Dendur dibongkar menjadi 642 blok yang berat keseluruhannya mencapai lebih dari 800 ton sebelum dikemas dalam 661 peti dan dikirim ke Amerika Serikat.

2. Kuil Varaha Cave
5-kuil-kuno-yang-masih-berdiri-namun-terlupakan_kuil-varaha-cave
Kuil Varaha Cave Temple di Mahabalipuram, India, dibangun langsung ke lereng gunung pada abad ketujuh. Kuil ini didedikasikan untuk Wisnu dan dibuat memiliki patung potongan batu Hindu paling rumit di dunia. Termasuk patung dua dimensi yang sangat rinci, yakni patung Lakshmi, Durga, dan Varaha, inkarnasi Wisnu berbentuk babi. Pilar kuil ini diukir agar terlihat seperti singa dan beberapa panelnya menunjukkan Varaha membawa Bhudevi, Dewi Bumi, keluar dari samudra. Selain itu, kuil ini juga memiliki patung Wisnu menyelamatkan Bumi dan beberapa patung lain seperti Durga, Gajalakshmi, dan banyak makhluk mitologi. Salah satunya menunjukkan Durga dan Trivikrama membunuh Mahishasura, setan dengan kepala kerbau dan tubuh manusia. Gajalakshmi juga digambarkan duduk di atas bunga teratai saat sedang dimandikan oleh gajah.

3. Kuil Great Plaza
5-kuil-kuno-yang-masih-berdiri-namun-terlupakan_kuil-great-plaza
The Great Plaza merupakan bangunan paling penting di Tikal, Guatemala. Kuil ini juga merupakan rumah bagi dua kuil-kuil Maya kuno yang disebut “Temple of the Great Jaguar” dan “Temple of the Mask”. Temple of the Great Jaguar dibangun oleh Ah Cacao, yang juga dikenal sebagai Jasaw Chan K’awiil. Ah kakao adalah pembawa Tikal kembali ke posisi semula sebagai wilayah yang makmur dan berkuasa setelah masa stagnan selama lebih dari 150 tahun, ketika tidak terdapat bangunan baru dan peristiwa penting untuk dicatat. Tidak seperti banyak bangunan lain di Tilak, Kuil Great Plaza dibangun dalam waktu yang singkat. Ah Cacao mampu menyelesaikan pembangunan Temple of the Mask, tetapi meninggalkan Temple of the Great Jaguar, yang menjadi tempat peristirahatan terakhirnya, untuk diselesaikan oleh anaknya. Masyarakat Maya Kuno percaya bahwa Temple of the Great Jaguar adalah pintu gerbang menuju dunia tempat orang-orang mati bersemayam. Ketika Ah Cacao meninggal, anaknya menguburkan Ah Cacao dengan tembikar, batu giok, dan kerang. Kemudian, ia membangun Temple of the Great Jaguar mengelilingi makam Ah Cacao. Pemakaman Ah Cacao ini memecahkan tradisi lantaran raja-raja Tilak biasanya dimakamkan di Akropolis Utara.

4. Kuil Asamai
5-kuil-kuno-yang-masih-berdiri-namun-terlupakan_Kuil_Asamai
Populasi Hindu Afganistan telah sangat berkurang dalam beberapa tahun terakhir karena adanya tekanan dari Mujahidin dan Taliban, yang memaksa mereka untuk melarikan diri ke India. Dalam sembilan tahun, jumlah populasi Hindu di Afganistan turun dari 20.000 keluarga menjadi 500 keluarga. Kuil Asamai di Kabul adalah salah satu dari beberapa kuil yang masih berdiri di Afganistan hingga saat ini. Kuil ini diberi nama berdasarkan Gunung Asamai atau Koh-i-Asamai. Gunung Asamai itu sendiri diberi nama berdasarkan Asha, dewi harapan. Menurut legenda, Asha tinggal di bagian paling atas gunung.

5. Kuil Prasasti
5-kuil-kuno-yang-masih-berdiri-namun-terlupakan_kuil-prasasti
Kuil Prasasti adalah kuil Maya lain yang dibangun di atas piramida antara tahun 672 dan 682. Kuil setinggi 20 meter ini memiliki empat pilar dihiasi gambar beberapa orang dewasa yang membawa anak dengan kaki seperti ular dengan enam jari kaki. Kuil ini juga memiliki salah satu monumen ikonografi yang paling populer dalam sejarah Maya, yakni tutup peti mati batu yang menunjukkan Raja Pakal terjatuh ke dunia bawah pada saat kematiannya. Kota Palenque, tempat Kuil Prasasti ini berdiri, benar-benar dilupakan sampai tahun 1773 sebelum akhirnya sempat ditemukan, hilang, dan ditemukan lagi.when in spanish translationноутбуки 15 6 дюймовпротезалександр лобановский