5 Sosok Mitos Terkenal di Indonesia | 5berita.com
5-sosok-mitos-terkenal-di-indonesia_nyi-roro-kidul

5 Sosok Mitos Terkenal di Indonesia

Indonesia memang banyak memiliki mitos – mitos dari berbagai daerah, budaya dan kepercayaan, diantara banyaknya mitos – mitos tersebut, berikut adalah 5 Sosok Mitos Terkenal di Indonesia :

1. Si Manis Jembatan Ancol
5-sosok-mitos-terkenal-di-indonesia_si-manis-jembatan-ancol
Di antara sekian banyak legenda menyeramkan di Asia, tentunya Indonesia adalah juaranya. Kamu pastinya sudah tak asing lagi dengan legenda Si Manis Jembatan Ancol. Tentunya, kisah ini juga sudah sangat melekat di telinga warga Jakarta. Jadi ceritanya, kisah ini berawal di saat zaman penjajahan Belanda, di mana Jakarta saat itu masih bernama Batavia. Pada waktu itu, hiduplah seorang ibu dan anaknya yang cantik jelita bernama Siti Ariah.

Keindahan paras yang dimiliki Siti Ariah ini pun mencuri perhatian banyak pria, salah satunya adalah Sang juragan tempat di mana ia bekerja dengan ibunya sebagai pembantu rumah tangga. Ia pun berniat untuk segera meminangnya, namun hal ini ditolak mentah-mentah oleh gadis berusia 16 tahun itu. Ia pun akhirnya memutuskan untuk kabur. Di tengah-tengah pelariannya, Ariah bertemu dengan seorang pria kaya raya yang memiliki sebuah vila di kawasan Ancol. Pria tersebut akhirnya menugaskan pesuruhnya untuk segera menangkap Ariah dan menemuinya.

Namun, Ariah bersikeras untuk melawan pesuruh juragan kaya raya itu dan akhirnya menyebabkan ia meninggal tepat di area bendungan di dekat Danau Sunter yang terkenal sangat angker. Mengetahui gadis cantik itu telah meninggal, dua orang pesuruh tersebut merasa ketakutan dan memutuskan untuk membuang jasad Ariah di area persawahan yang hanya berjarak 400 meter dari jembatan Ancol. Sejak kematiannya, begitu banyak saksi mata yang sering melihat seorang wanita cantik berlalu-lalang di sekitar jembatan. Hal inilah yang menjadi asal mula legenda Si Manis Jembatan Ancol.

2. Pangkalima Burung
5-sosok-mitos-terkenal-di-indonesia_panglima-burung-dayak
Selain SiManis Jembatan Ancol, sosok mitos yang ada di Indonesia dan di takuti di dunia adalah Pangkalima Burung / panglima burung suku dayak di pulau kalimantan. Mitos ini berkembang pesat di seluruh dunia sejak tragedi di pulau kalimantan pada saat tragedi sambas dan sampit. Konon kabarnya adalah Pangakalima Burung merupakan sesosok kesatria dayak yang melindungi tanah borneo yang dapat memburu kepala dengan mandau terbang, sebanyak apapun itu. Dailymail pun pernah mengutip mitos ini dengan sebutan The HeadHunters. Banyak versi yang menceritakan tentang sosok pangkalima burung ini dan sosok ini menjadi mitos yang di takuti didunia.

3. Kanjeng Ratu Kidul
5-sosok-mitos-terkenal-di-indonesia_kanjeng-ratu-kidul
Di Indonesia sendiri, ada sebuah mitos kanjeng ratu kidul yang begitu populer di Indonesia. Kanjeng Ratu Kidul merupakan Roh Suci yang memiliki sifat mulia dan juga baik hati. Walau begitu, tetap saja kanjeng ratu kidul merupakan sebuah legenda yang begitu di takuti di Indonesia. Pada umumnya kanjeng ratu kidul menampakkan dirinya hanya untuk memberi sebuah peringatan akan datangnya suatu kejadian yang penting. Tidak ada yang mengetahui dengan pasti sejak kapan legenda mitos mengenai penguasa laut selatan ini dimulai. Ustad Sholeh Patih dalam acara mister tukul jalan-jalan mengungkapkan bahwa kerajan ratu kidul memang benar adanya, dan bukan hanya mitos belaka.

4. Nyi Roro Kidul
5-sosok-mitos-terkenal-di-indonesia_nyi-roro-kidul
Banyak masyarakat yang salah presepsi tentang Nyi Roro Kidul yang disamakan dengan Kanjeng Ratu Kidul, padahal keduanya adalah sosok yang berbeda, menurut seorang juru kunci di pantai Parang Kusumo, Nyi Roro Kidul itu pada dasarnya memang makhluk halus yang sudah menghuni laut selatan selama ribuan atau jutaan tahun lalu. Sedangkan Kanjeng Ratu Kidul adalah putri dari Prabu Siliwangi yang gemar bermeditasi hingga akhirnya purtri tersebut memutuskan untuk hidup abadi dan menjadi makhluk yang menguasai di laut selatan. (mungkin mewarisi tahta dari nyi Roro Kidul).

 

5. Prabu Siliwangi
5-sosok-mitos-terkenal-di-indonesia_prabu-siliwangi
Bagi masyarakat jawa barat, sosok Prabu Siliwangi adalah legenda yang berbaur dengan mitos, dimana prabu siliwangi merubah dirinya menjadi seekor macan setelah menolak untuk bertempur dengan putranya sendiri (Kian Santang), sang Prabu melarikan diri ke hutan belantara dan terus bersembunyi disana, hutan yang paling lekat dengan Prabu Siliwangi adalah kawasan hutan di gunung salak, konon katanya disanalah kerajaan (gaib) Prabu Siliwangi berada setelah ia merubah dirinya menjadi sosok macan dan membawa segenap abdinya ke dimensi gaib.

Sedangkan mengapa sosok macan, itu dikarenakan Prabu Siliwangi bertemu dengan sosok gaib harimau/macan putih saat sang Prabu sedang mencari air untuk minum di curug sawer, namun keberadaan sang Prabu di curug tersebut ternyata tidak disambut baik dari sekelompok kawanan macan putih gaib tersebut.

Hingga akhirnya seekor macan putih yang paling besar(pemimpin) dari kelompok tersebut bertarung dengan Prabu Siliwangi, setelah seharian lamanya mereka bertarung, akhirnya pertarungan tersebut dimenangkan oleh Prabu Siliwangi, sejak saat itulah Raja macan putih dan seluruh kawanannya menyatakan diri untuk menjadi hamba Prabu Siliwangi.

Dan oleh bantuan Macan putih tersebut jugalah akhirnya Prabu Siliwangi dapat memindahkan kerajaan Pajajaran yang semula berada di dimensi fisik tanah sunda kini berada di dimensi gaib.