5 Negara Terluas di Dunia | 5berita.com

5 Negara Terluas di Dunia

Kita berdiam diri di sebuah negara dan merupakan seorang warga negara, namun apakah kamu tahu apa itu negara? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia negara adalah organisasi di suatu wilayah yg mempunyai kekuasaan tertinggi yg sah dan ditaati oleh rakyat, sehingga jika dilihat secara arti maka sebuah negara itu memiliki penduduk baik itu sebagai pemerintah maupun warga sipil juga wilayah yang menjadikannya satu.

Berjalannya suatu negara itu biasanya dikarenakan banyak faktor dari mulai penduduknya itu sendiri hingga tunjangan kekayaan alamnya. Demikian juga dengan keluasan wilayah meskipun tidak menjadi penentu namun dengan luas wilayah yang cukup besar maka kemungkinan untuk mengeksplorasi potensi-potensi yang ada semakin besar. Meskipun demikian tidak berarti negara dengan wilayah kecil tidak mampu bersaing dan maju, sebab bukan hanya faktor itu saja yang menjadi penentu. Namun berikut ini adalah beberapa negara yang memiliki wilayah paling luas dibanding dengan negara-negara lainnya di dunia.

5. Brasil (8.511.965 km persegi)

foto1

Berlokasi di Amerika Selatan Brasil ini menempati posisi ke 5 sebagai negara dengan luas wilayah terbesar ke 5 di dunia. Brasil terdiri dari 26 negara bagian dan 1 distrik federal. Nama Brasil diambil dari nama kayu lokal yang tumbuh di sana. Dengan sistem presidensial Brasil melakukan pemilihan prsiden dan wakilnya dalam periode 4 tahun sekali. Negara ini juga memiliki hutan yang luas dan berfungsi sebagai salahsatu paru-paru dunia yaitu hutan Amazon.

4. China (9.596.960 km persegi)

china

Negara yang berada di timur Asia ini terkenal karena memiliki luas wilayah yang besar dan menempati posisi pertama sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Rpeublik Rakyat Tiongkok atau dikenal dengan Republik Rakyat China ini menganut paham komunis dan didirikan pada tahun 1949 di masa berakhirnya perang saudara Tiongkok.

3. Amerika Serikat(9.629.091 km persegi)

city-sky-chicago-illinois-usa-night-world

Negara dengan penduduk yang sangat multietnik dan dianggap sebagai negara termaju di dunia ini memiliki luas wilayah yang cukup besar, yakni mencapai 9.629.091 km persegi . Amerika Serikat (A.S) atau yang lebih akrab dipanggil Amerika Saja ini merupakan sebuah negara dengan bentuk republik konstitusional federal di mana di dalamnya terdapat 50 negara bagian dan sebuah distrik federal. Berlokasi di bagian tengah Benua Amerika negara ini berbatasan dengan Kanada di Sebelah utara dan Rusia Di sebelah barat. Jumlah penduduknya mencapai 315 juta jiwa dan menempati peringkat ke 3 di dunia sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak.

2. Kanada (9.976.140 km persegi)

550588

Negara dengan ibukota Ottawa ini berlokasi di utara Amerika. Kanada memiliki luas wilayah hingga mencapai 9.976.140 kilometer persegi hingga menempati posisi nomor 2 sebagai negara dengan luas wilayah terbesar di dunia. Negara ini termasuk sebagai salahsatu negara maju di dunia di mana perekonomiannya bergantung pada hasil alamnya yang melimpah.

1. Rusia (17.075.200 km persegi)

Moscow-Russia-City-Night

Coba kamu ambil globe atau lihat atlas punyamu lalu lihat posisi negara Rusia, besar bukan? Ya, Rusia merupakan negara dengan luas wilayah paling besar di dunia dengan luas wilayah 17.075.200 kilometer persegi, dua kali lebih besar dari negara Tiongkok. Negara dengan ibukota Moskow ini memiliki wilayah yang terbentang dari timur Eropa hingga utara Moskow ini juga memiliki populasi penduduk yang cukup besar dengan menempati peringkat ke tujuh di dunia. Rusia juga pernah bergabung menjadi bagian dari Uni Soviet. Dalam perkembangannya Rusia berkembang dari yang sistem pemerintahan kerajaan hingga kini presidensial.

Baca Juga

5 Fakta Kapal Titanic Sebelum Tenggelam, Bikin Merinding!

5 Tempat Terkenal yang Ditinggalkan Oleh Penghuninya

5 Tempat Wisata Terseram Di Duniaалександр лобановский фотолечение зубов Москва101 otzyvдитячий коврик