5 Manfaat dari Jengkol Untuk Kesehatan | 5berita.com

5 Manfaat dari Jengkol Untuk Kesehatan

Berita Unik, 5Berita.com – Masyarakat umum masih banyak tidak mengetahui manfaat jengkol. Sangat disayangkan karena jengkol mampu menjaga kesehatan tubuh. Di daerah jawa barat terutama jakarta, Jengkol merupakan makanan favorit bagi warga betawi. Rasanya yang enak dan tekstur yang lembut membuat jengkol menjadi menu makanan yang sering disajikan.

Sekarang ini masyarakat semakin kreatif dalam mengolah jengkol. Mereka bisa membuat sayuran ini menjadi camilan seperti keripik jengkol yang enak dan tentunya bisa tahan lama. Memang aroma jengkol membuat bau di mulut tapi rasanya membuat orang tidak bisa berhenti memakannya. Meskipun beraroma menyengat ternyata manfaat jengkol sangat bagus buat kesehatan.

Berikut 5 Manfaat dari Jengkol Untuk Kesehatan :

1. Mengatasi masalah penyempitan pembuluh darah

penyempitan pembuluh darah

Penyempitan pembuluh darah bisa menyebabkan penyakit jantung. Jika pembuluh darah semakin menyempit maka darah yang mengalir ke jantung tidak berjalan lancar. Jengkol mengandung mineral yang bermanfaat memperlebar penyempitan pembuluh darah sehingga aliran darah menuju jantung bisa kembali lancar. Supaya manfaat jengkol menjadi maksimal maka kalau memasak jengkol jangan terlalu matang.

2. Mencegah diabetes

diabetes

Manfaat jengkol yang paling hebat adalah bisa mencegah penyakit diabetes. Hal itu dikarenakan jengkol mengandung zat asam jengkolat yang langka dan tidak bisa ditemukan pada bahan makanan yang lain. Zat asam jengkolat ini memiliki sifat diuretik sehingga sangat disarankan dikonsumsi bagi penderita gangguan ginjal.

3. Mengatasi penyakit jantung koroner

jantung koroner

Jengkol memiliki sifat diuretic yang berarti sangat bagus bagi penderita jantung.

4. Mencegah tulang keropos dan memperkuat tulang serta gigi

osteoporosis

Jengkol mengandung kalsium dan fosfor yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Manfaat kalsium dan fosfor dalam jengkol dapat mencegah tulang keropos. Mengkonsumsi jengkol setiap hari dalam porsi yang cukup bisa meningkatkan kekuatan tulang dan gigi.

5. Mencegah anemia

anemia

Jengkol juga mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga ampuh dalam mencegah dan mengatasi kekurangan produksi sel darah merah dalam tubuh. Turunnya produksi sel darah merah itu dikarenakan kekurangan zat besi sehingga suplai oksigen dan zat makanan yang dibutuhkan oleh sel juga akan berkurang. Akibatnya fungsi sel jadi menurun karena kekurangan suplai oksigen pada seluruh sel dalam tubuh. Orang yang kekurangan zat besi biasanya terlihat lelah, lemas dan tidak bersemangat. Disarankan para wanita yang sedang dalam masa menstruasi untuk mengkonsumsi jengkol atau makanan lain yang kaya akan zat besi.духовный центр возрождение мунтянаноутбук купить киев недорогопродвижение сайтов в googleврач в Германии