5 Perguruan Tinggi di Indonesia Yang Menyediakan Jurusan Game | 5berita.com
5-perguruan-tinggi-indonesia-yang-menyediakan-jurusan-game_universitas-multimedia-nusantara-umn

5 Perguruan Tinggi di Indonesia Yang Menyediakan Jurusan Game

Kita tahu bahwa di China sudah ada jurusan tentang game, yang bahkan ada mata pelajaran yang mengharuskan kita bermain game. WOw…. Tentu hal ini merupaka impian dari banyak pelajar yang ada di Indonesia. Jika anda memang sangat menyukai game dan ingin kuliah untuk mempelajari game? Ternyata, hal ini sudah bukan lagi hanya ada dalam bayangan.

2014 lalu, laman Segitiga.Net telah mengumpulkan daftar yang memuat perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan jurusan game. Adanya jurusan ini, sepertinya bukan lagi hal yang asing sebab industri game sedang mengalami perkembangan pesat. Penasaran perguruan tinggi mana sajakah yang membuka jurusan ini? Berikut adalah 5 Perguruan Tinggi di Indonesia Yang Menyediakan Jurusan Game :

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
5-perguruan-tinggi-indonesia-yang-menyediakan-jurusan-game_institut-teknologi-bandung-itb
Dalam laman Segitiga.Net disebutkan bahwa Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi salah satu perguruan tinggi yang membuka jurusan game. Jurusan ini dibuka untuk program S2 dengan nama Teknologi Media Digital dan Game di Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB. Jurusan ini memiliki visi menjadi tempat pendidikan dan pembelajaran, serta riset dan pengembangan teknologi media digital dan game yang unggul, andal, dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi, dan bermartabat di dunia.

Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB juga memiliki peminatan terhadap game untuk jurusan S1 Desain Komunikasi Visual dan S2 Komunikasi Visual dan Multimedia. Game dikategorikan sebagai new media dan multimedia untuk kedua jurusan ini.

2. Binus University
5-perguruan-tinggi-indonesia-yang-menyediakan-jurusan-game_institut-teknologi-sepuluh-november-its
Perguruan tinggi berikutnya adalah Binus University. Universitas ini membuka secara khusus program S1 dengan topik spesifik mengenai game. Program ini bernama Game Application and Technology yang diluncurkan pada 2011 lalu. Dari program ini, Binus University mencoba melahirkan lulusan-lulusan yang siap terjun ke industry game.

3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
5-perguruan-tinggi-indonesia-yang-menyediakan-jurusan-game_institut-teknologi-sepuluh-november-its
Program S2 Game Technology-PKLN merupakan hasil kerja sama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan Depdiknas Biro Perencanaan Luar Negeri (PKLN). Jurusan ini merupakan gabungan antara bidang desain grafis dan teknik komputer. Target program ini adalah guru-guru Sekolah Menengah Atas (SMA) yang dididik sehingga menjadi Magister Teknik, yang mampu menyajikan modul-modul pembelajaran dalam bentuk game dan animasi software komputer.

4. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)
5-perguruan-tinggi-indonesia-yang-menyediakan-jurusan-game_universitas-multimedia-nusantara-umn
Universitas Multimedia Nusantara (UMN) memiliki program pendidikan Desain Komunikasi Visual (DKV) yang memfokuskan peminatan kepada game. Peminatan Interactive Media Design di UMN ini bertujuan menghasilkan lulusan yang mampu membuat desain game dan desain media interaktif dengan penekanan pada sisi artistik visual, gameplay, dan interaktivitasnya.

Program studi Teknik Informatika UMN juga memiliki peminatan untuk game development. Peminatan ini bertujuan menghasilkan lulusan berwawasan internasional yang kompeten di bidang rekayasa piranti lunak (software engineering), berjiwa wirausaha, dan berbudi pekerti luhur.

5. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)
5-perguruan-tinggi-indonesia-yang-menyediakan-jurusan-game_politeknik-elektronika-negri-surabaya-pens
Program D4 Teknologi Game di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dibentuk dengan visi untuk menjadi pusat unggulan atau center of excellence di bidang teknologi game di Indonesia. Pembentukan program ini lebih menitikberatkan terciptanya tenaga pengembang game secara menyeluruh mulai dari tahapan perencanaan sampai produk game bisa dipasarkan.