5 Misi Keren Nasa Yang Gagal di Wujudkan | 5berita.com
5-misi-keren-nasa-yang-gagal-diwujudkan_ruang-koloni-di-orbit-bumi

5 Misi Keren Nasa Yang Gagal di Wujudkan

National Aeronautics and Space Administration atau yang lebih dikenal dengan sebutan “NASA” adalah sebuah lembaga pemerintahan milik amerika yang bertujuan untuk meneliti daerah luar angkasa dan segala hal yang berkaitan dengan itu. Lembaga ini pastinya dihuni oleh orang – orang cerdas yang memiliki ambisi dan ketertarikan terhadap hal diluar bumi, namun tentu saja bukan berarti mereka selalu berhasil melakukan hal yang mereka inginkan.

Sejak berakhirnya program Apollo, NASA dikabarkan memiliki beberapa misi yang gagal diwujudkan, karena gagal untuk mendapatkan persetujuan. Memang setiap program – program NASA pasti akan memerlukan biaya yang tidak sedikit, oleh karena itu pasti banyak pertimbangan dari pemerintah ataupun pihakĀ terkait mengenai suatu program. Nah berikut adalah 5 Misi Keren Nasa Yang Gagal di Wujudkan :

 

1. Truk bulan raksasa NASA dan GM
5-misi-keren-nasa-yang-gagal-diwujudkan_truk-bulan-MOLAB-nasa-dan-gm
Setelah program Apollo membuat kemajuan dalam pendaratan di bulan, beberapa ilmuwan NASA membuat rencana untuk misi yang memungkinkan manusia dapat mengeksplorasi dan mempelajari permukaan bulan lebih jauh. Dalam mewujudkan tujuan itu, pada 1963, NASA membuat kontrak dengan General Motors (GM) untuk memproduksi sebuah lab beroda yang dapat ditempati oleh para astronot selama berminggu-minggu di bulan. Lab ini seperti recreational vehicle (RV) yang dapat digunakan di bulan, dilengkapi oleh sebuah mesin dari Chevrolet Corvair. Sayangnya, setelah Apollo sukses melakukan pendaratan di bulan, rencana eksplorasi jangka panjang menggunakan truk raksasa ini dibatalkan. Satu prototipe yang telah dibuat oleh GM akhirnya dipinjamkan ke US Geological Survey untuk beberapa proyek padang pasir di daerah barat daya.

2. RuangĀ Koloni di Orbit Bumi
5-misi-keren-nasa-yang-gagal-diwujudkan_ruang-koloni-di-orbit-bumi
Menyusul keberhasilan program Apollo, sejumlah ilmuwan NASA mulai menyusun ide untuk membuat ruang koloni yang di stasiun di orbit Bumi. Sebuah studi NASA tahun 1975 telah menggambarkan adanya habitat di orbit yang akan menjadi tempat bagi 100.000 orang untuk bekerja, berkeluarga, dan menjalani kehidupan manusia secara normal. Pada rencana ini, manusia akan menggunakan tanah yang dibawa dari bulan untuk menumbuhkan makanan mereka sendiri, membuat air murni mereka sendiri, serta membuat taman, toko-toko, sekolah, dan rumah sakit. Rencana ini juga mengedepankan penggunaan energi matahari untuk menghasilkan listrik. Akan tetapi, rencana ini gagal diwujudkan karena adanya perhitungan bahwa sulit untuk menjaga manusia tetap hidup di ruang koloni selama satu tahun.

3. Penerbangan Lintas Planet Mars dan Venus
5-misi-keren-nasa-yang-gagal-diwujudkan_penerbangan-lintas-planet-mars-dan-venus
Sebuah rencana yang lebih realistis untuk mengeksplorasi ruang angkasa manusia setelah program Apollo adalah misi penerbangan lintas planet. Tahun 1975, NASA pernah mengusulkan rencana untuk melakukan penerbangan lintas Mars selama perjalanan dua tahun, untuk mengumpulkan sampel batuan di sana. Lalu, rencana berikutnya yang diusulkan adalah melakukan penerbangan lintas tiga dari Bumi, menuju Mars dan Venus. Namun, rencana ini gagal diwujudkan lantaran kurangnya dana dari Kongres setelah pendaratan di bulan.

4. Proyek Longshot
5-misi-keren-nasa-yang-gagal-diwujudkan_proyek-longshot
Pada 1987, para peneliti NASA dan Angkatan Laut Amerika Serikat merencanakan Proyek Longshot. Proyek ini berupa penyelidikan antar bintang yang akan melakukan perjalanan ke Alpha Centauri B, salah satu bintang paling dekat dengan matahari. Proyek ini akan memiliki reaktor fisi nuklir pada pesawat sebagai daya mesin dan mengirimkan data kembali ke Bumi dengan laser. Perjalanan ke Alpha Centauri B akan memakan waktu sekitar seratus tahun lamanya dan waktu empat tahun untuk mengirimkan data kembali ke Bumi. Rencana ini gagal diwujudkan karena alasan yang bermacam-macam. Mulai dari kesulitan mengembangkan teknologi yang diperlukan untuk melakukan perjalanan jauh ini dan kesulitan mendapat dana untuk misi yang tidak akan selesai dalam jangka waktu satu abad. Saat ini, penyelidikan terjauh yang pernah dilakukan dari Bumi adalah Voyager 1. Penyelidikan ini sekitar 12 miliar mil jauhnya, kurang dari 0,2 % perjalanan menuju Alpha Centauri B.

5. Titan Mare Explorer
5-misi-keren-nasa-yang-gagal-diwujudkan_titan-mare-explorer
Titan, bulan terbesar Saturnus, ditutupi oleh sejumlah danau penuh dengan metana cair. Untuk mengeksplorasi daerah ini, tahun 2009, NASA merencanakan untuk mengirim Titan Mare Explorer. Pendaratan Titan Mare Explorer ini ditujukan untuk mempelajari kimia laut di sana dan membantu manusia memahami siklus metana bekerja. Titan Mare Explorer akan melakukan eksplorasi laut pertama dari luar angkasa. Sayangnya, rencana ini juga gagal diwujudkan.