5 Minuman Beralkohol Asli dari Indonesia yang Melegenda | 5berita.com
arak bali

5 Minuman Beralkohol Asli dari Indonesia yang Melegenda

Kehadiran minuman beralkohol di Indonesia terus menjadi sebuah kontroversial. Sifatnya yang bisa membuat hilang kesadaran jadi alasan utama pemerintah Indonesia melarang keberadaan minuman keras Tersebut.

Entah karena rasanya yang nikmat atau hanya ingin mendapatkan efek tak sadarkan diri, Minuman beralkohol tetap diminati banyak kalangan di Indonesia.

Bukan Jack Daniels bukan juga Tequila. Di Tanah Air juga memiliki jenis minuman beralkohol yang menjadi legenda. Bahkan sejak zaman kerajaan dulu, Minuman beralkohol khas Indonesia ini menjadi minuman favorit para raja untuk perayaan-perayaan kerajaan.

1. Cap Tikus

Cap Tikus

Mendengar namanya mungkin akan terasa menggelikan. Cap Tikus adalah minumah beralkohol khas Minahasa. Pembuatannya merupakan hasil penyulingan Sagoer, atau cairan yang disadap dari pohon enau dan mengandung kadar alkohol sekitar 5 persen.

Minuman ini kerap kali menjadi pendorong kerja untuk kalangan petani. Dalam perkembangannya, minuman ini bisa diolah menjadi berbagai minuman berkelas. Bahkan sudah merambah hotel berbintang.

2. Lapen

Lapen

Sejak puluhan tahun silam, Lapen dikenal sebagai minuman beralkohol khas Yogyakarta yang keberadaannya illegal. Berbeda dengan minuman keras khas daerah lainnya, Lapen ini tak terbuat dari fermentasi buah, melain campuran murni alkohol dengan air putih.

Kandungan alkohol dalam Lapen ini bisa mencapai 85 persen. Biasanya, minuman ini dikemas dalam botol bekas air mineral agar tak nampak seperti minuman beralkohol.

3. Sopi

Sopi

Selain menyimpan keindahan panorama alam, Flores juga menyimpan keunikan lain yang mungkin belum diketahui banyak orang, Sopi namanya.

Sopi ini merupakan minuman keras asli Indonesia yang terbuat dari fermentasi pohon aren dan memiliki kadar alkohol di atas 50 persen.

Meskipun minuman keras yang satu ini dilarang keras, Sopi tetap menjadi minuman yang sangat popular dan mendarah daging bagi masyarakat Flores. Minuman ini menjadi daya tarik dan penting untuk sebuah pesta di Flores. Biasanya penyelenggara pesta akan menyiapkan berliter-liter sopi untuk dihidangkan pada tamunya.

4. Arak Bali

Arak Bali

Terbuat dari fermentasi sari kelapa dan buah-buahan, minuman beralkohol asal Bali ini menjadi minuman legenda tanag air yang biasa digunakan dalam upacara-upacara adat. Dalam upacara menghormati para dewata, arak akan dituang ke daun pisang yang sudah dibentuk seperti tangkup. Kemudian akan dipercikan tangan kanan dengan bantuan sebuah bunga.

Kadar alkohol yang terkandung di dalamnya terbilang cukup tinggi, yakni mencapai 30-50 persen. Minuman ini juga jadi salah satu oleh-oleh yang sering dibeli pelancong saat berkunjung ke Bali.

5. Tuak

Tuak

Tuak merupakan jenis minuman beralkohol nusantara hasil fermentasi dari nira, beras, atau bahan minuman/buah yang mengandung gula. Dalam sejarahnya, minuman ini sudah akrab dengan budaya pribumi jauh sebelum masa kolonial Belanda.

Di Jawa Timur, pada masa keemasan Kerajaan Singasari, Raja Kertanegara sangat gemar minum tuak untuk perayaan-perayaan kerajaan. Beda halnya dengan tradisi di Batak, perempuan Batak Toba yang baru saja melahirkan diwajibkan untuk minum tuak dalam ukuran yang terbatas.

 ооо полигонблаготворительный фонд владимира мунтянавладимир мунтян проклятьямихаил безлепкин