5 Masjid Terapung di Laut Yang Menakjubkan | 5berita.com
masjid-amirul-mukminin_5berita

5 Masjid Terapung di Laut Yang Menakjubkan

Masjid merupakan tempat beribadah bagi umat muslim. Seiring dengan banyaknya umat muslim di dunia, jumlah masjidpun ada banyak dan desainnyapun berbeda-beda dan beberapa diantaranya sangat indah jika dipandang, tidak hanya sampai di arsitektur masjid, ternyata tempat juga mempengaruhi keindahan masjid tersebut, dengan lanscape lautan dan arsitektur yang mempesona, menjadikan umat muslim akan semakin sering mengunjungi masjid – masjid berikut ini, Inilah 5 Masjid Terapung di Laut yang Menakjubkan :

1. Masjid Haji Ali Dargah, Mumbai

haji-ali-mumbai_5berita

Siapa sangka, di India rupanya ada masjid terapung di laut bernama Masjid Haji Ali Dargah di Mumbai. Masjid ini berada di kawasan Worli Bay dan sudah berdiri sejak abad ke-19. Masjid ini jadi tempat bersejarah bagi umat muslim di India.

Uniknya, masjid ini dihubungkan oleh jembatan dari pingiran pantai. Ya, Masjid Haji Ali Dargah benar-benar terapung dan ada di tengah laut. Pemandangannya benar-benar cantik. Masjid yang berwarna putih ini dikelilingi lautan yang biru.

2. Masjid Al Munawar, Ternate

masjid-al-munawar_5berita

Masjid Al Munawar adalah landmark baru dari Kota Ternate, Maluku Utara. berada di pusat kota, masjid ini berada di pinggiran pantai dan dua menaranya memiliki pondasi yang ditancapkan ke dasar laut. Perairan di sekitar Masjid Al Munawar pun biru jernih. Anda bisa jelas melihat ikan-ikan yang ada di bawah permukaan airnya. Masjid ini sudah berdiri gagah sejak tahun 2003.

3. Masjid Amirul Mukminin, Makassar

masjid-amirul-mukminin_5berita

Masjid Amirul Mukminin disebut-sebut sebagai masjid terapung pertama yang ada di Indonesia. Masjid ini berdiri tepat di tengah laut lepas Pantai Loasari, Makassar. Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid 99 Al Makazzary. Masjid ini terdiri dari beberapa lantai, di lantai dua adalah tempatnya para jemaah wanita dan lantai dasarnya tempat jemaah pria. Masjid Amirul Mukminin juga menawarkan pemandangan sunset yang romantis. Sempurna!

4.Masjid Fatimah, Jeddah

masjid-fatimah-jeddah_5berita

Masjid fatimah di Jeddah adalah masjid terapung di laut yang paling terkenal di Arab Saudi. Berada di pinggiran Laut Merah, sebenarnya hanya sebagian bangunan masjidnya yang berada di atas laut alias terapung. Namun saat Laut Merah sedang pasang, pemandangan Masjid Fatimah benar-benar seperti terapung di atas laut!

Luas Masjid Fatimah berukuran 20 x 30 meter persegi. Interior bagian dalamnya yang didominasi kaligrafi menambah kecantikan masjid ini. Nama masjid ini kini lebih dikenal dengan sebutan Masjid Ar Rahman. Suasana masjidnya juga sangat sejuk.

5. Malacca Straits Mosque, Malaysia

malacca-straits-mosque_5berita

Malacca Straits Mosque di Melaka, Malaysia adalah masjid terapung yang terkenal di Negeri Jiran. Masjid yang lebih dikenal dengan nama Masjid Melaka, berada di pinggiran Selat Melaka. Tiang-tiang pondasi masjidnya tertancap ke dasar laut di pinggiran pantainya.

Masjid Malaka selesai dibangun tahun 2006. Dinding masjidnya berwarna putih dan kubanya dihiasi warna kuning, cantik sekali. Ternyata, biaya pembangunan Masjid Malaka ini menghabiskan biaya MYR 10 juta atau sekitar Rp 36 miliar!