13 Masjid Paling Unik di Indonesia | 5berita.com
masjid-perahu

5 Masjid Paling Unik di Indonesia

5berita.com, Berwisata di Indonesia dengan tujuan wisata alam atau edukasi mungkin sudah sering kamu dengar. Bagaimana jika kita mencoba berjalan-jalan ke masjid-masjid unik yang berada di seluruh wilayah Indonesia? Sebagai tempat beribadah umat muslim, tentu kita semua belum pernah mengunjungi atau mengetahui sama sekali tentang 5 Masjid paling unik di Indonesia ini. Keren banget loh arsitektur bangunan Masjid-masjid ini, pasti buat kamu tertarik untuk segera mengunjunginya.

1. Masjid Perahu

Mendengar dari namanya, masjid ini memang dibangun mirip seperti sebuah perahu raksasa. Masjid ini terletak di Jalan Casablanca, Menteng Dalam Tebet, Jakarta Selatan, dengan nama asli Masjid Agung Al-Munada Darussallam Baiturrahman.

Pada satu sisi bangunan yang berbentuk perahu tersebut dimanfaatkan sebagai tempat wudhu dan kamar mandi. Untuk tempat shalat yang sering dipakai oleh umat Islam hanya seluas 8 x 5 meter saja.

Masjid Paling Unik di Indonesia

Sedangkan di lantai 2 kapal perahu, diperuntukkan khusus sebagai tempat istirahat bagi para khatib yang datang dari daerah jauh / luar Jakarta. Asal mula bangunan unik Masjid perahu ini sebenarnya terinspirasi dari kisah legenda kapal Nabi Nuh.

Dan yang menambah keunikan dalam Masjid Perahu adalah di dalam ruangannya banyak aksesoris-aksesoris kuno, seperti lampu gantung klasik yang jadi sumber penerangannya. Jika kamu kebetulan warga Jakarta asli, bisa mendatangi lokasinya disebuah gang kecil yang diapit oleh dua bangunan mewah Apartemen Casablanca.

2. Masjid Bawah Tanah di Taman Sari Yogyakarta

Masjid yang terletak di Yogyakarta ini berbentuk lingkaran dan terdiri dari dua lantai. Di tengah-tengah ruangannya terdapat tangga untuk menuju ke lantai dua dan akan tampak rongga jendela di sisi-sisi bangunan.

Masjid ini tergolong unik karena bangunannya menggunakan bahan baku kuno dan letaknya tepat berada di bawah tanah. Tetapi masjid unik ini sudah tidak dimanfaatkan sebagai tempat peribadatan umat Islam, melainkan hanya sebagai obyek wisata para turis lokal atau pendatang saja.

3. Uniknya Masjid An Nurumi

Satu lagi masjid unik yang tak kalah menariknya di negeri kita. Yaitu Masjid An Nurumi. Masjid ini merupakan masjid di jalan Jogja (daerah Solo) yang di bangun dengan gaya arsitektur yang unik dengan salah satu desain yang menonjol adalah bentuk dan warna-warni kubahnya yang mirip permen.

Ada juga yang berpendapat kubah dari Masjid ini sangat mirip dengan bangunan atap Katedral Santo Peter di Russia, tepatnya Kota Moscow. Kelihatan unik dan aneh jika di bandingkan dengan bangunan masjid kebanyakan. Oh iya selain di sebut masjid An Nurumi, Mesjid ini terkenal juga dengan sebutan Masjid Kremlin bahkan ada yang menyebutnya sebagai masjid permen.

4. Masjid Cipari (Masjid A-Syuro) Garut, Jawa Barat 

Ini bukanlah bangunan Gereja atau Gedung Belanda melainkan Masjid Cipari atau A-Syuro, salah satu masjid tertua di Garut, Jawa Barat. Memang Masjid ini mempunyai bentuk desain yang mirip seperti gereja (tempat peribadatan umat kristen) dengan ketinggian bangunan sekitar 20 meter.

Di masa lalu, pada zaman kolonial penjajahan Belanda, Masjid Cipari dipakai sebagai tempat pesantren sekaligus tempat latihan perang dan markas pertahanan para pejuang kemerdekaan Indonesia. Sedangkan di era peristiwa pemberontakan G30S/PKI, masjid ini juga digunakan sebagai tempat para pejuang melawan PKI.

Namun, di era modern saat ini Masjid Cipari hanya dimanfaatkan sebagai tempat beribadah umum sekaligus Madrasah tempat mengenyam pendidikan agama Islam.

5. Masjid Tiban

Masjid ini sebenarnya adalah sebuah pesantren yang berada di Turen Kabupaten Malang. Yang membuat unik adalah masjid Tiban dibangun dalam waktu yang singkat hingga mencapai 11 lantai. Ada kabar miring bahwa masjid ini dibangun dengan bantuan jin.

masjid unik

Tetapi hal itu dibantah oleh para santri karena proses pembangunan dilakukan secara wajar dan berangsur-angsur oleh manusia. Untuk mencapai ke lantai atas kamu tidak perlu khawatir karena di masjid ini juga disediakan lift dan ada banyak toko yang menjual berbagai macam oleh-oleh menarik yang dikelola para santri Masjid Tiban.

Baca Juga:

5 Hewan Parasit Mengerikan yang Hidup Bersarang Di Tubuh Manusia

5 Bajak Laut Wanita Terkenal Paling Ditakuti

5 Stasiun Kereta Api Paling Angker di Indonesia

5 Rekaman Percakapan Pilot Sebelum Pesawat Jatuh

5 Wanita Tertinggi di Dunia Versi Guinness World Recordsтуры по средиземному морюмультики роботы трансформерыtranslation from english to germanлобановский александр игоревич