5 Perayaan Unik Imlek 2016 Dari Berbagai Kota di Indonesia | 5berita.com

5 Perayaan Unik Imlek 2016 Dari Berbagai Kota di Indonesia

Berita Unik, 5Berita.com – Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai di hari pertama bulan pertama (bahasa Tionghoa: 正月; pinyin: zhēng yuè) di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh 十五冥 元宵节 di tanggal kelima belas (pada saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chúxī 除夕 yang berarti “malam pergantian tahun”.

Di indonesia sendiri Momen Imlek 2016 ternyata juga menyuguhkan banyak perayaan khas  dari berbagai kota di indonesia yang tentu bisa menambah wawasanmu tentang serba-serbi budaya Tionghoa.

Berbeda dengan perayaan imlek 2016 di negara lain, perayaaan imlek 2016 di indonesia sendiri telah berbaur dengan kekayaan tradisi lokal bangsa Indonesia.

Mau tau seperti apa perayaan unik imlek 2016 di berbagai kota di indonesia? , Berikut 5 Perayaan Unik Imlek 2016 Dari Berbagai Kota di Indonesia:

1. Atraksi Tatung di Singkawang Imlek 2016

Tatung Singkawang 2016

Tatung Singkawang 2016

Singkawang, kota di indonesia yang mungkin jarang kamu dengar, Singkawang adalah kota kecil yang terletak di provinsi Kalimantan Barat. ketika momen Imlek 2016, Singkawang terkenal sebagai kota penyelenggara Cap Go Meh terbesar di Asia Tenggara. Hal yang di tunggu-tunggu di dalam perayaan Cap Go Meh di singkawang adalah pawai Tatung, Siapaun yang melihatnya bisa dipastikan akan terpana dengan atraksi yang dipamerkan oleh para Tatung.

2. Perayaan Jogja Dragon Festival Imlek 2016 di Jogja

Jogja Dragon Festival 2016

Jogja Dragon Festival 2016

Jogja memang kota yang istimewa! Kota wisata ini juga punya agenda istimewa untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek 2016. Namanya Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY). Di Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta kamu bisa para pengunjung bisa menyaksikan Jogja Dragon Festival, dimana puluhan barongsai cantik nan rancak akan berpawai di sepanjang Jalan Malioboro.

3. Perayaan Bogor Cap Go Meh Street Festival 2016 di Bogor

Perayaan Bogor Cap Go Meh Street Festival 2016

Perayaan Bogor Cap Go Meh Street Festival 2016

Bogor Cap Go Meh Street Festival 2016 adalah pesta rakyat terbesar kota Bogor, dimana siapaun akan dihibur oleh sekitar 10 ribu orang pengisi acara, Bogor Cap Go Meh Street Festival dipusatkan di seputar kawasan Jalan Surya Kencana dan Siliwangi, Di festival ini sendiri kita bisa menjumpai kirab bendera merah putih, prosesi tandu Eyang Raden Suryakencana, prosesi tandu Dewa Hok Tek Tjeng Sin, Dewi Kuan Yin, Dewa Kwan Kong, prosesi barisan pengawal berupa Kie Lin,barongsai dan komunitas-komunitas budaya dan kreatif di Bogor.

4. Merasakan kemeriahan Pasar Semawis Semarang

Pasar Semawis Semarang Imlek 2016

Pasar Semawis Semarang Imlek 2016

Di Hari Imlek 2016, Pasar Semawis akan berlangsung jauh lebih meriah dari pada hari biasanya. Jalan Warung dan jalan-jalan lain di lokasi Pasar Semawis, akan dipenuhi lampion dan aneka aksesoris Imlek 2016 yang serba merah. Ada panggung yang akan menampilkan wayang potehi, gambang Semarang, jipin, twa kok djwee, barongsai, permainan toyo, tambur, wushu, dan kesenian khas klenteng-klenteng pecinan lokal.

5. Perayaan Grebeg Sudiro di Kota Solo

Perayaan Grebeg Sudiro di Solo 2016

Perayaan Grebeg Sudiro di Solo 2016

Acaranya memang untuk memeriahkan Imlek 2016 tapi nuansa Jawa sangat kental pada acara Grebeg Sudiro, di acara ini sendiri kamu bisa meyaksikan arakan Gunungan berisi kue keranjang dan aneka hasil bumi berserta ubo rampenya yang digotong oleh para bapak berbusana lurik. Unik! Lalu disusul karnaval pertunjukan barongsai, kesenian Tionghoa dan Jawa, juga disemarakkan atraksi berbagai komunitas dari suku bangsa di Indonesia.

Baca Juga:

ноутбуки киев купить недорогоноутбук intel core i5biol.com.ru отзывыавтоматическое наполнение сайта