5 Misteri Peradaban Dunia Tertua yang Ada di Indonesia | 5berita.com
peradaban lama di indonesia

5 Misteri Peradaban Dunia Tertua yang Ada di Indonesia

Berita Unik, 5Berita.com – Banyak riset dan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan baik akademisi maupun para ahli tentang misteri peradaban dunia.

Segala bentuk upaya dilakukan dengan penelitian sains modern maupun bentuk penelitian observasi lainnya, setelah fakta dan bukti telah ditemukan dan tak mampu banyak memberikan jawaban yang hingga saat ini pun masih menjadi sebuah misteri yang belum terpecahkan mengenai peradaban nenek moyang kita di jaman dahulu.

Berikut beberapa misteri peradaban dunia yang ada di negeri kita tercinta, Indonesia.

1. Misteri Peradaban Atlantis

Misteri Peradaban Atlantis

Misteri Peradaban Atlantis

Salah satu peradaban paling kontroversial Atlantis yang hingga kini masih menjadi misteri peradaban dunia mulai terkuak, Indonesia adalah lokasi yang menjadi hilangnya benua yang jadi legenda tersebut. Lokasi semenanjung Melayu, termasuk juga Sumatera, Jawa, serta Kalimantan dulunya adalah satu benua besar yang dimaksud Sundaland Pada zaman es purbakala terjadi banjir besar yang diakibatkan dari melelehnya lapisan es bumi pada saat itu sehingga menenggelamkan Sundaland.

2. Lukisan Gua Berusia 40.000 tahun di Sulawesi

Lukisan Gua Berusia 40.000 tahun, Sulawesi

Lukisan Gua Berusia 40.000 tahun, Sulawesi

Lagi-lagi Indonesia mengukuhkan dirinya sebagai negara yang kaya akan peradaban, budaya, serta beragam adat. Baru-baru ini telah ditemukan hasil penilitian stensil lukisan tangan gua tertua di dunia yang berlokasi di Leang Timpuseng, lokasi Karst Maros, Sulawesi yang Usianya sekitar 39.900 tahun, temuan tersebut mengalahkan usia gambar tangan di El Castillo, Spanyol, yang berumur sekitar 37. 300 tahun.

3. Misteri Bahtera Nabi Nuh Berasal Dari Kayu Jati Pulau Jawa Purba

Misteri Bahtera Nabi Nuh Berasal Dari Kayu Jati Pulau Jawa Purba

Misteri Bahtera Nabi Nuh Berasal Dari Kayu Jati Pulau Jawa Purba

Hasil kerjasama penilitian yang dimulai pada tahun 1949 dan dilakukan para ahli Arkeolog-Antropologi dari dua negara China-Turki menyatakan bahwa kayu yang digunakan oleh Nabi Nuh dalam membangun bahtera atau kapalnya saat itu yang kini menjadi misteri peradaban dunia adalah berbahan dari kayu jati purba yang berasal dari pulau Jawa. Penelitian yang melibatkan 15 orang para ahli Arkeolog-Antropologi dari kedua negara tersebut membuktikan dengan melakukan riset dan uji terhadap ratusan fosil kayu purba dari berbagai negara .

4. Situs Megalitikum Gunung Padang, Cianjur, Indonesia

Situs Megalitikum Gunung Padang, Cianjur, Indonesia

Situs Megalitikum Gunung Padang, Cianjur, Indonesia

Satu lagi temuan bersejarah yang amat mencengangkan dunia adalah temuan Gunung Padang yang berbentuk Piramida yang berlokasi di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Situs Gunung Padang yang ada di Indonesia tersebut dinyatakan oleh para pakar arkeolog purba bahwa Gunung Padang adalah temuan Piramida tertua yang dibangun sekitar 20 ribu tahun yang lalu, sehingga melewati usia Piramida di Mesir yang baru berusia 5 ribu tahun.

5. Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur yang kini masuk kedalam jajaran Keajaiban Dunia memang sangat tak masuk akal dan menjadi misteri dalam pendiriannya. Candi Borobudur sempat terlupakan selama berabad-abad dan baru pada tahun 1814 M oleh Sir Thomas Stamford Rafles Candi Borobudur kemudian muncul kembali. Rafles adalah Letnan Gubernur Jendral Inggris, ketika Indonesia dikuasai Inggris pada tahun 1811 M-1816 M, dan hingga sekarang Candi Borobudur telah mengalami beberapa kali pemugaran.

Baca Juga:

broker mfxхорватия в июне отзывыдетектор лжи этогорящие путевки хорватия