5 Pantai Unik di Dunia | 5berita.com
Dusit Thani Maldives Beach_5berita

5 Pantai Unik di Dunia

Pantai memang merupakan tempat liburan luar ruangan yang indah, selain karena lebih mudah dijangkau pantai juga menyajikan panorama pemandang yang indah skaligus suasana yang berbeda. Diantara banyaknya pantai yang indah itu diseluruh dunia, ternyata ada juga pantai – pantai unik yang tak biasa, berikut adalah 5 pantai unik di Dunia versi 5berita:

Dusit Thani Maldives Beach

Dusit Thani Maldives Beach_5berita

5berita.com – Seorang fotografer taiwan mengambil gambar yang menakjubkan di pantai Dusit Thani Maldives.
Pasir berbintik – bintik biru yang memberikan pemandangan yang indah  dengan landscape malam hari menjadikan pantai ini sungguh luar biasa. Pantai ini terlihat seperti refleksi spektakuler langit berbintang di tanah.

Banyak yang mengira gambar yang diabadikan oleh sang fotografer adalah hoax(palsu), namun sang fotografer bersikeras bahwa gambarnya benar – benar nyata. Meskipun anda harus cukup beruntung untuk bisa menyaksikan pemandangan yang luar biasa ini.

Yang menyebabkan pantai tersebut memiliki warna biru tersebut adalah karena pantai ini dihuni oleh fitoplankton kecil yang memancarkan warna biru sapphire sebagai reaksi defensif terhadap gangguan di lingkungan mereka. Selain itu di Dusit Thani juga terdapat taman bahari yang dilindungi oleh UNESCO, yang merupakan tempat pemberian makanan untuk ikan Pari Manta dan Hiu Putih.

Jokulsarlon, Pantai Pasir Hitam di Iceland

Jokulsarlon, Pantai Pasir Hitam di Iceland_5berita

5berita.com – Pantai hitam yang luar biasa yang mengapit Jokulsarlon Glacial Lake di Taman Nasional Skaftafell selatan Islandia adalah fenomena baru yang baru. Konon terbentuk karena pemanasan global, yang menyebabkan gletser besar mulai mencair pada 1930-an. Tapi apa yang membuat pantai ini benar-benar aneh adalah gunung es yang mencolok pada kedua sisinya, dan Pasir hitam vulkanik ini sangat kontras dengan pecahan es yang ada di pantai ini.

Pantai Kaca di Fort Bragg, California

Pantai-Kaca-di-Fort-Bragg-California_5berita

5berita.com – Pantai yang memiliki pasir berkaca tersebut berada di California, AS,  namanya Glass Beach,  yang merupakan pantai berpasir kaca satu-satunya di dunia. Percaya atau tidak, pantai tersebut dinamakan Pantai Kaca sebab memang hamparan pasir pantainya penuh dengan kaca. Berwarna-warni sesuai dengan warna asal sampah botol atau sampah kaca yang dahulu dibuang di sepanjang pantai tersebut.

Asal mula fenomena aneh itu adalah tahun 1949, saat pantai di dekat Ford Bragg California Utara itu digunakan sebagai tempat pembuangan akhir dari berbagai macam sampah dari kota. Berbagai jenis sampah dibuang di sana, termasuk juga jenis botol dan sampah kaca lainnya.Baru di tahun 1960-an, kegiatan pembuangan sampah kota di pantai itu dihentikan. Sampah lain dibersihkan dan dibuang ke tempat lain agar pantai menjadi bersih.Namun tentu saja tidak semua sampah bisa dibersihkan. Kaca dan botol yang tidak bisa diambil dibiarkan saja di pantai tersebut.Dan karena proses alami, tergerus ombak dan angin laut yang kencang, serta gesekan dengan benda laut dan pasir, menyebabkan bentuk kaca yang tertinggal di pantai itu menjadi halus dan menyerupai batu.

Kini, pantai tersebut dikenal sebagai Pantai Kaca karena hamparan pantainya memang dipenuhi oleh kaca yang berwarna-warni Dan Glass Beach telah masuk sebagai salah satu bagian dari Taman Nasional MacKerricher, California, Amerika Serikat. Indah sekali, sebab pantulan sinarnya bening, namun tidak menyebabkan kaki pengunjung pantai itu luka. Sayangnya, Dailymail merilis bahwa sekarang pengunjung banyak yang mengambil potongan kaca di pantai tersebut untuk kenang-kenangan. Itu membuat kelestarian Pantai Kaca terancam.

Pantai Kulit Kerang di Shark Bay, Australia

Pantai-Kulit-Kerang-di-Shark-Bay-Australia_5berita

5berita.com – Shell Beach atau Pantai Kerang terletak 45 kilometer sebelah tenggara Denham, Shark Bay, Australia Barat. Pantai seluas 120 km persegi ini dipenuhi oleh jutaan cangkang kerang. Sebagian dari cangkang tersebut malah sudah mulai memenuhi pasir pantai yang putih.

Sebenarnya kejadian ini tidaklah aneh. Air laut di Pantai Kerang ini memang dikenal memiliki tingkat keasinan air yang tinggi karena geomorfologi dan iklim lokal daerahnya. Oleh karena itu, perkembangbiakan kerang di sini sangat tidak terkendali, Karena predator kerang tidak suka hidup di pantai ini. Ketika kerang telah mati, cangkangnya terbawa ombak hingga menutupi seluruh permukaan pantai. Hal tersebut telah berlangsung selama ribuan tahun.

Kulit kerang tersebut ternyata tidak hanya di bibir pantai saja, tapi juga ada di dasar lautnya. Ratusan meter dari bibir ke arah lepas pantai, Anda masih bisa menemukan cangkang kerang yang berserakan. Kerang-kerang itu saat ini telah memiliki lisensi untuk ditambang sebagai produksi kalsium untuk pakan unggas dan pupuk bagi perkebunan. Di tahun-tahun awal, kerang-kerang tersebut juga ditambang dan digunakan sebagai material konstruksi bangunan.

Hidden Beach Meksiko

hidden-beach-meksiko_5berita

5berita.com – Pantai ini bernama Hidden Beach atau pantai tersembunyi. Pantai ini berlokasi di pulau Marieta, Meksiko. Pantai ini dikelilingi oleh batuan karang yang menjulang ke atas. Itulah sebabnya, pantai ini seakan berada di bawah lubang goa yang besar, dan tidak terlihat jika kita tidak melongok ke dalam lubang tersebut !

Pemandangan di hidden beach ini sangat indah. Air lautnya, berwarna biru jernih. Bahkan, terumbu-terumbu karang yang ada di dalamnya pun dapat terlihat jelas. tidak hanya itu, Pasir di hidden beach ini juga putih dan bersih. Pokoknya, pemandangan di pantai tersembunyi ini sangaaatt indah!

Biasanya, setelah pergi ke pantai, kulit kita akan berubah menjadi sedikit lebih hitam. Itu karena pantai yang kita kunjungi ada di alam terbuka. Tetapi lain cerita kalau pergi ke hidden beach ini. Kita enggak perlu takut hitam! Itu karena pantai ini ditutupi oleh lubang goa karang. Jadi, di beberapa bagian pantai agak teduh dari sinar matahari. Eits, tetapi bukan berarti enggak bisa berjemur menikmati sinar matahari,lo. Tentu saja bisa. Kita tinggal memilih bagian pantai yang tidak tertutup oleh batuan karang. Wah, asyik, ya, ke pantai tanpa takut hitam!