5 Senjata Aneh Dalam Perang Dunia ke II | 5berita.com
5-senjata-aneh-dalam-perang-dunia-ke-II_meriam-v-3

5 Senjata Aneh Dalam Perang Dunia ke II

Selain menelan banyak korban, perang dunia juga turut berkontribusi dalam pertumbuhan teknologi, khususnya di dalam dunia kesehatan, militer dan pertahanan, Komputer yang kita pakai saat inipun merupakan pengembangan dari teknologi informasi saat perang dunia.

Namun tak semua teknologi berjalan sesuai harapan, alih – alih membuat senjata militer yang efektif, senjata yang diciptakan malah terkesan aneh dan kurang efektif, berikut adalah 5 Senjata Aneh Dalam Perang Dunia ke II :

1. RANJAU UDARA
5-senjata-aneh-dalam-perang-dunia-ke-II_ranjau-udara
Roket peluncur proyektil unrotated adalah sistem antipesawat yang aneh. Dibuat untuk melindungi kapal-kapal dari pesawat musuh, proyektil unrotated ditembakan dari sebuah kapal, dan setelah mencapai ketinggian 1.000 kaki akan meledak dan menghamburkan ranjau yang menggunakan parasut dengan dihubungkan kabel 400 kaki.

Idenya adalah untuk menciptakan sebuah ladang ranjau di udara dimana pesawat musuh akan terjerat dalam kekacauan kabel, menarik pemicu tambang dan meledakkan pesawat. Namun, tambang, kabel, dan parasut itu sangat mudah terlihat pilot musuh sehingga pilot tersebut tidak kesulitan untuk terbang di atas atau di bawah ladang ranjau udara.

Setelah dilontarkan ranjau udara ini kemudian akan tergantung pada belas kasihan angin, namun sialnya ranjau ini malah akan kembali ke arah kapal-kapal Inggris yang melontarkan ranjau udara ini.Tidak ada catatan sistem ini berhasil menjatuhkan pesawat.

2. PASUKAN ANJING BUNUH DIRI
5-senjata-aneh-dalam-perang-dunia-ke-II_pasukan-anjing-bunuh-diri
Rusia, telah menggunakan anjing militer sejak 1924, mengubah prajurit anjing menjadi ranjau antitank dengan membawa bahan peledak di tubuhnya. Selama pelatihan, anjing-anjing itu kelaparan dan dilepas di tank Soviet stasioner yang ditaru makanan di bawahnya.

Setelah anjing-anjing itu di bawah tank mereka dilatih untuk menarik pemicu detonator dengan gigi mereka. Namun, sebagian besar anjing tidak dapat memahami atau menjalankan tugas terseut apalagi dengan suara, dan bau pertempuran berkecamuk di sekitar mereka.

Anjing-anjing biasanya akan berbalik dan berlari menuju pawang mereka dari Rusia, dan akhirnya ditembak oleh musuhnya. Meski begitu beberapa anjing dinyatakan berhasil melakukan misi maut ini.

3. MERIAM GUSTAV
5-senjata-aneh-dalam-perang-dunia-ke-II_meriam-gustav
Bersemangat untuk menyerang Prancis, pemimpin Nazi Adolf Hitler menuntut dibuatkan senjata baru yang bisa dengan mudah menembus benteng beton Maginot Prancis untuk bisa masuk Eropa Barat. Pada tahun 1941, tahun setelah Prancis jatuh, Produsen baja Jerman baja Friedrich Krupp AG mulai membangun senjata Gustav Hitler.

Dibangun dengan tinggi Empat lantai, senjata ini memiliki panjang 155 kaki dengan berat 1.350 ton dan direncanakan mampu menembakkan amunisi 10.000-pon dari mammoth 98 kaki per barel nya. Ukuran senjata ini tidak saja menjadi sumber kekuatan mengerikan tetapi juga jadi pemicu kegagalannya.

Meriam besar hanya bisa diangkut dengan kereta api dan merupakan sasaran empuk bagi pengebom Sekutu yang terbang di atas mereka. Proyek ini dibatalkan dalam waktu satu tahun.

4. MERIAM V-3
5-senjata-aneh-dalam-perang-dunia-ke-II_meriam-v-3
V-3 adalah saudara dari roket V-1 dan V-2 yang ditembakkan ke London selama perang Blitzkrieg. Dirancang pada musim panas 1944, V-3 ini dirancang untuk menembakkan 300 peluru berbentuk panah sepanjang sembilan kaki setiap jamnya. Serangkaian alat diposisikan di sepanjang laras yang panjangnya 416 kaki untuk mempercepat proyektil, yang secara hipotetis akan mampu mencapai London dari jarak 100 mil jauhnya dari kota Prancis Mimoyecques. Tapi ketika V-3 akhirnya beroperasi, kecepatan senjata itu hanya 3.280 kaki per detik, yang diperkirakan hanya setengah dari yang diperlukan untuk mencapai London.

Hitler resmi memproduksi 50 senjata tersebut, namun sebelum rencana asli untuk V-3 yang bisa dilaksanakan, pasukan Sekutu membom dan menghancurkan senjata tersebut, meskipun Jerman menyembunyikan amunisi di bawah tumpukan jerami.

Pada akhirnya, hanya dua miniatur dengan panjang 150 kaki operasional, dengan hanya beberapa tembakan yang pernah ditembakan untuk hasil yang tidak diketahui.

5. TANK MINI GOLIATH
5-senjata-aneh-dalam-perang-dunia-ke-II_tank-mini-goliath
Dikenal sebagai “antitank” oleh pasukan Amerika, Goliat dijalankan dengan joystick yang dioperasikan oleh controller. Senjata ini dihubungkan dengan 2.145 kaki kabel ke controller. Mini-tank ini didukung oleh dua motor listrik, kemudian digantikan oleh mesin pembakar gas, dan mampu membawa lebih dari 100 pon bahan peledak tinggi.

Goliat itu dimaksudkan untuk meluncur di bawah tank Sekutu dan kemudian meledak. Namun alat ini terbukti rentan terhadap pemotongan kabel sebelum kemudian model radio kontrol diperkenalkan. Jerman membangun 7.500 Goliat selama perang, dan beberapa di antaranya berhasil meledakan tank musuh.

Namun, keberhasilan yang lebih nyata dari Goliath adalah bahwa senjata ini membuka jalan untuk sistem senjata radio-kontrol, yang pada zaman modern menjadi modus perang baru.