5 Pengaruh Kafein Terhadap Tubuh | 5berita.com
5-pengaruh-kafein-terhadap-tubuh

5 Pengaruh Kafein Terhadap Tubuh

Saat ini kafein sudah menjadi sebuah gaya hidup bagi kebanyakan orang, bahkan beberapa orang sepertinya tidak dapat hidup tanpa kafein. Kafein memang bisa menyebabkan seseorang menjadi kecanduan, karena kafein adalah stimulan sistem syaraf pusat yang langsung dapat membuat otak kita menjadi segar seketika sehingga dipercaya sebagai penghilang rasa kantuk. Namun hal yang instan pastinya meiliki resiko terhadap kesehatan apalagi jika dilakukan dalam jangka panjang.

Kafein sendiri biasanya dikonsumsi dalam bentuk makanan dan juga minuman ringan, seperti, coklat, soda, teh dan yang paling pekat adalah kandungan kafein dalam kopi. Berikut adalah 5 Pengaruh Kafein Terhadap Tubuh :

1. Kafein Tidak Membuat Anda Bisa Menghindari Rasa Kantuk
Seperti dijelaskan diatas, bahwa kafein lebih dipercaya dapat menghindarkan seseorang dari rasa kantuk dan akhirnya membuat mereka tercegah dari tidur. Namun sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kafein tidak memberikan pengaruh berarti bagi tidur seseorang. Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya percobaan dimana seseorang diberikan kafein pada minumannya sebelum ia hendak tidur, dan secara mengejutkan didapat hasil bahwa tidak terjadi perubahan secara berarti dengan tidurnya. Dengan demikian, mungkin saja efek kafein yang dirasakan seseorang selama ini merupakan sugesti belaka.

2. Kafein Membuat Seseorang Merasa Lebih Baik
Bagi para penikmat kafein, beberapa gelas kopi akan membuat mereka merasa lebih baik. Namun jika kopi yang dikonsumsi jumlahnya terlalu banyak malah akan membuat mereka merasa tidak lebih baik. Dosis yang sedang adalah kuncinya, jika kafein yang anda konsumsi ingin membuat anda merasa lebih baik. Lantas seberapa sedang jumlah kafein tersebut? semua ini bergantung pada seberapa banyak kebiasaan anda meminumnya, juga tergantung dari gen anda yang menentukan seberapa besar tubuh anda mampu menampung dosis kafein. Jika anda adalah seorang penikmat kafein, maka ukuran sedang untuk anda akan jauh lebih besar dibandingkan dengan kerabat anda yang orangtuanya bukanlah penikmat kafein.

3. Kafein Dapat Mempengaruhi Sistem Saraf
Kafein memberikan stimulan yang sangat cepat ke otak,  Jadi jika terlalu banyak mengkonsumsi kafein akan memberikan dampak yang cukup ekstrim terhadap jaringan saraf salah satunya adalah tangan yang terus bergetar, merasa pusing mual dan merasa cemas, sakit kepala. Parahnya, kondisi ini akan anda rasakan sepanjang hari.

4.System otot dan tulang
Terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat menyebabkan otot nyeri maupun pegal. Selain itu penyerapan kalsiun juga tidak optimal sehingga dapat menyebabkan tulang keropos

5.Sistem reproduksi
Kafein yang mengalir dalam darah akan menuju ke plasenta yang mana dapat mempengaruhi kesehatan janin. Dengan adanya kafein yang menuju keplasenta membuat metabolism pada janin terganggu. Selain itu, jumlah kafein yang berlebihan dapat mengganggu produksi estrogen dan metabolisme, sehingga membuat seorang ibu sulit untuk hamil.туры в хорватию из калининградаотзовикмягкие зубные протезыкосметика