5 MISTERI KOTA YANG HILANG DI BERBAGAI TEMPAT DI DUNIA | 5berita.com
Skara Brae, Skotlandia

5 MISTERI KOTA YANG HILANG DI BERBAGAI TEMPAT DI DUNIA

Era Modern memang salah satu dari perkembangan zaman. Banyak Kota-kota makmur yang masuk di era modern ini.
Di zaman dulu kejayaan dan kemegahan selalu memberikan pemikiran yang melekat pada seseorang dan membayangkan kehidupan di masa lalu yang tidak dapat dilupakan begitu saja.

Tetapi bagaimana jika ada sebuat kota makmur yang berjaya pada zamannya tiba-tiba menghilang dari peradaban dunia? Berikut Kota yang hilang dari berbagai dunia :

1. Herculaneum, Italia

Herculaneum, Italia

Herculaneum, Italia

Tempat yang dahulunya rumah bagi para keluarga kerajaan. Keberadaan akan kota ini terungkap sekitar 250 tahun lalu dan menjadi harta karun bagi para arkeolog. Kota ini terkenal karena hilang bersama Pompeii, Stabiae dan Oplontis akibat letusan Gunung Vesuvius.

Kota-kota tersebut terkubur dalam material piroklastik. Namun hanya satu yang masih bertahan pada saat ini adalah sebuah perpustakaan kuno.

2. Dunwich, Inggris

Dunwich, Inggris

Dunwich, Inggris

Salah satu kota terbesar yang berada di abad pertengahan Inggris. Bangunan dari kota ini berdiri di atas pasir. Pada akhir abad ke-13 badai meniup, menghancurkan bagian baik dari kota ini.

Erosi pantai terkelupas menghempas rumah-rumah penduduk. Banyak yang menyebut kota ini adalah sebuah kota kutukan yang menghantui pengunjung. Pasalnya banyak pengunjung yang datang ke tempat ini sering mendengar dentangan lonceng gereja dalam gelombang air laut.

3. Taxila, Pakistan

Taxila, Pakistan

Taxila, Pakistan

Kota ini didirikan oleh seorang raja India kuno pada abad ke- 7 Sebelum Masehi. Kota ini dibangun di atas bukit yang kemudian dikenal sebagai Bhir Mound. Banyaknya intrik politik yang berkecamuk pada masa itu membuat peperangan dan hilangnya kota ini dalam sekejap. Lalu tidak lama kemudian kota Taxila dengan gaya baru muncul yang didirikan oleh bangsa Yunani.

Lalu selang berapa waktu kota ini diambil alih oleh Sirkush dan mengalami kehancuran pada abad ke-6 Sebelum Masehi. Bagi Anda yang penasaran bisa Kunjungi situs ini, sekitar 30 km barat laut Islamabad. Terdapat The Taxila Museum yaitu rumah berbagai artefak, yang membantu Anda merasakan sejarah kompleks kota besar ini.

4. Babilonia, Irak

Babilonia, Irak

Babilonia, Irak

Kota ini telah ada sekitar 2500 sebelum Masehi dan menjadi pusat terbesar Mesopotamia selama 500 tahun. Pada masa kerajaan Babel yang dipimpin Hammurabi kota ini mengalami kehancuran yang disebabkan oleh bangsa Asyur pada abad ke- 6 sebelum Masehi.

Pada akhirnya kota ini benar-benar mengalami kehancuran setelah kematian Alexander Agung dan tidak dapat diperbaiki lagi pada abad ke-2 Sebelum Masehi. Cerita runtuh dan musnahnya Babilonia tercantum pada sebuah kitab suci umat kristiani yaitu di Alkitab.

5. Skara Brae, Skotlandia

Skara Brae, Skotlandia

Skara Brae, Skotlandia

Merupakan sebuah desa prasejarah yang dulunya bekas reruntuhan Orkney. Pemukiman pertanian kecil ini berusia lebih dari 5000 tahun. Setelah terjadi badai yang cukup hebat desa ini perlahan mulai menghilang dari peradaban.

Hari demi hari erosi mengancam desa ini dan tampaknya erosi membawa desa ini ketengah laut dan membinasakan Skara Brae. Seorang peneliti pernah menemukan beberapa peninggalan desa ini yang tertanam seperti tempat tidur, tungku, dan rak.

Tidak ada yang tahu pasti bagaimana kota ini bisa menghilang. Jika Anda tertarik menyambangi tempat datanglah saat musim panas, lalu biarkan imajinasi Anda bermain pada zaman dulu di tempat ini.