5 Letusan Gunung Terdahsyat Dalam Sejarah | 5berita.com
5-letusan-gunung-terdahsyat-dalam-sejarah_gunung-changbaishan

5 Letusan Gunung Terdahsyat Dalam Sejarah

Jika anda suka travelling, khususnya mendaki gunung, maka anda harus mencoba mendaki gunung berapi, karena anda akan mendapatkan pengalamanyang menarik dan menyenangkan, meski demikian mendaki gunung berapi sangat penuh resiko, perjalanan yang tadinya menyenangkan bisa saja berubah menjadi perjalanan yang paling mengerikan apabila terjadi letusan di gunung tersebut. Apalagi jika letusannya seperti 5 Letusan Gunung Terdahsyat Dalam Sejarah berikut ini :

1. Gunung Tambora, Indonesia
5-letusan-gunung-terdahsyat-dalam-sejarah_gunung-tambora
Gunung Tambora yang berada di kawasan Sumbawa pernah meletus dengan letusan yang sangat besar. Volcanic Explosivity Index (VEI) letusan gunung yang terjadi pada 1815 ini mencapai 7 dari skala terdahsyat 8. Tak heran, ledakannya terdengar hingga ke Pulau Sumatera, sekitar 1930 kilometer jauhnya. Bahkan, awan dan abu tebalnya menyebabkan perubahan iklim di Eropa, Amerika, Tiongkok, dan India dimana negara-negara tersebut tidak mengalami musim panas, karena debu menutupi matahari. Peristiwa meletusnya Gunung Tambora ini memakan korban sebanyak 71.000 jiwa. Panas yang menyembur melubangi atmosfer hingga menyebabkan perubahan iklim dunia.

2. Gunung Changbaishan / Baitoushan, perbatasan Tiongkok dan Korea Utara
5-letusan-gunung-terdahsyat-dalam-sejarah_gunung-changbaishan
Gunung Changbaishan / Baitoushan juga pernah meletus dengan skala VEI 7 pada sekitar 100 SM. Letusan gunung yang terletak di perbatasan Tiongkok dan Korea Utara ini memuntahkan material vulkanik hingga jarak 1200 kilometer sampai ke Jepang Utara. Gunung ini terakhir kali meletus pada tahun 1702 dan dikabarkan sudah tak aktif lagi.

3. Gunung Ilopango, El Salvador
5-letusan-gunung-terdahsyat-dalam-sejarah_gunung-ilopango-el-savador
Gunung Ilopango terletak di El Salvador, Amerika Tengah. Gunung berapi ini hanya beberapa kilometer letaknya dari ibu kota San Salvador. Gunung berapi ini disebutkan hanya pernah meletus sebanyak dua kali saja. Letusan pertamanya terjadi pada abad ke-5 Masehi, menyelimuti sebagian tengah dan barat El Salvador dengan abu dan batu apung hingga menghancurkan kota-kota Maya Awal. Peringkat letusan ini mencapai skala 6-7 VEI. Lalu, letusan keduanya terjadi pada tahun 1879-1880, dipengaruhi oleh pasang surut Bumi.

4. Pulau Ambrym, Kepulauan Vanuatu
5-letusan-gunung-terdahsyat-dalam-sejarah_gunung-ambrym
Ambrym merupakan pulau gunung berapi di Kepulauan Vanuatu, di sebelah barat daya Samudera Pasifik. Letusan yang terjadi pada kurun waktu 50 SM ini mencapai skala VEI lebih dari 6. Sejak tahun 1774, gunung ini telah meletus setidaknya sebanyak 50 kali dan merupakan salah satu gunung berapi paling aktif yang berbahaya di dunia.

5. Gunung Thera, Yunani
5-letusan-gunung-terdahsyat-dalam-sejarah_gunung-thera
Letusan Minoa di Thera, juga disebut letusan Thera atau letusan Santorini, adalah letusan gunung berapi yang diperkirakan terjadi pada tahun 1600 SM. Thera (Santorini) terletak di Laut Aegean, di antara Yunani dan Turki, di sebelah Utara Pulau Kreta.

Letusan Thera termasuk salah satu letusan gunung berapi terbesar di Bumi dengan Skala 6 VEI (volcanic explosivity index). Letusan ini menghancurkan Pulau Thera, termasuk peradaban Minoa dan Akrotiri, serta Pulau Kreta. Letusan ini merupakan salah satu penyebab runtuhnya peradaban Minoa. Beberapa teori menyatakan bahwa letusan Thera adalah sumber dari legenda Atlantis.

 отзывы о хорватиилобановский александр игоревич классшиммерыsq