5 Penyanyi Dengan Oktaf Tertinggi | 5berita.com
5 Penyanyi Dengan Oktaf Tertinggi Mariah Carey 5berita Mariah Carey 5berita

5 Penyanyi Dengan Oktaf Tertinggi

Sebelum melihat 5 penyanyi dengan oktaf tertinggi ada baiknya kita mengetahui hal – hla berikut terlebih dahulu

Pada mulanya pembagian wilayah vokal manusia hanyalah ditujukan untuk seni paduan suara di Eropa. Namun sekarang, hal itu telah dijadikan patokan tipe vokal seorang penyanyi.

Setiap wilayah memiliki jangkauan sekitar 2 oktaf, ini adalah standar rata-rata jangkauan suara asli manusia. Tentunya tidak mutlak karena setiap manusia memiliki jangkauan suara yang berbeda-beda. Ada yang hanya menjangkau 1,5 oktaf hingga ada yang memiliki jangkauan 3 oktaf. Namun biasanya lebih dari itu, suara penyanyi sering terbantu dengan register lain secara tidak sadar. Misalnya untuk nada rendah terbantu vocal fry, dan di nada tinggi terbantu mixed voice.
Berikut adalah pembagian wilayah manusia, tiap wilayah satu dengan wilayah lainnya terpaut sekitar 2 nada:

  1. Contrabass
    Memiliki wilayah sekitar C2/C#2 hingga C4/C#4. Contohnya penyanyi papan atas Trindel Wong Elek yang memiliki modal register sekitar C2-C4 saja.
  2. Bass
    Memiliki wilayah sekitar E2/F2 dan tertinggi E4/F4. Misalnya Ikhsan “Idol”.
  3. Bariton
    Memiliki wilayah sekitar G#2/A2 hingga G#4/A4.
    Kebanyakan wilayah contrabass, bass, & bariton dimiliki oleh pria dan jarang untuk wanita meskipun Mariah Carey, Georgia Brown, Chaka Khan, & Whitney Houston dapat mencapai nada rendah A2. Di Indonesia 70% vokalis pria suaranya berada di wilayah ini, tidak perlu disebutkan satu persatu karena jumlahnya terlalu banyak.
  4. Tenor/Contralto
    Memiliki wilayah sekitar C3/C#3 hingga C5/C#5. Wilayah ini sering dimasukkan ke dalam wilayah tinggi pria. Untuk pria wilayah ini disebut tenor, sedangkan untuk wanita disebut contralto. Wilayah inilah yang kebanyakan dipilih oleh produser/musisi & ajang pencarian bakat di Indonesia baik untuk penyanyi pria maupun penyanyi wanita. Misalnya Judika, Afghan, Once, Kikan, Memes, Laudya C Bella, Shella Marcia, Dewiq, Ipank, Anang & Ashanty, Tantri dll. Sehingga tinggi rendahnya suara wanita menjadi sejajar.
  5. Alto /Countertenor
    Memiliki wilayah sekitar E3/F3 hingga E5/F5. Untuk wanita wilayah ini disebut alto, sedangkan untuk pria disebut countertenor. Alto itu sendiri berarti tinggi. Ya, memang tinggi buat kaum adam. Namun untuk kaum hawa sering termasuk dalam wilayah rendah wanita. Wilayah inilah yang kebanyakan dipilih oleh produser/musisi di Indonesia/Malaysia untuk penyanyi wanita. Misalnya KD, Titi Dj, Syahrini, Rossa, Ute, BCL, Nike Ardilla, Poppy Mercury, Inka Christie, Siti Nurhaliza, Ella, dll. Sedangkan untuk yang bersuara Mezzosopran/Sopran lebih jarang dipilih.
  6.  Mezzosopran
    Memiliki wilayah sekitar G#3/A3 hingga G#5/A5. Wilayah ini hanya dimiliki oleh wanita (murni suara asli bukan mixed voice). Penyanyi yang sering bernyanyi di wilayah ini diantaranya Yelse, Vina, Rita Butar Butar, Jaclyn Victor, Agnes Monica dan Ziana Zain.
  7. Sopran
    Memiliki wilayah sekitar C4/C#4 hingga C6/C#6. Sopran berarti supra/super, artinya diatas. Bahkan wilayah ini terlalu tinggi untuk falsetto pria dalam musik opera/paduan suara.Di Indonesia penyanyi yang mencapai wilayah ini dengan suara asli/chest voice adalah Soimah Pancawati. Sedangkan untuk Gita Gutawa memang sering bernyanyi di wilayah ini namun ia menggunakan head voice di nada tingginya.
  8. Sopraneno/sopracuta (dari suatu sumber)
    Memiliki wilayah sekitar E4/F4 hingga E6/F6. Ada yang menyebutnya dengan Sopracuta. wilayah ini berada di atas sopran. Penyanyi yang mencapai wilayah ini adalah Tarja Turunen yang menurut sumber tertentu suara aslinya mencapai nada tertinggi E6/F6.

Nah jika sudah tahu, maka sekarang akan kita lihat 5 Penyanyi Dengan Oktaf Tertinggi.

5. Mariah Carey

5 Penyanyi Dengan Oktaf Tertinggi Mariah Carey 5berita Mariah Carey 5berita

Jangan kaget jika Maria hanya diposisi ini, pasti banyak yang mengidolakan, tapi nyatanya Maria hanya mampu bernyanyi sampai 5 oktaf saja, suara tingginya terlihat pada lagunya yg berjudul O HOLY NIGHT dan DREAM LOVER. Mariah Carey, ia lahir pada tanggal 27 maret 1970 di New York. Diva papan atas ini sering disebut sebut sebagai wanita dengan kemampuan vokal setinggi 7 oktaf, nyatanya, ”Vocal Range” nyalah yang mencapai nada F#7 dan nada terendah F#2. Berarti, suara yang dihasilkan mencapai 5 oktaf. Banyak berita salah yang menyebutkan bahwa Mariah Carey adalah Diva pop dengan kemampuan suara setinggi 7 bahkan 8 oktaf.

4. Whitney Houston

5 Penyanyi Dengan Oktaf Tertinggi whitney houston 5berita
Penyanyi dari lagu terkenal “I will always love you” ini memiliki rentang vokal yang hampir sama dengan Mariah Carey, yaitu 5 oktaf. Namun, pada saat mencapai nada tertinggi, artikulasi Whitney lebih jelas daripada Mariah Carey.

 

3. Minnie Riperton

5 Penyanyi Dengan Oktaf Tertinggi minnie Riperton 5berita

Lagu yg paling populer dari Minnie adalah “LOVING”. Berbeda dengan penyanyi sebelumnya yg ada diposisi di atasnya. Minnie dapat mencapai 5 oktaf namun nadanya lebih tinggi daripada dua penyanyi diatas. yakni 5 Oktaf 3 stengah nada.

 

2. ADAM LOPEZ

5 Penyanyi Dengan Oktaf Tertinggi ADAM LOPEZ 5berita
Siapa sangka kalau posisi kedua ditempati oleh penyanyi pria asal australia yaitu adam lopez. Yang kemampuan bernyanyinya sampai di 6 oktaf. Lopez pernah mendaftarkan diri di GUENNIES WORLD RECORDS. Dan mampu dijuluki manusia bersuara tinggi. Pada waktu menyanyi bernada tinggi, suara LOPEZ terdengar seperti percakapan ikan PAUS.

 

1.GEORGIA BROWN

5 Penyanyi Dengan Oktaf Tertinggi GEORGIA BROWN 5berita

Inilah penyanyi dengan oktaf tertinggi di dunia,ia lahir di Naples Italy tanggal 29 Juni 1980. Dengan kemampuan ”Vocal Range” dari nada G2 sampai nada G10. Tentu saja namanya terdaftar dalam ”Guinness World Record” sebagai manusia dengan kemampuan nada tertinggi. Georgia Brown juga memiliki suara setinggi 8 oktaf. Bahkan, kemampuan ”Belting Battle” nya atau kemampuan bernyanyi dengan Lirik (Bukan Falsetto) ia mampu melakukannya sampai setinggi 5 oktaf. Bandingkan dengan Mariah Carey atau penyanyi ternama lainnya yang biasanya hanya mampu bernyayi dengan lirik sampai setinggi 3 atau 2 oktaf.

 Shadow Fight 2полигон ооопрозрачные каппыцена на ноутбук