5 Mitos Unik di Jogja Yang Membuat Kamu Malah Ingin Mengunjunginya | 5berita.com
5-mitos-unik-di-jogja_tugu-jogja

5 Mitos Unik di Jogja Yang Membuat Kamu Malah Ingin Mengunjunginya

Mitos adalah cerita yang turun temurun diceritakan dari nenek moyang hingga saat ini yang tentu saja belum dapat dipastikan kebenarannya, namun pasti memiliki makna yang tersirat dibalik setiap mitos yang ada, mitos juga kerap kali dihubungkan dengan makhluk gaib untuk menambah seru cerita – cerita mitos tersebut, anehnya bukannya takut kadang kita malah penasaran ingin mengetahui kebenarannya.

Nah kali ini kita akan membahas tentang mitos unik yang ada di jogja yang akan membuat kamu malah ingin mengunjunginya. Mengunjungi beberapa tempat wisata di Jogja, kita tidak hanya disuguhi oleh bangunan-bangunan bersejarah atau suasana alam yang indah. Beberapa cerita mitos yang berkaitan dengan tempat-tempat tersebut juga menjadi bumbu yang membuat liburan ke Jogja menjadi semakin seru

Sebagai sebuah daerah yang sangat kental dengan budaya Jawa, Jogja memiliki banyak mitos yang justru membuat kita semakin penasaran. Berikut ini adalah 5 Mitos Unik di Jogja Yang Membuat Kamu Malah Ingin Mengunjunginya :

1. Mitos di Selokan Mataram
5-mitos-unik-di-jogja_selokan-mataram
Bagi kamu yang jarang ke Jogja atau bahkan belum pernah ke Jogja sama sekali, tentu sangat asing dengan Selokan Mataram

Selokan Mataram merupakan sebuah kanal yang pada masa penjajahan Jepang digunakan sebagai kanal irigasi. Panjang kanal ini mencapai 31,2 km dan melintasi wilayah sekitaran UGM. Ada sebuah mitos tentang Selokan Mataram yang boleh dipercaya boleh tidak. Konon, barang siapa yang meminum air dari Selokan Mataram ini akan kembali lagi ke Jogja suatu saat nanti. Masalahnya, kini air di Selokan Mataram itu tidak bersih seperti zaman dahulu, kini air selokan tersebut sudah kotor akibat telah bercampur dengan limbah karena lokasinya yang berada di tengah-tengah pemukiman. Tapi, kalau kamu memang mau mencoba, boleh-boleh saja.

2. Mitos dari permainan Masangin di Alun-alun Kidul
5-mitos-unik-di-jogja_permainan-masangin
Alun-alun Kidul adalah salah satu tempat yang cukup asik untuk menikmati suasana sore di Jogja. Disana, kita bisa menikmati sore sambil bermain gelembung udara atau berkeliling menggunakan sepeda wisata, atau menikmati kuliner yang ada disekitaran alun – alun tersebut. Tempat ini biasanya akan semakin ramai mulai sore hingga malam hari.

Ketika anda berada di alun – alun ini anda akan melihat dua buah pohon beringin besar, nah ada sebuah permainan yang wajib dicoba yang berkaitan dengan dua buah pohon beringin besar tersebut, nama permainannya adalah Masangin. Aturan permainan ini sangat sederhana, kita ditantang untuk berjalan melewati sela-sela diantara dua pohon beringin besar yang ada di tengah alun-alun. Terdengar gampang? Jangan senang dulu karna kita harus berjalan dalam keadaan mata tertutup. Menurut mitos yang beredar, hanya orang-orang yang berpikiran bersih saja yang berhasil melewati sela-sela diantara dua pohon beringin tersebut. Selain itu, jika kita berhasil melakukan permainan ini, apa yang kita cita-citakan akan terpenuhi. Ketika anda pergi kesana sore atau malam hari, pasti kalian akan melihat banyak orang yang melakukan permainan Masangin ini, sayangnya banyak orang yang gagal ketika mencoba permainan ini.

3. Mitos di Pantai Parangtritis
5-mitos-unik-di-jogja_Pantai-Parangtritis
Mitos yang satu ini agak-agak ngeri. Konon, ketika berkunjung ke Pantai Parangtritis kita sebaiknya tidak mengenakan pakaian yang berwarna hijau. Alasannya?

Pantai Parangtritis sangat identik dengan Nyi Roro Kidul, sang penguasa Pantai Selatan yang dikenal sangat menyukai warna hijau. Jika kita berenang di Pantai Parangtritis menggunakan pakaian berwarna hijau, ombak yang datang ke arah kita akan semakin besar dan berpotensi menyeret kita ke tengah laut. Menurut mitos, mereka yang terseret ke tengah laut adalah mereka yang disukai oleh Nyi Roro Kidul dan akan dijadikan budak oleh Nyo Roro Kidul di kerajaan gaibnya.

Sebenarnya, sudah ada penelitian ilmiah yang membuktikan tentang kondisi ombak yang kadang datang secara tiba-tiba dalam ukuran yang besar. Hal itu disebabkan oleh kondisi topografi dasar pantai di Parangtritis. Tapi namanya juga mitos. Kita boleh percaya, boleh juga tidak, tapi yang harus kamu tahu adalah, sunset disini keren dan akan membuatmu terpesona.

4. Mitos di Tugu Jogja
5-mitos-unik-di-jogja_tugu-jogja
Sebelum aksi tercela seorang bule yang mencoret-coret Tugu Jogja beberapa waktu lalu, banyak wisatawan yang berpose di sekitar Tugu Jogja. Beberapa dari mereka bahkan memeluk bangunan bercat putih tersebut. Pelukan itu bukan tanpa alasan karna menurut mitos, barang siapa yang berhasil memeluk Tugu Jogja akan kembali lagi ke Jogja suatu hari nanti. Mirip dengan mitos di Selokan Mataram namun beda cara. Sayangnya, hal ini sekarang sudah tidak bisa lagi dilakukan karna bagian tugu telah dipagari demi mencegah aksi yang bisa merusak Tugu Jogja seperti yang dilakukan oleh “bule gila” beberapa waktu lalu.

5. Mitos di Candi Prambanan
5-mitos-unik-di-jogja_candi-prambanan
Candi Prambanan yang merupakan sebuah candi Hindu terbesar di Asia Tenggara memiliki sejarah yang unik terkait penciptaannya. Candi ini diciptakan atas dasar cinta

Bandung Bondowoso yang menaruh hati pada Roro Jonggrang berniat untuk mempersuntingnya. Dalam hati kecilnya, Roro Jonggrang tidak menyukai Bandung Bondowoso namun tetap menerima niat baik Bandung Bondowoso dengan mengajukan sebuah syarat yakni mempersembahkan seribu candi dalam satu malam. Demi cintanya, Bandung Bondowoso menyanggupi permintaan tersebut. Tanpa diduga, Roro Jonggrang berbuat curang hingga menggagalkan upaya pembangunan candi tersebut sehingga murkalah si Bandung Bondowoso. Ia lalu mengutuk Roro Jonggrang menjadi sebuah patung dan dijadikan bagian dari Candi Prambanan

Nah, berbekal sejarah tersebut, ada mitos yang beredar di masyarakat bahwa barang siapa yang mengunjungi Candi Prambanan dengan sang kekasih maka kisah cintanya akan berakhir seperti kisah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang, yakni mereka akan berpisah. Kamu berani mengunjungi tempat ini bersama pasanganmu?Лобановскийпроверить позиции сайта в яндексепродвижение сайта в google1сбитрикс