5 Manfaat Dari Oyong Untuk Kesehatan | 5berita.com
gambas

5 Manfaat Dari Oyong Untuk Kesehatan

Berita Unik, 5 Berita – Oyong memiliki nama latin Luffa Acutangula. Yang merupakan sayuran dari jenis tumbuhan merambat. Oyong biasanya ditanam di sekitar lingkungan dan kebun rumah karena perawatan tanamnya tidak terlalu sulit. Sejak dulu Oyong dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit berat dan penyakit ringan. Hal itu dikarenakan Oyong mengandung berbagai macam vitamin yang menjaga kesehatan tubuh kita.

Manfaat dari oyong bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Oyong memiliki nama lain disebut dengan gambas. Oyong merupakan salah satu jenis sayuran yang dikonsumsi oleh masyarakat desa. Oyong memiliki bentuk agak unik mirip dengan ketimun, terong atau pare. Tekstur permukaan pada sayuran oyong sangat kasar dan memiliki warna hijau muda.

Sayuran oyong biasanya dikonsumsi oleh warga desa dengan dijadikan sebagai lauk pauk atau dibuat menjadi sayur bening. Oyong adalah salah satu sayuran yang memiliki biji di bagian tengahnya dan memiliki segudang manfaat kesehatan.

Berikut 5 Manfaat Dari Oyong Untuk Kesehatan :

1. Mengobati penyakit cacingan

Penyakit Cacingan

Bagian tengah oyong yang ada bijinya tersebut bisa digunakan untuk mengobati penyakit cacingan. Caranya adalah tumbuk biji oyong sampai benar-benar halus lalu seduh hasil tumbukan tadi dengan air panas. Kemudian minum sebanyak satu kali dalam sehari sampai penyakit cacingan hilang. Larutan ini bisa digunakan untuk orang dewasa dan anak-anak. Jumlah biji oyong yang dilarutkan bervariasi, kira-kira 30 gr – 50 gr untuk mengobati cacingan.

2. Pengobatan radang usus

radang usus

Menurut fakta yang ada kalau oyong bisa mengobati radang usus. Caranya. ambil oyong yang sudah tua lalu dipanggang hingga kering. Kemudian oyong yang sudah kering ditumbuk sampai halus dan setelah itu diseduh dengan air panas. Minum air seduhan oyong tersebut 2 kali dalam sehari untuk pengobatan radang usus.

3. Memperbanyak produksi ASI

ASI

Menurut penelitian oleh para ahli kesehatan mengungkapkan kalau rutin mengkonsumsi oyong dapat memperbanyak ASI dan ini tentu saja berguna bagi ibu yang sedang dalam masa menyusui buah hati.

4. Melancarkan peredaran darah

peredaran darah

Ternyata manfaat oyong bisa digunakan untuk melancarkan peredaran darah. Caranya, masak oyong secara bersamaan dengan jamur kuping. Lalu jangan lupa ditambahkan bumbu penyedap sesuai selera. Setelah selesai, sayur otong untuk melancarkan peredaran darah siap disantap. Selain itu, manfaat oyong yang lain adalah tidak mudah lemas, daya tahan tubuh meningkat, metabolisme tubuh terjaga dan suplai darah serta oksigen menjadi lancar.

5. Mengobati radang pada kelenjar telinga

kelenjar telinga

Bagi orang yang sedang mengalami peradangan pada kelenjar telinga bisa mengikuti tips berikut ini. Manfaat oyong yang lain bisa mengobati radang pada kelenjar telinga. Cara membuat ramuannya adalah Potong kecil-kecil oyong segar yang sudah dicuci bersih. Jangan lupa menggunakan daun sambiloto yang telah dirajang. Kedua bahan tersebut harus direbus bersama-sama dan minum air seduhan sebanyak 2 kali dalam sehari.