5 Mitos Cara Hemat BBM | 5berita.com
5-mitos-cara-hemat-bbm_goyang-goyang-kendaraan

5 Mitos Cara Hemat BBM

Disaat kebutuhan akan bbm menjadi kebutuhan pokok masyarakat, maka banyak orang yang berusaha untuk menghemat konsumsi bbm. Namun sayangnya banyak tips hemat bbm yang sudah beredar ternyata salah bahkan bisa merusak kendaraan anda. Setidaknya ada 5 mitos yang banyak dipercaya banyak orang, berikut adalah 5 Mitos Cara Hemat BBM tersebut.

1. Goyang-goyang kendaraan
5-mitos-cara-hemat-bbm_goyang-goyang-kendaraan
Ini bisa dikatakann adalah mitos yang berlaku internasional, mereka menganggap kalau menggoyang goyangkan kendaraan, semua rongga bisa terisi.

Faktanya, bensin adalah benda cair yang sifatnya menyesuaikan tempat dimanapun dia berada. Jadi tampa digoyang goyang bensin akan memenuhi tangki bensin anda. Justru jika Anda sering menggoyangkan kendaraan ketika mengisi bensin, kotoran di dalam tangki pun menjadi naik, sehingga bisa menyumbat lubang menuju ruang pembakaran.

2. Mencampur bahan kimia
5-mitos-cara-hemat-bbm_menggunakan-bahan-kimia
Banyak bahan kimia beredar yang dipercaya bisa membuat bensin menjadi lebih irit. Mitos kah?

Faktanya, dengan mencampur bensin dengan bahan kimia lain bisa merangsang reaksi kimia yang membuat ruang tangki menjadi korosi, sehingga dikhawatirkan bisa menyumbat lubang
pembakaran.

3. Memposisikan gigi netral
5-mitos-cara-hemat-bbm_posisi-gigi-netral
Banyak orang mengira dengan mengganti gigi perseneling ke posisi netral, ketika mengisi BBM akan membuatnya jadi lebih hemat. Hal ini diduga, karena tidak adanya injeksi BBM ke mesin. Sebab, tidak adanya tarikan gas ketika posisi perseneling netral.

Padahal, anggapan ini sesungguhnya tak beralasan. Sebab, mesin mobil zaman sekarang sudah dilengkapi sensor yang dengan otomatis akan menutup jalan injeksi bahan bakar ke mesin ketika mesin sedang tak beroperasi.

4. Isi bensin pagi hari
5-mitos-cara-hemat-bbm_isi-bensin-pagi
Ini mitos yang paling populer, banyak yang mengatakan kalau isi bensin di pagi hari akan mendapatkan BBM yang kental dan lebih banyak.

Faktanya, BBM itu sendiri sudah memiliki suhu yang panas, karena disimpan di dalam tangki dan ditimbun di dalam tanah.

5. Isi bensin sampai luber
5-mitos-cara-hemat-bbm_isi-sampai-luber
Sebagian besar dari pengguna kendaraan pribadi, biasanya berpikir bahwa dengan mengisi tangki bensin sampai meluber akan membuat volume BBM yang masuk jadi lebih banyak

Faktanya, kelebihan muatan pada tangki bensin pada kendaraan masa kini akan langsung dideteksi oleh vapor recovery system dan langsung membuat tangki berisi normal seperti kapasitasnyaвиды укладки ламинатавелосипеды купить харьковукладка ламината стоимостьЛобановский