5 Tips Menjalani Cinta Beda Agama | 5berita.com
5-tips-menjalani-cinta-beda-agama_diskusikan-masa-depan

5 Tips Menjalani Cinta Beda Agama

Cinta itu buta dan tidak mengenal batasan, sayangnya dalam kehidupan kita terdapat banyak sekali batasan – batasan yang kadang sulit untuk ditembus atau dirobohkan. Misalnya saja cinta dalam pandangan agama, di zaman sekarang ini banyak orang yang menjalani kehidupan cinta dengan status berbeda agama, padahal di dalam agama biasanya ditentukan bahwa kita harus menikahi pasangan yang se-iman/se-agama, tak sedikit yang akhirnya kandas ditengah jalan, namun tak sedikit pula yang terus memperjuangkan cintanya meski harus bertentangan dengan batasan – batasan yang ada. Bila anda termasuk salah satunya, ada baiknya kalian memperhatikan 5 hal dibawah ini,

5 Tips Menjalani Cinta Beda Agama :

1. Menghargai Mereka
5-tips-menjalani-cinta-beda-agama_saling-menghargai
Hargai pasangan Anda. Menghargai pasangan kita adalah hal terbaik yang bisa dilakukan. Lagipula, cinta itu menghargai perbedaan bahkan membuat perbedaan menjadi hal yang menguatkan seperti filosofi sepasang sepatu yang berbeda namun melengkapi satu sama lain, meski nantinya kita tidak tahu akan lanjut atau tidak.

2. Jangan Mencoba Mengubah Mereka
5-tips-menjalani-cinta-beda-agama_jangan-mencoba-saling-mengubah
Keyakinan adalah sesuatu yang sangat prinsip. Mencoba mengubah mereka karena ingin kehidupan cinta Anda berdua berlanjut hanya akan menimbulkan pelik. Misalnya dia berubah bukan karena keinginan atau kesadaran sendiri. Ini akan membuat mereka menyesal dan ikut menyesali hubungan tersebut disuatu saat nanti. Masalah lain adalah yang berhubungan denga isu toleransi. Jadi, biarkan dia dan Anda menentukan keyakinan untuk tetap bersama atau memilih jalan yang berbeda. Lagipula percuma menjalani agama yang tidak dilakukan dengan hati, hal itu juga sama artinya dengan membohongi hati sendiri dan itu bukanlah hal yang baik untuk dijadikan pondasi suatu hubungan.

3. Berpikiran Terbuka
5-tips-menjalani-cinta-beda-agama_jangan-mencoba-saling-mengubahberfikiran-terbuka
Sama seperti hidup dalam Negara dengan banyak budaya yang berbeda, maka pada umumnya kita memiliki cara pandang yang berbeda. Siapkan diri untuk lebih open minded terhadap perspektifnya agar tak menimbulkan spekulasi yang menyinggung satu sama lain. Karena sebagian orang pasti akan mengkritik anda dan menyuruh anda mengakhiri hubungan tersebut karena tidak sesuai dengan aturan – aturan yang ada dalam agama.

4. Diskusikan Masa Depan
5-tips-menjalani-cinta-beda-agama_diskusikan-masa-depan
Jangan lupa untuk membicarakan masa depan. Mau dibawa kemana hubungan ini dan bagaimana pandangan Anda berdua tentang keyakinan yang berbeda. Bicarakan dalam momen yang sangat tepat. Menunda hanya akan membuat hubungan tersebut terombang-ambing, selain itu pastikan juga kedua keluarga telah mengetahui dan menyetujui hubungan anda. Karena pernikahan bukan tentang menyatukan dua individu, melainkan dua keluarga.

5. Setiap Gesekan Adalah Renungan
5-tips-menjalani-cinta-beda-agama_gesekan-adalah-renungan
Tidak semua gesekan, singgungan dan permasalahan bisa dilihat sebagai hal negative. Disisi lain, hal ini bisa menjadi bahan renungan dan pertimbangan apakah Anda dan dia memang bisa bersama atau terlalu banyak perbedaan yang tidak dapat disatukan. Anda dapat merenungkan kembali karena perbedaan mengenai agama bukanlah hal yang mudah diterima oleh banyak orang, termasuk orang – orang disekitar anda, sehingga sebelum rasa cinta kalian berdua terlalu dalam anda dapat mengakhiri hubungan tersebut.

Selain itu kalian juga harus memikirkan ┬ákehidupan ketika sudah memiliki anak dan persoalan – persoalan yang akan terjadi pasca pernikahan, sebab pernikahan beda agama adalah hal yang sensitif, masalah sekecil apapun dapat menjadi besar, apalagi jika nantinya kalian akan mengaitkan agama masing – masing dari kalian.

 

Ketika Tuhan adalah Cinta dan Kasih, aturan manakah yang dapat melebihiNya?


TAG