5 Manfaat ASI Yang Perlu Anda Ketahui | 5berita.com
5-manfaat-asi-yang-perlu-anda-ketahui_asi-lebih-higienis

5 Manfaat ASI Yang Perlu Anda Ketahui

Sebenarnya bukan hanya manusia yang memiliki kelenjar susu dan menyusui, tetapi semua hewan mamalia juga memilikinya. Namun zat – zat gizi dari air susu setiap makhluk pastilah berbeda dan menyesuaikan dengan apa yang diperlukan untuk keberlangsungan hidup makhluk tersebut. Bagi Manusia susu yang terbaik tentu saja Air Susu Ibu (ASI).

Air Susu Ibu (ASI) adalah cairan tanpa tanding ciptaan Tuhan untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi dan melindunginya dalam melawan kemungkinan serangan penyakit. Keseimbangan zat-zat gizi dalam air susu berada pada tingkat terbaik. ASI juga sangat kaya akan sari-sari makanan yang mempercepat pertumbuhan sel-sel otak dan perkembangan sistem saraf. Namun, ada 5 fakta lain yang harus kamu ketahui tentang dahsyatnya ASI. Yuk disimak!

1. ASI dapat Mencegah Depresi Saat Dewasa
5-manfaat-asi-yang-perlu-anda-ketahui_depresi
Penelitian terbaru tentang manfaat Air Susu Ibu (ASI) dari ilmuwan Jerman menyatakan, anak yang diberi ASI berisiko rendah mengalami depresi saat dewasa. Menurut peneliti, menyusui mengindikasikan kualitas hubungan ibu dan bayi juga aspek lain yang dapat melindungi anak dari depresi. Bisa juga ada komponen pada ASI yang mencegah depresi, karena pada penelitian sebelumnya diketahui bahwa ASI dapat menurunkan risiko darah tinggi dan kegemukan pada masa dewasa.

2. ASI Mampu Meminimalisasi Pencegahan terhadap HIV dan AIDS
5-manfaat-asi-yang-perlu-anda-ketahui_asi-mampu-melawan-hiv
Fakta yang diketahui oleh kebanyakan orang adalah ASI dapat menularkan HIV kepada bayi, namun penelitian dari Duke Medicine mengidentifikasi sebuah zat dalam ASI yang dapat menetralisir HIV dan memungkinkan bayi tak tertular HIV dari ibu yang sudah terinfeksi virus. Peneliti mengatakan, hanya satu dari sepuluh orang wanita yang terinfeksi HIV, yang dapat menularkan virus tersebut kepada bayi yang dikandungnya.

Meski CDC tidak merekomendasikan pemberian ASI, tetapi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tetap mendorong para ibu yang terinfeksi virus HIV untuk menyusui bayi mereka sambil tetap menggunakan obat antiretroviral untuk mencegah penularan virus HIV ke bayi.

Pasalnya, tanpa nutrisi dan faktor imun yang terdapat pada ASI, akan banyak bayi yang meninggal akibat diare berat, gangguan pernapasan serta penyakit diarrhoea dan pneumonia yang merupakan 2 penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian pada pasien HIV/AIDS.

3. ASI Mampu Meningkatkan Perkembangan Otak dan Kecerdasan Anak
5-manfaat-asi-yang-perlu-anda-ketahui_meningkatkan-kecerdasan-anak
Menyusui membantu perkembangan otak. Bayi yang diberi ASI rata-rata memiliki IQ 6 poin lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula. Berdasarkan hasil studi Horwood & Fergusson tahun 1998 terhadap 1.000 anak berusia 13 tahun di Selandia Baru, tampak kecenderungan kenaikan lama pemberian ASI sesuai dengan peningkatan IQ, hasil tes kecerdasan standar, peningkatan rangking di sekolah dan peningkatan angka di sekolah.

Penelitian oleh Lucas (1996) dan Riva (1998) yang menemukan bahwa nilai IQ anak yang memperoleh ASI lebih tinggi beberapa poin. Tidak hanya itu, penelitian lain yang dilakukan di negara yang berbeda pada tahun 2002 juga seiya sekata dengan hasil studi Horwood & Fergusson. Richards, dkk di Inggris menemukan bahwa anak-anak yang diberi ASI secara bermakna menunjukkan hasil pendidikan yang lebih tinggi.

4. ASI Lebih Higenis Dibandingkan dengan Susu Lain
5-manfaat-asi-yang-perlu-anda-ketahui_asi-lebih-higienis
Karena ASI langsung diberikan melalui puting sang ibu dengan ASI yang tersimpan di payudara ibu akan menjaga keadaan ASI steril dan dengan suhu yang tepat sesuai untuk kebutuhan sang buah hati.

Bila dibandingkan dengan susu formula atau susu kaleng, keduanya memerlukan alat bantu berupa botol dot agar bisa dikonsumsi oleh sang bayi. Kesterilan dari susu seperti ini perlu dipikirkan lagi, karena dalam proses pembuatan susu dan memasukan ke dalam botol ada banyak kemungkinan bahwa susu tersebut tercemar dengan senyawa lain, entah dari susunya sendiri sudah tercemar, air yang digunakan belum tentu steril, dan yang penting botol dot yang digunakan untuk minum sang bayi juga belum tentu bebas dari kuman.

5. ASI Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
5-manfaat-asi-yang-perlu-anda-ketahui_mengurangi-resiko-sakit-jantung
Kelompok penelitian yang dipimpin dr. Lisa Martin, dari Pusat Kedokteran Rumah Sakit Anak Cincinnati di Amerika Serikat, menemukan kandungan tinggi hormon protein yang dikenal sebagai adiponectin di dalam ASI.

Kadar adiponectin yang tinggi di dalam darah berhubungan dengan rendahnya risiko serangan jantung. Kadar adiponectin yang rendah dijumpai pada orang yang kegemukan dan yang memiliki risiko besar terkena serangan jantung.

Oleh karena itu telah diketahui bahwa risiko terjadinya kelebihan berat badan pada bayi yang diberi ASI berkurang dengan adanya hormon ini. Lebih dari itu, mereka juga menemukan keberadaan hormon lain yang disebut leptin di dalam ASI yang memiliki peran utama dalam metabolisme lemak. Leptin dipercayai sebagai molekul penyampai pesan kepada otak bahwa terdapat lemak pada tubuh.

Itulah 5 Manfaat ASI (Air Susu Ibu) yang perlu anda ketahui.