5 Tanaman Paling Mematikan di Dunia | 5berita.com
Deadly Nightshade_5berita

5 Tanaman Paling Mematikan di Dunia

Tanaman adalah jenis organisme yang menopang kehidupan manusia karena banyak manfaat yang dihasilkan oleh tanaman, Baik itu sebagai makanan, pembersih udara, maupun sebagai pencegah banjir. namun ternyata ada juga tanaman yang berbahaya bagi manusia.

Jika pada umumnya orang hanya menjauhi getah dari beberapa pohon karena dapat menyebabkan gatal – gatal dan iritasi kulit, ternyata ada tanaman yang mampu membunuh manusia karena racun yang dikandungnya. berikut 5 tanaman paling beracun di dunia versi 5berita:

5. The Suicide Tree

Water Hemlock_5berita

5berita – The Suicide Tree (Pohon Bunuh Diri), Pong-pong, Othalanga, semuanya adalah sebutan untuk 1 spesies pohon yang memilki nama ilmiah Cerbera Odollam. Bentuknya sendiri sangatlah mirip dengan bunga mematikan lainnya, yaitu Oleander karena berasal dari famili yang sama. Sedangkan alasan dari penamaan tanaman ini adalah karena tanaman ini adalah tanaman popular untuk senjata pembunuhan diam-diam dan juga bunuh diri.

Berisikan racun yang dikenal dengan nama Cerberin, dapat menyebabkan gangguan otot jantung, kegagalan pernapasan, dan kematian. Selain itu, membuat seseorang memakan biji beracun ini juga sangatlah mudah karena rasanya dapat ditutupi oleh bumbu makanan lainnya dan tidak hanya itu saja, racun dari tumbuhan ini sering diabaikan saat otopsi. Inilah sebabnya mengapa The Suicide Tree sering dikatakan sebagai alat pembunuhan yang sempurna.

4. The Rosary Pea

Rosary Pea_5berita

5berita – Tidak perlu jauh-jauh melihat ke negara lain jika Anda ingin melihat salah satu tanaman paling mematikan di dunia, karena tumbuhan mematikan satu ini adalah tumbuhan endemik Indonesia. Dikenal secara mendunia sebagai The Rosary Pea, Crab’s Eye, atau Jumbie Bead, namun di Indonesia dikenal dengan nama Saga Rambat.

Dapat dikenal dari warna bijinya yang merah terang, tumbuhan ini mengadung racun yang bernama Abrin dan sangatlah fatal. Hanya dengan menghirup racun ini saja dapat bersifat fatal apalagi dengan mengkonsumsinya, mereka dapat menderita halusinasi, kegagalan pernapasan, gagal ginjal, dehidrasi, dan akhirnya kematian. Uniknya, di Indonesia tanaman ini diolah jadi obat sariawan yang digabungkan dengan daun sirih.

3. Deadly Nightshade

Deadly Nightshade_5berita

5berita – Secara sekilas tanaman ini terlihat tidak berbahaya bahkan terlihat dapat dimakan dengan buah berrynya yang berwarna hijau atau hitam mengkilat, ditambah lagi rasa mereka yang manis. Sayangnya, tumbuhan Deadly Nightshade ini adalah salah satu tanaman paling mematikan yang ada di dunia.

Anehnya adalah racun atropine dan scopolamine yang ada di dalam tanaman ini tidak mempengaruhi hewan tertentu seperti kuda, kelinci, domba, dan beberapa burung diketahui tidak terpengaruh oleh racun mereka. Manusia sendiri termasuk sebagai mamalia yang sensitif terhadap racun ini, dimana 2 buah berry tanaman ini diketahui cukup untuk membunuh seorang anak kecil, dan 10 hingga 20 buah cukup untuk membunuh seorang manusia dewasa. Hal ini berlaku lebih fatal lagi untuk daun mereka, yakni hanya dibutuhkan 1 daun untuk membunuh seorang pria dewasa.

2. Water Hemlock

Water Hemlock_5berita

5berita – Cicuta atau Water Hemlock merupakan tanaman atraktif dengan bunga kecil berwarna putih atau hijau yang teratur menyerupai payung. Di Amerika Utara, Water Hemlock adalah tumbuhan paling mematikan karena sangat beracun bagi manusia. Memiliki racun yang bernama cicutoxin, keseluruhan tanaman ini sangatlah beracun, khususnya di bagian akar mereka.

Mereka yang bernasib buruk karena mengkonsumsi water hemlock akan menderita rasa sakit mengerikan seperti kram, muntah-muntah, kebingungan, sakit di daerah perut, gemetar, dan akhirnya kematian karena gagal otot jantung.

1. Tanaman Castor

Tanaman Castor_5berita

5berita – Jika di hewan paling beracun di dunia, ubur-ubur kotak adalah yang paling beracun maka di dunia, maka di tumbuhan, Tanaman Castor adalah yang paling beracun. Diakui oleh Rekor Dunia Guinness pada tahun 2007, Tanaman Castor (Castor Plant) atau dikenal sebagai Tumbuhan JarakĀ ini adalah tumbuhan paling beracun yang ada di dunia.

Alasannya adalah karena keseluruhan tanaman ini mengandung sebuah racun mematikan yang dikenal dengan nama risin, khususnya untuk biji dari tanaman Castor. 1 biji tumbuhan ini cukup untuk membunuh seorang manusia hanya dalam waktu 2 hari, padahal 1 biji tanaman castor hanya mengandung 1 hingga 2 miligram risin. Dalam waktu 2 hari, kematian yang disertai juga bukanlah kematian yang tenang, melainkan kematian yang sangat menyakitkan. DImulai dari rasa terbakar di daerah mulut dan leher, sakit di di daerah perut, diare parah, muntah-muntah, hingga penyebab akhir kematian yaitu dehidrasi.