5 Pantai Cantik Yang Ada di Indonesia | 5berita.com
5-pantai-cantik-yang-ada-di-indonesia_pink-beach

5 Pantai Cantik Yang Ada di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara kepulauan terluas di dunia, maka tak heran kalau di Indonesia banyak pantai – pantai yang cantik, tak hanya pantainya, biota dan pemandangan bawah lautnyapun sudah sangat dikenal oleh dunia. Dari banyaknya pantai – pantai cantik yang ada di Indonesia, berikut adalah 5 diantaranya :

5 Pantai Cantik Yang Ada di Indonesia :

1. Raja Ampat Papua
5-pantai-cantik-yang-ada-di-indonesia_raja-ampat
Siapa tidak kenal Raja Ampat? pasti setiap orang yang suka dengan pemandangan yang cantik tahu raja ampat atau paling tidak memiliki keinginan untuk pergi kesana. Raja Ampat menyajikan pemandangan yang teramat cantik yang bahkan sudah diakui oleh dunia. Berbagai jenis terumbu karang ada di sini yang bahkan mungkin tidak ada di tempat lain, selain itu raja ampat memiliki air laut yang jernih dengan pulau – pulau cantik yang rapih berada di sekitarnya yang menambah ke-eksotisan tempat ini. Raja Ampat merupakan destinasi wisata manca negara, eksotisme raja ampat mampu menghipnotis siapapun untuk mengunjunginya. Raja Ampat secara geografis berada di timur Indonesia, Kabupaten Manokwari Papua Barat.

Raja Ampat sangat cocok untuk para pecinta wisata bahari maupun penyelam. Khusus bagi para penyelam, keindahan bawah laut perairan di Raja Ampat, adalah daya tarik utama mereka. Pantai Raja Ampat memilki empat pulau yang berukuran besar. Keempatnya, seperti Pulau Batanta, Pulau Waigeo, Pulau Salawti, dan Pulau Misool. Di kawasan kepulauan ini, tak hanya keindahan pantai Raja Ampat saja. Raja Ampat juga menyimpan mutiara berharga yang langka keberadaannya. Apa itu? Spesies ikan pari manta, hiu abu-abu, kuda laut, penyu, ikan duyung, ikan barkuda, ikan tuna, dan lain-lain.

2. Pantai Nembrala
5-pantai-cantik-yang-ada-di-indonesia_nembrala
Kamu hobi surfing? Tempat ini cocok untuk kamu, Pantai Nembrala. Pantai Nembrala terletak di pulau Rote, sebuah pulau yang terletak di ujung selatan wilayah negara Indonesia. Pulau Rote masuk dalam wilayah pemerintahan provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pantai Nembrala juga disebut-sebut sebagai Kuta-nya Pulau Rote dengan hamparan pasir pantainya yang berwarna putih bersih. Air lautnya pun berwarna biru dan memberi nuansa segar. Sedangkan banyaknya pepohonan yang tumbuh di pinggir pantainya semakin membuat kawasan ini terasa sejuk. Bagi para pemburu ombak dari seluruh dunia yang datang ke Indonesia, Pantai Nembrala telah menjadi salah satu magnet yang mampu menarik mereka untuk menantang ombak yang merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Pantai Nembrala memiliki ombak berskala internasional sehingga tidak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang mengunjunginya. Suasana Pantai Nembrala masih jauh dari keramaian sehingga kebanyakan dari pengunjung lebih gemar bermain dengan tingginya ombak di pantai ini.

Untuk mencapai pulau ini Anda perlu melakukan penerbangan dari Bali menuju kota Kupang (Bandar Udara El Tari). Sesampainya di Kupang, kamu bisa menginap terlebih dahulu di kota ini atau langsung menuju pulau Rote. Perjalanan dapat dilanjutkan dengan mobil menuju Pelabuhan Tenau sekitar 30 menit. Penyebrangan melalui Pelabuhan Tenau ke Pulau Rote dengan menumpang kapal Ferry menuju Pantai Baru (Pelabuhan di Pulau Rote) dimana perjalanan dilakukan sekitar 3-4 jam atau dengan menggunakan kapal cepat menuju Kota Ba’a sekitar 40-60 menit. Setelah Anda menginjak kaki di Kecamatan Ba’a, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan roda empat sekitar 1,5 jam. Meskipun harus menempuh jarak yang cukup jauh dan biaya yang tidak sedikit, namun semuanya akan terbayar lunas dengan keindahan panorama yang di sana. Dan pantai Nembrala ini layak diacungi jempol oleh para pengunjungnya termasuk kalian.

3. Pantai Pink (Lombok)
5-pantai-cantik-yang-ada-di-indonesia_pink-beach
Selain Pulau Bali, ikon pariwisata di Indonesia yang namanya mulai dikenal para wisatawan dalam dan luar negeri adalah Pulau Lombok. Beragam wisata budaya dan wisata alam terdapat di Pulau ini. Salah satu wisata alam yang terkenal hingga ke pelosok dunia adalah Pantai Pink atau Pink Beach. Pantai Pink terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur, kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Pantai ini merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir pantai berwarna pink, dan satu dari dua pantai di Indonesia yang memiliki pasir pantai berwarna pink.

Untuk mencapai Pantai Pink, kalian akan menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Kota Mataram, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat. Hal tersebut dikarenakan rute yang ditempuh adalah jalanan yang rusak dan berlubang. Beruntungnya, tidak banyak yang mengetahui keberadaan pantai cantik ini. Letak Pantai Pink juga cukup tersembunyi dan jauh dari pusat kota, sehingga pantai ini tetap terjaga keindahannya. Pantai ini biasanya hanya digunakan sebagai tempat transit nelayan-nelayan yang berasal dari Desa Tanjung Luar.

Pantai ini sebenarnya bernama Pantai Tangsi. Kata Tangsi berarti “asrama” atau “barak”. Banyak yang menyebutkan bahwa bahwa pantai ini dulunya pernah digunakan sebagai barak atau markas tentara Jepang ketika mendarat di Lombok pada tahun 1942. Hal tersebut diperkuat dengan ditemukannya goa buatan dan juga sebuah meriam peninggalan Jepang tidak jauh dari pantai. Selain untuk persembunyian, goa tersebut menjadi tempat untuk mengintai musuh (sekutu) karena letaknya yang strategis dan persis menghadap pantai.

banyak yang penasaran mengapa warna pasir di pantai ini berwarna pink. Salah satu penjelasan mengemukakan bahwa warna pink tersebut terbentuk karena butir-butir asli warna putih pasir bercampur dengan serpihan karang merah muda. Pendapat lain menyebutkan warna pink pada pasir Pantai Pink terjadi karena adanya hewan mikroskopik bernama foraminifera yang memproduksi warna merah atau pink terang pada terumbu karang.

Selain kekhasan warna pasirnya, kekayaan bawah laut pantai ini sangat menawan. Tidak perlu menyelam sampai di kedalaman tertentu, kalian hanya perlu snorkeling dan keindahan berbagai biota laut di pantai ini akan terlihat jelas. Untuk snorkeling kalian harus membawa perlengkapan sendiri, karena tidak ada yang menyewakan peralatan di pantai ini. Selain menikmati keindahan biota laut dan menjelajahi goa bersejarah, kalian juga dapat menyewa perahu nelayan untuk mengelilingi gugusan pulau-pulau kecil yang berjarak hanya 2 km dari tepi pantai dan tidak jauh dari sekitaran pantai.

4. Pantai Klayar Pacitan
5-pantai-cantik-yang-ada-di-indonesia_klayar-pacitan
Pantai klayar menyimpan sejumlah keindahan alam yang mengagumkan. Anda dapat menemukan pesona dan keunikannya pada hamparan pasir yang putih, adanya karang raksasa laksana Sphinx, air mancur alami yang menyembur hingga setingi 10 meter, serta bebatuan karang dengan bentuk yang unik dan suguhan seruling samudera. Secara administratif pantai klayar terletak di kecamatan Donorejo. Tepatnya di Desa Klatak, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dari pusat kota pacitan pantai klayar dapat di tempuh dengan jarah perjalanan sejauh 40 km pada arah barat pacitan, dan menghabiskan waktu perjalan selama 1 jam.

Setiba di pantai klayar anda dapat dua karang setinggi pohon kelapa di sisi timur pantai. Karang inilah yang menjadi icon pantai klayar. Pada bagian belakang karang tersebut terdapat karang lain yang menahan terjangan ombak laut selatan. Satu hal yang menarik, diantara karang-karang tersebut ada sebuah karang raksasa yang dapat dikatakan mirip dengan tempat wisata Tanah Lot di Bali.

Di pantai klayar anda dapat menjumpai sebuah hal yang unik, yakni seruling samudera. Seruling samudera ini adalah sebutan untuk fenomena dimana terdapat cekungan yang ada pada bagian bawah tebing yang ada di pantai. Saat cekungan ini diterjang ombak laut maka air laut akan keluar menyembur kepermukaan melalui sela-sela bebatuan dan menghasilkan bunyi yang indah laksana bunyi seruling. Sebuah hal yang unik lainya adalah anda dapat menjumpai batu karang yang menyerupai bentuk Spinx sebagaimana yang ada di mesir. Keunikan ini terbentuk akibat banyaknya tebing-tebing tinggi dikawasan pantai klayar yang jika dilihat dari kejauhan menyuguhkan pemandangan laksana patung spinx.

Pantai klayar memiliki banyak tebing yang mengelilingi pantai. Satu hal yang patut di ingat anda tidak di perbolehkan berenang di pantai ini mengingat ombak yang tergolong besar. Dikala senja tiba, sunset di pantai klayar adalah salah satu yang menawan. Sejauh mata memandang horizon. Anda akan mendapati suguhan panorama pantai yang indah dengan suasana alami yang begitu kental.

Pesona pantai klayar yang menawan ini adalah salah satu tujuan yang layak anda masukan dalam rencana traveler anda. Tapi perlu diketahui bahwa akses menuju pantai ini terbilang tidak mudah. Jika anda ingin mengunjungi pantai klayar pacitan, anda akan menjumpai jalanan yang belum teraspal secara utuh serta berapa bagian yang rusak. Selain itu anda juga harus melewati jalan yang berkelok-kelok dan naik turun, sebuah hal yang menuntut anda berhati-hati dalam berkendara. Tetapi setiba di pantai anda akan disuguhkan pemandangan pantai yang indah.

5. Pantai Indrayanti
5-pantai-cantik-yang-ada-di-indonesia_indrayanti-jogja
Awalnya, pantai ini dikenal dengan Pantai Indrayanti. Penyebutan nama Pantai Indrayanti sebelumnya menuai banyak kontroversi. Indrayanti bukanlah nama pantai, melainkan nama pemilik cafe dan restoran. Berhubung nama Indrayanti yang terpampang di papan nama cafe dan restoran pantai, akhirnya masyarakat menyebut pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti.

Pantai Indrayanti tepatnya berada di desa Tepus, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Indrayanti ini menarik, karena terdiri dari hamparan pasir putih serta batuan karang. Di mana terbentuknya melalui proses sampai ribuan tahun. Oleh karena itu, tidak rugi apabila menjadikan Indrayanti sebagai pilihan destinasi anda saat liburan kali ini. Suasana serba modern di sekitar pantai, mungkin membuat Anda merasa sedang di Bali.

 

Sebenernya masih banyak lagi pantai – pantai yang cantik di Indonesia, misalnya saja di pulau blitung, yang mungkin lain kali akan dibahas, pokonya Indonesia itu cantik pake banget banget deh. Tapi sayangnya banyak tempat – tempat indah di Indonesia yang malah di kelola oleh orang asing, sedihhh……translate entire word documentмашины на пультеростовые куклы заказать на праздниккопировальный аппарат цены